Bau Badan meski Sudah Mandi? Hati-Hati Alami Trimethylaminuria

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Desember 2022

"Trimethylaminuria membuat pengidapnya bau badan meski sudah mandi. Hal ini disebabkan karena gangguan metabolisme yang membuat tubuh tidak mampu memecah hormon trimetilamina."

Bau Badan meski Sudah Mandi? Hati-Hati Alami TrimethylaminuriaBau Badan meski Sudah Mandi? Hati-Hati Alami Trimethylaminuria

Halodoc, Jakarta – Trimethylaminuria adalah penyakit langka yang membuat pengidapnya bau badan meski sudah mandi. Karena itu, penyakit ini juga punya julukan sindrom bau ikan.

Kondisi ini disebabkan oleh gangguan metabolisme yang membuat tubuh tidak mampu memecah hormon trimetilamina dalam makanan. Hormon yang tidak terpecah tersebut kemudian keluar melalui keringat, urine dan napas. 

Kenali Tanda-Tanda Trimethylaminuria

Gejala trimethylaminuria dapat muncul sejak lahir. Namun, beberapa pengidapnya baru merasakan gejalanya setelah memasuki masa pubertas. Gejala yang paling khas adalah bau badan yang mirip seperti aroma ikan busuk maupun hal lain. Aroma tersebut bisa berasal dari napas, keringat bahkan urin pengidapnya. 

Baunya bisa permanen atau datang dan pergi. Gejalanya bisa semakin memburuk saat pengidapnya stres, berkeringat atau mengonsumsi makanan tertentu, seperti ikan, telur dan kacang-kacangan.

Mau tahu lebih jauh mengenai penyebab dan cara mengatasi bau badan? Baca di artikel ini: “Ini 5 Penyebab Bau Badan dan Cara Ampuh Mengatasinya“.

Apa Penyebab Sindrom Langka Ini?

Dikutip dari Medical News Today, mutasi gen monooxygenase 3 (FMO3) yang mengandung flavin adalah penyebab utama trimethylaminuria. Mutasi tersebut memengaruhi enzim FMO3 yang mengubah hormon trimetilamina menjadi trimetilamina N-oksida. Nah, hormon trimetilamina N-oksida ini yang membuat keringat, napas, urine orang pada umumnya tidak berbau.

Ketika enzim FMO3 tidak bekerja dengan baik, tubuh tidak mampu memecah trimetilamina sehingga bahan kimia tersebut menumpuk di dalam tubuh. Tubuh akhirnya melepaskan bahan kimia tersebut lewat cairan tubuh, seperti keringat dan urin. Akibatnya, muncul aroma yang tidak sedap dari cairan tersebut. Kondisi ini yang dialami oleh pengidap trimethylaminuria.

Lantas, Bagaimana Cara Mengobatinya?

Sayangnya, hingga kini belum ada obat untuk trimethylaminuria. Kendati demikian, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi baunya. Misalnya dengan menghindari makanan tertentu atau aktivitas tertentu. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Menghindari Makanan Tertentu

Pengidapnya perlu menghindari makanan yang bisa memicu bau badan, seperti:

  • Susu sapi
  • Makanan laut, seperti kerang. Ikan air tawar masih diperbolehkan.
  • Telur
  • Kacang polong
  • Kacang tanah
  • Jeroan
  • Suplemen yang mengandung lesitin

Bagi ibu hamil, ibu menyusui atau seseorang yang sedang merencanakan kehamilan mungkin tidak disarankan untuk membatasi makanan di atas. Sebab, makanan tersebut mengandung berbagai nutrisi penting. Oleh sebab itu, temui dokter dan ahli gizi untuk mendapatkan saran yang tepat. Mereka bisa membantu untuk memilih pola makan terbaik sehingga semua nutrisi yang dibutuhkan bisa terpenuhi. 

2. Tips Lainnya

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi bau, yaitu:

  • Hindari olahraga berat yang membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Keringat yang terlalu banyak bisa memperburuk gejala trimethylaminuria.
  • Tangani stres dengan baik karena stres juga bisa memperburuk gejala. Kamu bisa melakukan hobi yang kamu sukai untuk mencegah stres.
  • Pilih sabun atau sampo yang sedikit asam yakni yang memiliki pH 5,5 hingga 6,5.
  • Gunakan anti perspirant di area ketiak.
  • Rutin mengganti pakaian dan mencucinya

3. Pengobatan Dokter

Dokter juga dapat merekomendasikan sejumlah pengobatan, seperti:

  • Pemberian obat antibiotik untuk mengurangi jumlah trimethylamine yang diproduksi di usus.
  • Mengonsumsi suplemen tertentu, seperti arang atau riboflavin (vitamin B2).

Punya keluhan kesehatan? Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
National Health Services. Diakses pada 2022. Trimethylaminuria (‘fish odour syndrome’)
Medical News Today. Diakses pada 2022. Trimethylaminuria: Everything you need to know.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan