Begini Cara Merawat Kucing British Shorthair

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   21 Oktober 2021
Begini Cara Merawat Kucing British ShorthairBegini Cara Merawat Kucing British Shorthair

Cara merawat kucing British shorthair pada dasarnya sama seperti cara merawat kucing lainnya. Kucing yang memiliki tingkat aktivitas yang rendah ini memerlukan pola makan yang ketat dan juga rutin diajak bermain agar terhindar dari obesitas. Selain itu, perawatan diri, seperti menyikat bulu dan memotong kukunya juga perlu dilakukan secara berkala.

Halodoc, Jakarta – British shorthair adalah salah satu ras kucing Inggris tertua yang memiliki sifat yang tenang dan pendiam. Bentuk mukanya yang bulat dengan pipi yang chubby dan mata yang bulat membuat kucing ini sangat menggemaskan, sehingga tidak heran bila banyak orang ingin memeliharanya.

Bila kamu juga tertarik untuk memelihara kucing British shorthair, cara merawat kucing ini cukup mudah kok. Pada dasarnya, cara merawat British shorthair hampir sama seperti cara merawat kucing lainnya. Yuk, simak ulasannya lebih lanjut di sini.

Baca juga: Cara Merawat Kucing Persia Berdasarkan Jenisnya

Cara Merawat Kucing British Shorthair

Kucing British shorthair dikenal sebagai kucing yang sehat dan mudah dirawat, sama seperti kucing lainnya. Meski begitu, mereka tetap membutuhkan perawatan diri dan pemeliharaan secara teratur agar tetap sehat. Berikut ini cara merawat kucing British shorthair:

  1. Sikat Bulunya Secara Teratur

Seperti namanya, kucing British shorthair memiliki bulu yang pendek. Namun, bulu kucing ras ini juga lebat, sehingga kamu perlu menyikatnya minimal satu minggu sekali. Lebih sering lebih baik, terutama pada masa bulu mereka rontok. 

Pasalnya, kucing British shorthair adalah kucing yang jarang bergerak, sehingga bulu yang rontok cenderung menumpuk pada badan mereka. Ketika kucing ini membersihkan dirinya sendiri dengan cara menjilati bulunya, bulu yang rontok bisa tertelan. Hal itu bisa menyebabkan hairball dan masalah kesehatan lainnya. Jadi, penting untuk menyikat dan menyisir bulu kucing British shorthair secara teratur untuk mencegah hairball, dan membantu meratakan minyak alami di sepanjang bulu mereka.

  1. Ajak Bermain

Kucing British shorthair memiliki tingkat aktivitas yang rendah, sehingga ia bisa mengembangkan berbagai masalah kesehatan akibat gaya hidup sedentarinya tersebut. Beberapa risiko kesehatan yang bisa dialami kucing ini, antara lain tekanan darah tinggi, masalah persendian, obesitas, dan lain-lain. 

Oleh karena itu, sebagai pemiliknya, kamu perlu menggajak kucing British shorthair bermain setiap hari untuk membantu menjaga berat badannya tetap sehat. Kucing British shorthair suka bermain laser pointer, teaser toys, dan permainan lempar tangkap.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Mainan Terbaik untuk Kucing

  1. Perhatikan Pola Makanannya

British shorthair mudah mengalami kelebihan berat badan, sehingga pola makannya perlu diperhatikan dengan cermat. Sama seperti kucing lainnya, sebagian besar makanan British shorthair terdiri dari protein dan lemak. Sedangkan karbohidrat tidak akan memberi manfaat apa-apa, kecuali membuat kucing tersebut gemuk. Sama seperti halnya pada manusia, memberi makanan yang asin juga bisa berdampak buruk pada kucing British shorthair. 

Memberikan daging mentah juga berpotensi menyebabkan penyakit infeksi yang ditularkan melalui makanan ke hewan peliharaan dan juga manusia. Jadi, British shorthair tidak boleh makan ikan atau udang lebih dari dua kali dalam seminggu, sebaliknya ia boleh makan ayam, sapi, atau kalkun lebih sering.

  1. Berikan Air Melalui Water Fountain

Salah satu cara untuk mencegah masalah ginjal dan infeksi saluran kemih pada kucing British shorthair adalah dengan mendorong kucing untuk minum air yang cukup. Namun masalahnya, beberapa kucing ras ini tidak mau minum dari tempat air biasa hingga mereka kehausan yang mana hal itu tidak sehat. Alasannya ada berbagai macam, misalnya karena mereka tidak suka minum dari sumber air yang tenang atau mereka lebih suka minum air yang mengalir dari keran air. Oleh karena itu, kamu bisa coba memberinya minum dari water fountain.

  1. Potong Kuku Kucing Setiap 10–14 Hari

Setidaknya sekali dalam dua minggu atau lebih baik lagi, setiap sepuluh hari, berilah kucing British shorthair kamu perawatan manicure/pedicure. Kuku kucing mudah untuk bertumbuh ke dalam (ingrown) bila dibiarkan panjang. Selain itu, memotong kuku kucing juga akan mengurangi ketajamannya, sehingga ada banyak barang yang bisa diselamatkan dari cakaran kuku kucing yang tajam. Berhati-hatilah ketika kamu memotong kuku kucing British shorthair, pastikan kamu hanya memotong ujung kukunya. 

Baca juga: Bagaimana Cara Paling Aman untuk Memotong Kuku Kucing?

Itulah cara merawat kucing British shorthair. Bila hewan peliharaan kamu sakit, segera hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter hewan terpercaya bisa memberikan saran kesehatan yang tepat untuk membantu kamu merawat kesehatan hewan peliharaan kamu. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
My British Shorthair. Diakses pada 2021. 15 Ways to Keep Your British Shorthair Healthy and Happy.
Caring Pets. Diakses pada 2021. Caring for a British Shorthair Cat.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan