• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Cepat Meredakan Sakit Tenggorokan

Begini Cara Cepat Meredakan Sakit Tenggorokan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Cara mengobati dan mengatasi kondisi ini juga beragam. Pengobatan dilakukan untuk meredakan keluhan yang dialami, termasuk rasa sakit atau gatal. Sebab, gejala-gejala yang muncul bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Mau tahu apa saja cara cepat meredakan sakit tenggorokan? Simak ulasannya di artikel berikut! 

Salah satu penyakit yang ditandai dengan gejala sakit tenggorokan adalah radang tenggorokan. Biasanya, penyakit ini juga disertai gejala sulit menelan, nyeri, gatal, dan kering di tenggorokan. Sakit tenggorokan bisa diatasi dengan cara alami dan konsumsi obat-obatan. 

Baca juga: Sering Sakit Tenggorokan, Apakah Berbahaya?

Tips Mengobati Sakit Tenggorokan 

Sakit tenggorokan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, termasuk kesulitan makan, susah berbicara, serta rasa sakit dan kering di tenggorokan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit tenggorokan, di antaranya: 

  • Obat Alami 

Salah satu cara mengatasi sakit tenggorokan adalah dengan pengobatan alami. Ada beberapa bahan alami yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi gejala sakit tenggorokan, di antaranya konsumsi madu, berkumur air garam, serta mengonsumsi makanan atau buah tertentu, misalnya jus lemon atau air lemon. 

  • Secangkir Teh Panas

Minum secangkir teh hangat juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan. Ada beberapa jenis teh yang bisa dikonsumsi, seperti teh hijau, peppermint, chamomile, atau cengkeh. Selain melegakan tenggorokan, jenis teh ini juga bisa melawan bakteri yang bisa membuat sakit tenggorokan menjadi lebih parah. 

  • Obat Medis 

Jika cara alami tidak meredakan, kamu bisa mencoba konsumsi obat medis untuk meredakan sakit tenggorokan. Beberapa jenis obat untuk mengatasi sakit tenggorokan biasanya dijual bebas dan bisa dibeli di apotek. Jika sakit tenggorokan tak kunjung sembuh atau malah semakin memburuk, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat. 

Baca juga: Tenggorokan Terasa Sakit, Kapan Sebaiknya ke Dokter?

Jika ragu, kamu bisa membicarakan seputar sakit tenggorokan dan apa saja cara mengobatinya dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Kamu juga bisa menyampaikan masalah kesehatan lain dan dapatkan rekomendasi pengobatan dari ahlinya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play! 

  • Pelembap Udara 

Saat sakit tenggorokan menyerang, gejalanya juga bisa diredakan dengan pelembap udara atau humidifier. Alat ini bisa membantu melembapkan udara dan membuat tenggorokan lebih lega. Sebab, kondisi tenggorokan yang kering bisa menyebabkan sakit tenggorokan semakin buruk dan terasa mengganggu. 

  • Semprotan Tenggorokan 

Meredakan sakit tenggorokan juga bisa dilakukan dengan menggunakan semprotan tenggorokan. Biasanya, semprotan mengandung antiseptik atau bahan yang bersifat mendinginkan seperti mentol. Sensasi yang dihasilkan dari penggunaan semprotan ini bisa memberi rasa nyaman dan meredakan sakit tenggorokan untuk sesaat. 

Sakit tenggorokan juga bisa dicegah dengan beberapa cara. Untuk mencegah sakit tenggorokan yang disebabkan oleh radang, cara terbaik mencegahnya adalah dengan menghindari infeksi virus. Salah satu cara mencegah penyebaran adalah dengan menghindari kontak langsung dengan orang yang sebelumnya sudah terinfeksi virus. 

Baca juga: 7 Cara Ampuh Atasi Radang Tenggorokan

Selain itu, disarankan juga untuk selalu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, banyak mengonsumsi air putih, serta rutin berolahraga. Kamu juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan. Dengan begitu, risiko terjadinya infeksi radang tenggorokan maupun penyakit lain bisa dihindari.

Referensi:
NHS UK. Diakses pada 2020. Sore Throat. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Sore Throat. 
Healthline. Diakses pada 2020. Sore Throat 101: Symptoms, Causes, and, Treatment.