• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Tepat Menyikat Gigi Anjing

Begini Cara Tepat Menyikat Gigi Anjing

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Bukan hanya bisa dijadikan sebagai teman saja, memelihara anjing sebagai hewan kesayangan juga mampu membantu kamu menurunkan tingkat stres, loh. Berbagai hal perlu kamu perhatikan saat memutuskan untuk memelihara anjing. Mulai dari lokasi yang nyaman bagi anjing, memastikan mental anjing bahagia, hingga kesehatan fisik anjing.

Baca juga: Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anjing Peliharaan

Bukan hanya bulu dan berat badan anjing, kesehatan gigi dan mulut anjing menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan. Menyikat gigi anjing menjadi hal yang perlu dilakukan agar anjing terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang menyerang mulut dan gigi. Jangan ragu untuk menyikat gigi anjing sedini mungkin agar kesehatan mulut dan giginya terjaga dengan baik.

Inilah Cara Tepat Menyikat Gigi Anjing

Menyikat gigi anjing menjadi salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi anjing. Penumpukan plak dan bau mulut menjadi masalah yang sering dialami oleh anjing. Sebelum menyikat gigi anjing, siapkan beberapa peralatan yang diperlukan. Mulai dari sikat gigi dengan sikat yang halus. 

Pastikan kamu menggunakan pasta gigi khusus anjing. Hindari menggunakan pasta gigi untuk manusia atau baking soda. Selanjutnya, pastikan kamu melakukan cara tepat dalam menyikat gigi anjing.

1.Pastikan Kamu Menyikat Gigi dalam Waktu yang Tepat

Sikat gigi anjing saat anjing dalam keadaan tenang dan santai. Agar anjing terbiasa dengan kebiasaan ini, sebaiknya lakukan kegiatan sikat gigi sebagai kegiatan rutin. Menyikat gigi anjing setiap hari memang ideal, tetapi jika anjing tidak mengalami gangguan kesehatan pada mulut maupun gigi, tidak ada salahnya menyikat gigi anjing setiap 3 hari sekali.

2.Pilih Lokasi yang Nyaman untuk Sikat Gigi

Sebaiknya pilihlah lokasi yang baik untuk menyikat gigi anjing. Kamu membutuhkan ruangan yang nyaman dengan pencahayaan yang cukup terang. Dengan begitu, kamu bisa menyikat gigi anjing dengan baik tanpa ada yang terlewat. Selain itu, kamu juga perlu tahu posisi yang nyaman bagi kamu maupun anjing. Hindari berdiri di depan anjing atau memegang anjing terlalu keras. Pastikan posisi kamu sejajar dengan anjing agar anjing merasa nyaman.

Baca juga: Anjing Peliharaan Sering Menolak Makan, Apa Penyebabnya?

3.Buat Anjing Nyaman dengan Keberadaan Sikat Gigi

Buatlah anjing nyaman dengan keberadaan peralatan yang akan kamu gunakan untuk menyikat. Khususnya, sikat gigi. Kamu bisa menyentuh area gigi dan gusi dengan jari sebelum menyikat. Kemudian, sentuh gigi dan gusi menggunakan sikat secara perlahan sampai anjing terlihat nyaman.

4.Sikat Gigi Anjing Secara Perlahan

Setelah anjing terbiasa dengan sikat gigi, pastikan kamu meletakkan pasta gigi pada sikat gigi. Pegang mulut anjing dengan lembut, angkat bibir atasnya, mulailah menyikat gigi anjing bagian atas. Kemudian, perlahan pindah ke bagian gigi belakang. Lakukan menyikat dengan gerakan memutar.

5.Fokus pada Plak

Gigi taring dan belakang menjadi lokasi penumpukan plak yang cukup banyak. Fokuslah pada bagian tersebut. Selain dengan menyikat gigi, bagian kasar pada lidah anjing juga dapat membantu untuk mengurangi plak pada gusi dan gigi, loh. 

6.Ajak Anjing Berkomunikasi

Saat menyikat gigi anjing, lakukan komunikasi dengan anjing agar anjing merasa nyaman. Jika anjing terlihat tidak nyaman atau takut, tidak ada salahnya untuk menghentikan kegiatan menyikat gigi. Kamu bisa gunakan Halodoc dan bertanya langsung dengan dokter hewan untuk membuat anjing terbiasa dengan kegiatan ini.

7.Akhiri Kegiatan Ini dengan Hal yang Menyenangkan

Setelah mengakhiri kegiatan menyikat gigi, sebaiknya akhiri dengan kegiatan yang menyenangkan. Kamu bisa memberikan anjing treats atau perhatian yang lebih agar anjing tetap nyaman. Dengan begitu, anjing tidak akan takut untuk melakukan kegiatan sikat gigi di kemudian hari.

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Kutu Anjing yang Menganggu

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat menyikat gigi anjing. Yuk, download Halodoc sekarang juga agar kamu dapat mengetahui lebih banyak seputar cara tepat untuk menjaga kesehatan anjing secara menyeluruh!

Referensi:
Banfield. Diakses pada 2021. Do I Need to Clean My Dog’s Teeth?
Fetch by Web MD. Diakses pada 2021. Tips for Brushing a Dog’s Teeth.
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Toothbrushing Steps to Make a Dog Teeth Dazzle.