Penuhi Nutrisi saat Sahur dengan 5 Makanan Ini

Penuhi Nutrisi saat Sahur dengan 5 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta – Selama menjalankan ibadah puasa, kamu jangan sampai melewatkan waktu sahur. Waktu sahur penting untuk memenuhi kebutuhan energi kamu selama menjalankan ibadah puasa. Sahur sama pentingnya dengan waktu sarapan. Waktu sahur merupakan waktu makan pertama sebelum kamu memulai aktivitas dalam waktu yang panjang selama puasa.

Baca juga: 6 Jenis Makanan Sehat yang Cocok untuk Sahur

Menu sahur penting untuk membantu kelancaran ibadah puasa kamu selama satu hari penuh. Tidak hanya jumlah porsi makan kamu ketika sahur, makanan yang kamu konsumsi selama sahur juga memengaruhi kesehatan kamu selama menjalankan ibadah puasa.

Sebaiknya, perhatikan menu sahur agar kebutuhan vitamin dan nutrisi kamu selama menjalankan puasa tetap terpenuhi. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik mencegah kamu berbuka dengan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Tidak hanya itu, nutrisi yang terpenuhi ketika sahur menghindarkan kamu dari berbagai gangguan pencernaan ketika kamu menjalani puasa.

Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh selama berpuasa. Berikut adalah makanan yang bisa kamu konsumsi ketika waktu sahur:

1. Oatmeal

Oatmeal termasuk dalam gandum utuh yang memiliki banyak manfaat. Selain mudah, konsumsi oatmeal ketika sahur membantu kamu merasakan kenyang lebih lama dibanding mengonsumsi makanan yang lain. Hal ini disebabkan karena oatmeal mengandung karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna dalam tubuh sehingga membuat oatmeal akan bertahan lebih lama dalam perut. Oatmeal juga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

2. Telur

Tidak hanya makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, makanan yang mengandung protein tinggi membantu untuk merasa kenyang lebih lama. Salah satu makanan yang menjadi sumber protein terbaik adalah telur.

Menurut Biomedical Research Center di Los Angeles, Amerika Serikat, sarapan dengan telur membuat seseorang memiliki hormon nafsu makan yang cukup rendah dan hormon yang membuat kenyang lebih tinggi.

Baca juga: Alasan Makan Sahur Tak Boleh Ditinggalkan

3. Sup Ayam

Mengonsumsi makanan yang berkuah bisa menjadi pilihan menu sahur yang berkualitas untuk menjalani ibadah puasa. Sup ayam yang hangat bisa menekan nafsu makan. Selain itu, sup ayam juga mengandung kuah yang dapat digunakan untuk menambahkan kebutuhan cairan tubuh kamu selama puasa. Di dalam satu mangkuk sup terdapat gizi yang sangat lengkap mulai dari karbohidrat, vitamin, dan serat. Konsumsi sup ayam selagi hangat agar perut kamu merasa nyaman.

4. Sayur dan Buah

Jangan lewatkan untuk menyiapkan sayuran dan buah ketika waktu sahur. Sayur dan buah baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Banyak buah yang bisa menjadi pilihan untuk menu sahur kamu seperti pisang, papaya, kurma, apel atau alpukat. Selain itu, tidak ada salahnya untuk perbanyak konsumsi sayuran hijau ketika sahur. Sayuran hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan.

5. Kedelai

Mengonsumsi makanan yang mengandung kedelai atau berbahan dasar kacang kedelai nyatanya sangat baik untuk kesehatan. Kedelai bisa membantu kamu untuk merasakan kenyang lebih lama karena mengandung protein dan serat yang cukup tinggi.

Selain itu, kacang kedelai memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak menimbulkan lonjakan gula darah. Tahu dan tempe bisa kamu jadikan menu sahur yang berbahan dasar kacang kedelai.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kebutuhan vitamin dan nutrisi saat puasa. Kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan kamu ketika menjalankan ibadah puasa. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 4 Makanan Sahur yang Bikin Kenyang Selama Berpuasa