• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bantu Kuatkan Tulang, Ini 6 Manfaat Daun Kenikir
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bantu Kuatkan Tulang, Ini 6 Manfaat Daun Kenikir

Bantu Kuatkan Tulang, Ini 6 Manfaat Daun Kenikir

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 16 Desember 2022

"Selain menguatkan tulang, daun kenikir juga mampu menjaga daya tahan tubuh. Khasiat tersebut berasal dari kandungan vitamin, mineral dan senyawa antioksidannya."

Bantu Kuatkan Tulang, Ini 6 Manfaat Daun KenikirBantu Kuatkan Tulang, Ini 6 Manfaat Daun Kenikir

Halodoc, Jakarta – Daun kenikir kerap dijadikan lalapan untuk melengkapi makanan utama. Namun, di balik rasanya yang lezat, daun ini menyimpan sejumlah khasiat kesehatan sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami. Pasalnya, tanaman yang punya nama latin cosmos caudatus ini mengandung sederet nutrisi. Mulai dari serat, protein, karbohidrat dan beberapa vitamin. 

Daun kenikir juga mengandung berbagai antioksidan, seperti quercetin, asam fenolat, flavonoid, dan asam klorogenat. Lewat kandungan tersebut, daun ini diklaim bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. 

Manfaat Kesehatan dari Daun Kenikir

Selain menghambat sel kanker, khasiat daun kenikir yang cukup terkenal adalah menguatkan tulang sehingga bisa mencegah pengeroposan. Efek ini berasal dari kalsium dan antioksidannya yang lumayan tinggi. 

Kendati begitu, klaim tersebut masih sebatas penelitian pada hewan. Butuh studi lebih lanjut untuk memastikan efeknya pada manusia. Berikut berbagai manfaat kesehatan dari daun kenikir lainnya:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan dan sifat anti peradangannya mampu melawan radikal bebas pemicu penyakit kronis. Nah, penyakit jantung adalah salah satu penyakit kronis yang patut diwaspadai. Namun, butuh penelitian lebih mendalam untuk membuktikan khasiat yang satu ini.

2. Mengatur Gula Darah

Daun kenikir disinyalir bisa membantu kinerja insulin dalam penyerapan glukosa. Dari efek tersebut, kadar gula darah bisa lebih terkontrol dan mencegah penyakit diabetes tipe 2. Kondisi tersebut terjadi ketika kadar gula darah melonjak terlalu tinggi karena insulin tidak dapat bekerja dengan efektif.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Menurut sebuah studi, tanaman yang satu ini punya efek diuretik sehingga bisa menurunkan tekanan darah. Khasiat ini tentu didambakan oleh para pengidap hipertensi alias darah tinggi. 

Meski begitu, dosis pemakaian daun ini untuk menangani darah tinggi ini belum jelas, sehingga penggunaannya kudu hari-hati dan pastikan diskusikan dengan dokter terlebih dahulu. 

4. Memperlancar pencernaan

Daun kenikir mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa mendukung proses pencernaan. Serat juga bisa membantu penyerapan air dalam usus besar sehingga kamu terhindar dari sembelit. 

5. Mengurangi Mual

Tanaman yang satu ini juga bisa menjadi solusi jitu mengatasi morning sickness. Bumil bisa mengonsumsi rebusan daun ini setiap kali merasa mual. Jika mual tidak kunjung hilang meski sudah meminum rebusan kenikir, sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat. 

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun kenikir juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, terutama untuk ibu menyusui. Pasalnya, ibu menyusui seringkali rentan mengalami penurunan kesehatan. Kandungan vitamin A, C, dan E yang terdapat dalam daun ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama masa menyusui tersebut. 

Tips Mengonsumsi Daun Kenikir

Pada umumnya, daun kenikir dikonsumsi langsung sebagai lalapan. Saat ini banyak juga suplemen herbal yang mengandung ekstrak daun kenikir. Namun, kamu juga bisa merebusnya untuk meminum hasil air rebusannya. Begini cara membuat rebusan daun kenikir:

  • Bersihkan daun kenikir dengan air mengalir. 
  • Panaskan air matang di dalam panci dan tambahkan sedikit air garam. 
  • Kemudian masukkan daun dan rebus sampai sari-sarinya keluar. 
  • Jika air sudah mulai berubah warna, artinya sari-sari daun sudah keluar. 

Punya keluhan kesehatan? Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada 2022. Data Komposisi Pangan Indonesia. Daun Kenikir.
Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC) – Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Diakses pada 2022. Kenikir (Cosmos caudatus Kunth.)
Journal of Research in Medical Science. Diakses pada 2022. Potential medicinal benefits of Cosmos caudatus (Ulam Raja): A scoping review.