9 Manfaat Tanaman Ginkgo Biloba untuk Kesehatan Tubuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 September 2023

“Ginkgo biloba kaya akan antioksidan dan dapat membantu mengurangi peradangan. Tanaman herbal ini juga bermanfaat bagi jantung, fungsi otak, dan kesehatan mata.”

9 Manfaat Tanaman Ginkgo Biloba untuk Kesehatan Tubuh9 Manfaat Tanaman Ginkgo Biloba untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Ginkgo biloba atau maidenhair adalah pohon asli Cina yang telah ada selama ribuan tahun untuk berbagai kegunaan. Tanaman ini populer dengan sebutan fosil hidup karena merupakan satu-satunya anggota ordo tumbuhan kuno yang masih ada hingga saat ini. 

Masyarakat kerap memanfaat bagian daun dan bijinya dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Studi modern, terutama, berfokus pada ekstrak ginkgo, yang terbuat dari bagian daunnya.

Sementara itu, suplemen ginkgo memiliki kaitan dengan beberapa klaim dan kegunaan kesehatan, sebagian besar berfokus pada fungsi otak dan sirkulasi darah.

Apa Manfaat Ginkgo Biloba?

Ginkgo biloba adalah kelompok tanaman herbal yang kaya nutrisi penting untuk mendukung kesehatan tubuh.

Ini termasuk vitamin C, A, dan sejumlah mineral seperti thiamine, pyridoxine, asam pantotenat, folat, sodium, magnesium, mangan, kalsium, zink, tembaga, dan zat besi.

Salah satu manfaat paling terkenal dari ginkgo biloba adalah mampu meningkatkan kesehatan otak.

Selain itu, kandungan nutrisi dalam tanaman ini juga efektif untuk meredakan gejala gangguan kecemasan yang memicu munculnya rasa tidak nyaman. Manfaat dari ginkgo biloba lainnya, yaitu:

1. Mendukung kesehatan otak dan kemampuan memori

Sifat antiinflamasi dan antioksidan dalam ginkgo biloba membuat aliran darah menuju otak menjadi lebih lancar.

Sifat tersebut dapat meningkatkan fungsi neurotransmitter pada otak yang membuat organ terpenting pada tubuh ini tetap sehat. 

Dengan begitu, kemampuan memori akan menjadi lebih baik.

Manfaat tanaman satu ini dalam meningkatkan daya ingat bisa kamu baca lebih banyak lagi dari artikel Kenali Ginkgo Biloba, Tanaman untuk Mengatasi Kepikunan.

2. Ginkgo biloba meningkatkan aliran darah dalam tubuh

Mengonsumsi ginkgo biloba juga dapat mengoptimalkan aliran darah dalam tubuh.

Hal ini membuat seluruh organ pada tubuh mendapatkan asupan darah dan oksigen yang sesuai kebutuhan untuk bisa menjalankan fungsinya. Alhasil, kesehatan tubuh juga menjadi lebih terjaga.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Tak hanya otak, rutin mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak ginkgo biloba juga meningkatkan fungsi penglihatan dan kesehatan mata.

Hal ini berhubungan dengan peningkatan aliran darah yang menuju mata. Selain itu, tanaman herbal ini juga mencegah dan memperlambat gangguan degeneratif pada mata.

4. Mengatasi sakit kepala dan migrain

Sakit kepala dan migrain biasanya berhubungan dengan penyempitan pembuluh darah atau berkurangnya aliran darah menuju otak.

Faktanya, tanaman ini memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang mampu melebarkan pembuluh darah pada area tersebut. Dengan demikian, gejala migrain bisa berkurang.

5. Mengurangi risiko kanker 

Kandungan lain dari tanaman herbal satu ini yaitu flavonoid dan terpenoid dalam kadar yang tinggi.

Kedua senyawa tersebut merupakan antioksidan yang bekerja dengan memberikan perlindungan aktif terhadap kerusakan oksidatif akibat paparan radikal bebas.

Efek baiknya membantu menurunkan risiko terserang penyakit kanker.

6. Ginkgo biloba dapat meningkatkan kesehatan jantung

Tanaman herbal ini juga mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk organ jantung.

Dengan peredaran darah yang lancar, jantung tidak akan bekerja keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Ini artinya, organ tersebut juga selalu terjaga kesehatannya.

7. Menurunkan intensitas gejala asma

Asma muncul dengan gejala utama berupa sesak napas dan batuk-batuk. Gangguan kesehatan ini terjadi karena peradangan dalam organ paru-paru.

Namun, masalah ini dapat membaik berkat senyawa antiinflamasi yang terdapat dalam tanaman ginkgo biloba.

Selain itu, masih ada lagi tanaman herbal lain yang cukup efektif untuk mengobati asma secara alami. Cari tahu lebih banyak lagi dari artikel Mengenal Pilihan Obat Herbal Asma yang Mudah Didapatkan.

8. Membantu melawan peradangan 

Peradangan merupakan bagian dari respons alami tubuh terhadap cedera atau paparan zat asing yang masuk.

Dalam respons inflamasi, berbagai komponen sistem kekebalan pada tubuh akan bekerja dengan melawan zat asing itu. 

Selain itu, imunitas tubuh juga memiliki peran penting dalam membantu proses penyembuhan daerah yang terluka. Beberapa jenis peradangan yang dapat diatasi dengan ginkgo  yaitu radang sendi, penyakit iritasi usus, kanker, dan penyakit jantung.

9. Mengurangi gejala gangguan kejiwaan dan demensia

Ahli telah berulang kali melakukan penelitian akan manfaat ginkgo untuk mengurangi kecemasan, stres, gejala lain yang terkait dengan penyakit Alzheimer, dan penurunan kognitif yang berhubungan dengan penuaan.

Faktanya, tanaman herbal ini secara nyata dapat menurunkan gangguan kognitif pada pengidap demensia.

Jika penggunaannya bersamaan dengan pengobatan konvensional, ekstrak ginkgo dapat meningkatkan kemampuan fungsional pada pengidap penyakit Alzheimer ringan.

Manfaat ini terjadi berkat peran ginkgo dalam meningkatkan aliran darah ke otak, terutama yang berkaitan dengan jenis demensia vaskular.

Meski begitu, masih perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat ini.

Perlu kamu ketahui bahwa penggunaan tanaman herbal, termasuk ginkgo biloba memerlukan saran dan anjuran dari dokter. Selain itu, ibu hamil dan menyusui juga sebaiknya tidak mengonsumsi tanaman ini karena bisa memicu efek samping terhadap janin dan ASI. 

Jika membutuhkan informasi lain seputar tanaman herbal lainnya dan dosis pemakaiannya untuk kesehatan tubuh, pastikan bertanya pada dokter sebelum mengonsumsinya. Gunakan aplikasi Halodoc untuk mendapatkan rekomendasi dokter terbaik.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 12 Benefits of Ginkgo Biloba (Plus Side Effects & Dosage).
Web MD. Diakses pada 2023. Health Benefits of Ginkgo Biloba.
Very Well Mind. Diakses pada 2023. The Health Benefits and Side Effects of Ginkgo Biloba.
Pharm Easy. Diakses pada 2023. Ginkgo Biloba: Uses, Benefits, Precautions and More!

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan