Begini Cara Menghitung APGAR Score pada Bayi Baru Lahir

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 September 2023

“Cara menghitung APGAR score dilakukan dengan cara melihat penampakan fisik bayi. Mulai dari warna kulit, suara, detak jantung, dan pergerakan anak.”

Begini Cara Menghitung APGAR Score pada Bayi Baru LahirBegini Cara Menghitung APGAR Score pada Bayi Baru Lahir

Halodoc, Jakarta – APGAR score adalah tes yang dokter berikan kepada bayi baru lahir sesaat setelah lahir. Tes ini berguna untuk memeriksa detak jantung bayi, tonus otot, dan tanda-tanda lain. Melalui tes ini, dokter bisa menentukan perlu atau tidaknya  perawatan medis tambahan atau perawatan darurat.

Biasanya, APGAR score akan dokter atau petugas medis lakukan sebanyak dua kali. Pertama satu menit setelah lahir, kemudian kedua kalinya lima menit setelah lahir. Jika ada kekhawatiran spesifik mengenai kondisi bayi, maka tes akan dilakukan kembali. Seperti apa cara menghitung APGAR score, kamu bisa baca informasi lengkapnya di sini!

Cara Menghitung APGAR SCORE

Pada dasarnya APGAR score bertujuan mengukur lima hal sebagai indikator untuk mengetahui kondisi kesehatan bayi. Masing-masing akan mendapat skor pada skala 0 sampai 2, dengan 2 sebagai skor terbaik. Adapun penjelasan mengenai APGAR adalah sebagai berikut:

  • A (appearance) = warna kulit.
  • P (pulse) = detak jantung.
  • G (grimace response) = respons.
  • A (activity) = aktivitas tonus otot.
  • R (respiration) = pernapasan/ laju pernapasan.

Dokter, bidan, ataupun perawat kemudian akan menjumlahkan lima faktor ini untuk mendapatkan jumlah APGAR score. Skor berkisar antara 0 sampai dengan 10. Sepuluh adalah skor tertinggi, tetapi hanya sedikit bayi yang mendapatkannya. Alasannya, sebagian besar tangan dan kaki bayi tetap biru sampai akhirnya akan mulai terbiasa dengan lingkungan barunya. 

Seorang bayi yang mendapat skor 7 atau lebih pada tes dianggap sehat. Skor yang lebih rendah tidak berarti bayi tidak sehat. Ini berarti bayi memerlukan perawatan medis segera. Contohnyapenyedotan saluran udara atau oksigen untuk membantunya bernapas lebih baik.

Baca penjelasan lebih lanjut mengenai metode deteksi ini di artikel Apgar Score: Metode untuk Menilai Kondisi Bayi Baru Lahir.

Kondisi yang menyebabkan APGAR Score Rendah

Bayi yang sangat sehat terkadang memiliki skor yang lebih rendah dari biasanya, terutama pada beberapa menit pertama setelah lahir. Skor yang sedikit rendah (terutama pada 1 menit) umum terjadi pada bayi yang lahir dengan kondisi sebagai berikut:

  • Lahir dengan ibu yang menjalani kehamilan risiko tinggi.
  • Melalui prosedur persalinan caesar.
  • Setelah persalinan yang rumit.
  • Lahir tidak sesuai dengan waktunya. 

Ketika melakukan prosedur APGAR, dokter akan melakukan evaluasi cepat sebagai berikut:

  • Memeriksa warna kulit dan otot bayi.
  • Mendengarkan bayi menangis. 
  • Menggunakan stetoskop untuk mendengarkan detak jantung bayi.
  • Mengisap hidung atau mulut bayi untuk menguji refleksnya.

Bayi yang mendapatkan skor 2 akan menunjukkan kondisi tubuh berwarna pink, detak jantung lebih dari 100 denyut per menit, batuk, menangis, dan melakukan pergerakan yang cukup kuat.

Pada 5 menit setelah lahir, bayi mendapatkan tes lagi, dan jika skor bayi tetap rendah, maka bayi membutuhkan perawatan medis diperlukan. Baca fakta lainnya di artikel 4 Hal Tentang Apgar Score yang Perlu Diketahui Orang Tua.

Hanya Indikator Sementara Kesehatan Bayi 

APGAR score tidak menjadi penentu kesehatan bayi, apalagi kecerdasannya. Penilaian ini hanyalah indikator sementara kesehatan bayi ketika baru dilahirkan. Tes ini tidak bisa memprediksi kesehatan, perilaku, kecerdasan, kepribadian, atau hasil kesehatan jangka panjang bayi.

APGAR score adalah metode sederhana dan cepat untuk membantu profesional medis menentukan status kesehatan bayi. Namun, jangan terlalu fokus pada APGAR score, banyak bayi baru lahir mendapatkan nilai yang rendah. Ini dikarenakan bayi membutuhkan lebih banyak waktu untuk beradaptasi ketika berada di luar rahim

Namun, kalau bayi sudah menunjukkan penampakan tubuh membiru, tidak menangis, tidak ada denyut jantung dan pergerakan alias tidak bergerak sama sekali, itu tandanya bayi dalam kondisi bahaya.

Demikianlah informasi mengenai cara menghitung APGAR score. Kamu juga bisa tahu lebih dalam di sini: Pentingnya Melakukan Apgar Score pada Bayi Baru Lahir.

Punya masalah dengan gangguan kesehatan anak? Sebaiknya tanyakan langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2023. What is Apgar Score?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Apgar Score.
The American College of Obstetricians and Gynecologists. Diakses pada 2023. The Apgar Score.
Pregnancy Birth and Baby. Diakses pada 2023. Apgar Score.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan