• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bangun Sahur Ingin Tepat Waktu, Begini Caranya

Bangun Sahur Ingin Tepat Waktu, Begini Caranya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
undefined

Halodoc, Jakarta – Bulan Ramadan sebentar lagi akan tiba. Tentunya bagi umat muslim, momen ini sangat dinanti untuk kembali melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Biasanya, sebelum menjalankan ibadah puasa selama satu hari, umat muslim akan melakukan sahur yang dilakukan menjelang waktu subuh.

Baca juga: Penuhi Nutrisi saat Sahur dengan 5 Makanan Ini

Sering terjadi, rasa kantuk yang dirasakan membuat kamu sulit bangun untuk sahur. Nah, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara yang bisa dilakukan agar dapat bangun untuk sahur dengan tepat waktu, dengan beberapa tips berikut ini:

  • Hindari Mengonsumsi Karbohidrat Sebelum Tidur

Jika kamu ingin tepat waktu saat bangun sahur, hindari mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sebelum tidur. Dilansir dari laman Today, karbohidrat dapat membantu kamu untuk tidur lebih awal dan karbohidrat yang dikonsumsi juga meningkatkan kualitas tidur sehingga kamu sulit dibangunkan saat akan menjalani sahur.

  • Hindari Mengonsumsi Kafein

Buat kamu yang suka minuman mengandung kafein, sebaiknya segera hentikan mengonsumsi minuman ini saat menjelang malam hari. Dilansir dari National Sleep Foundation, minuman yang mengandung kafein dapat membuat kamu akan sulit untuk tertidur dan membuat kamu terjaga sepanjang malam. Kondisi ini akan membuat kamu kesulitan bangun untuk sahur ketika kamu baru tertidur menjelang pagi.

  • Jangan Bermain Gadget Sebelum Tidur

Tidak hanya menghindari beberapa jenis makanan dan minuman, sebaiknya jika sudah berada di tempat tidur hindari bermain gadget agar kamu segera tertidur. Dilansir dari National Sleep Foundation, bermain gadget dan insomnia nyatanya berkaitan erat. Jika kamu terlalu malam untuk tidur, bukan tidak mungkin kamu akan selalu kesiangan untuk sahur. 

Baca juga: Alasan Mengapa Berbuka Sebaiknya dengan Minuman yang Hangat

  • Menyalakan Alarm

Salah satu cara yang cukup efektif untuk bangun saat sahur dengan menggunakan alarm. Hindari menyalakan alarm tepat saat sahur, tidak ada salahnya buatlah jam alarm setengah jam atau satu jam sebelum sahur dimulai. Pilih lagu kesukaanmu sebagai tanda alarm agar kamu dapat bangun dengan suasana hati yang baik dan siap untuk beribadah.

  • Bulatkan Tekad dan Niat

Sebaiknya siapkan niat untuk bangun sahur sebelum kamu tidur. Membuat satu pikiran positif sebelum tidur dapat membuat kamu terbangun dengan perasaan positif dan berenergi. Jadi, tanamkan pada pikiran kamu bahwa kamu akan bangun sahur tepat waktu dan dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik.

  • Siapkan Menu Sahur yang Menarik

Tidak ada salahnya untuk menyiapkan menu sahur yang menarik setiap harinya. Hal ini menjadi cara yang bisa dilakukan untuk membuat kamu tetap semangat bangun tidur untuk sahur. Pilih makanan yang memiliki kandungan protein dan serat cukup banyak untuk sahur agar dapat merasakan kenyang lebih lama.

Baca juga: Asam Lambung, Penyakit Langganan yang Muncul saat Puasa

Itulah tips yang bisa dilakukan agar dapat bangun sahur tepat waktu. Jangan lupa penuhi kebutuhan nutrisi dan gizi saat puasa agar kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, seperti gangguan lambung.

Jika kamu mengalami beberapa gejala gangguan kesehatan jangan ragu untuk gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya pada dokter mengenai keluhan yang dirasakan. Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja. Selamat berpuasa!

Referensi:
Entrepreneur. Diakses pada 2020. 22 Guaranteed Ways to Wake Up Early and Energized
National Sleep Foundation. Diakses pada 2020. Food That Could Keep You Awake
National Sleep Foundation. Diakses pada 2020. Screen Time and Insomnia: What It Means for Teens
Today. Diakses pada 2020. Sleep Problems? Carbs at Night (But Not too Late) May Help