• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bayi Lahir Prematur Rentan Alami Hernia Umbilikalis

Bayi Lahir Prematur Rentan Alami Hernia Umbilikalis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Hernia umbilikalis adalah salah satu kondisi yang sangat umum terjadi pada bayi dan anak kecil, terutama bayi yang lahir prematur. Hernia umbilikalis muncul sebagai benjolan yang tidak menimbulkan rasa sakit di dalam atau di dekat pusar. Namun, benjolan bisa menjadi lebih besar saat tertawa, batuk, menangis, buang air, dan mungkin menyusut saat bersantai atau berbaring.

Dalam banyak kasus, hernia umbilikalis masuk kembali dan otot menutup kembali sebelum anak berusia satu tahun. Namun, hernia umbilikalis juga dapat berkembang pada orang dewasa. Tanpa pengobatan, hernia mungkin akan semakin parah seiring waktu.

Baca juga: Bayi Alami Hernia Umbilikalis, Apakah Berbahaya?

Penyebab Hernia Umbilikalis pada Bayi 

Selama kehamilan, tali pusat melewati lubang di perut bayi (perut). Bukaan ini akan menutup segera setelah lahir, tetapi dalam beberapa kasus otot tidak menutup sepenuhnya. Ini meninggalkan titik lemah di sekitar dinding otot (dinding perut). Hernia umbilikalis dapat berkembang ketika jaringan lemak atau bagian dari usus masuk ke area dekat pusar.

Sementara pada orang dewasa, faktor-faktor yang dapat menyebabkan hernia pusar meliputi:

  • Kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Mengejan saat memindahkan atau mengangkat benda berat.
  • Mengalami batuk berat yang terus-menerus.
  • Mengalami kehamilan ganda (seperti kembar atau kembar tiga).

Baca juga: Apakah Hernia Umbilikalis Bisa Sebabkan Komplikasi?

Apakah Pembedahan Diperlukan?

Jika perlu, hernia umbilikalis dapat diobati dengan pembedahan untuk mendorong tonjolan kembali ke tempatnya dan memperkuat kelemahan pada dinding perut. Operasi ini mungkin disarankan untuk anak jika hernia sudah besar atau belum hilang saat mencapai usia 3 atau 4 tahun. Kamu biasanya akan disarankan untuk menunggu anak mencapai usia ini karena operasi tidak penting kecuali jika ada komplikasi. Risiko anak mengalami komplikasi sangat rendah.

Namun, pembedahan dianjurkan untuk kebanyakan orang dewasa dengan hernia umbilikalis karena hernia kemungkinan besar tidak akan membaik dengan sendirinya saat ia menjadi lebih tua dan risiko komplikasi akan jadi lebih tinggi. Komplikasi yang dapat berkembang akibat hernia umbilikalis meliputi:

  • Obstruksi - di mana bagian usus tersangkut di luar perut, menyebabkan mual, muntah, dan nyeri.
  • Pencekikan - di mana bagian usus terperangkap dan suplai darahnya terputus; ini membutuhkan operasi darurat dalam beberapa jam untuk melepaskan jaringan yang terperangkap dan memulihkan suplai darahnya.

Pembedahan akan menghilangkan hernia dan mencegah komplikasi serius, meskipun ada kemungkinan hernia kembali setelah operasi.

Pembedahan hernia umbilikalis adalah prosedur yang relatif sederhana yang biasanya memakan waktu sekitar 20 hingga 30 menit. Biasanya, dalam prosedur ini akan digunakan anestesi umum agar tidak ada rasa nyeri saat operasi dilakukan.

Pada anak-anak, titik lemah pada dinding perut biasanya ditutup dengan jahitan. Jika hernia besar atau pada orang dewasa, jaring khusus dapat digunakan untuk memperkuat area tersebut. Kamu atau anak juga bisa pulang pada hari yang sama dengan operasi. Namun, kamu mungkin merasa sedikit sakit dan tidak nyaman saat pemulihan.

Baca juga: Kapan Hernia Umbilikalis Perlu Dilakukan Operasi Medis?

Apakah Ada Risiko dari Operasi?

Komplikasi dari perbaikan hernia umbilikalis jarang terjadi, tetapi sangat mungkin untuk terjadi beberapa hal seperti:

  • Infeksi luka - mungkin tampak merah, mengeluarkan cairan kuning dan nyeri atau bengkak.
  • Berdarah.
  • Pecahnya luka.
  • Hernia bisa kembali.
  • Pusar mungkin terlihat berbeda.

Komplikasi ini terjadi pada kurang dari 1 dari 10 orang, jadi kamu tak perlu khawatir berlebihan.

Jika anak lahir prematur dan memiliki kondisi ini, mungkin sebaiknya tanyakan dengan dokter di Halodoc mengenai perawatan yang tepat sebelum akhirnya pembedahan terpaksa dilakukan. Dokter mungkin akan memberikan semua saran yang diperlukan untuk mengatasi kondisi ini dan menghilangkan rasa tidak nyaman yang dialami bayi. 

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2020. Umbilical Hernias.
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Umbilical Hernia Repair.
Web MD. Diakses pada 2020. Umbilical Hernias.