Anjing Peliharaan Sering Menolak Makan, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 November 2020
Anjing Peliharaan Sering Menolak Makan, Apa Penyebabnya?Anjing Peliharaan Sering Menolak Makan, Apa Penyebabnya?

Halodoc, Jakarta - Anjing peliharaan yang menolak makan atau kehilangan nafsu makan adalah hal yang bisa membuat kamu khawatir. Ada berbagai kondisi yang menyebabkan anjing sering menolak makan. Nah, dengan memahami penyebabnya, kamu bisa merencanakan perawatan dan mengatasi dengan tepat.

Hilangnya nafsu makan pada anjing dapat mengindikasikan penyakit. Jika kamu melihat adanya perubahan kebiasaan makan pada anjing kesayangan kamu, maka segeralah tanggapi penolakannya tersebut. Meskipun anjing masih bisa bertahan hidup tanpa makan selama beberapa hari, namun sebaiknya atasi sedini mungkin. Inilah penyebab anjing menolak makan yang perlu kamu ketahui:

Baca juga: 4 Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Diwaspadai

  • Sakit

Nafsu makan yang menurun pada anjing sering kali menjadi tanda sebuah penyakit. Terutama jika anjing kamu menunjukkan gejala lain di waktu yang bersamaan. Meskipun kehilangan nafsu makan pada anjing tidak selalu mengindikasikan penyakit serius, namun dengan mendapatkan perhatian dokter hewan kamu bisa mengetahui diagnosis yang tepat.

  • Sakit Gigi

Anjing kamu mungkin menolak makan karena terjadi sesuatu di mulutnya yang menyebabkan sakit jika makan. Mintalah dokter hewan untuk memeriksa gigi anjing, kemungkinan giginya patah atau goyang, radang gusi, atau tumor mulut. 

  • Baru Mendapatkan Vaksin

Meskipun vaksin bisa mencegah penyakit, namun terkadang bisa menimbulkan efek samping. Biasanya efek samping berlangsung sebentar dan dalam kadar yang kecil, salah satunya hilangnya nafsu makan sementara pada anjing.

  • Bepergian Ke Lingkungan yang Asing

Jika nafsu makan anjing kamu baik-baik saja sebelum kamu mengajaknya ke lokasi baru, mungkin anjing tidak mau makan karena keadaan sekitarnya yang tidak biasa. Beberapa hewan mungkin mengalami mabuk perjalanan, sehingga ia menjadi gugup dan tidak nyaman di tempat baru. 

  • Merasa Tidak Nyaman 

Beberapa anjing hanya pilih-pilih atau menolak makan disebabkan oleh waktu pemberian makan disaat mereka tidak merasa nyaman. Misalnya ketika ia sedang berada di sekitar anjing yang agresif atau mangkuk makanannya terlalu tinggi. Perlu diketahui bahwa jangan pernah berasumsi bahwa anjing kamu pilih-pilih makanan tanpa menyelidiki kemungkinan lain terlebih dahulu. 

Baca juga: Waspada Komplikasi yang Bisa Disebabkan Oleh Selulitis

  • Tampilan Makanan yang Berbeda

Perubahan kebiasaan makan anjing bisa juga disebabkan formula atau perubahan tampilan makanan yang biasanya ia makan. Untuk mengatasinya, sebaiknya hindari untuk memberi anjing jenis makanan yang sama setiap hari. Variasikan jenis makanan anjing agar ia terbiasa. 

Mengatasi Anjing yang Sering Menolak Makan

Cara mengatasi anjing yang menolak makan tergantung pada apa penyebabnya. Jika anjing kamu menolak makan karena mengalami penyakit tertentu, maka sebaiknya segera bicarakan pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan rekomendasi pengobatan dan saran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi nya.

Terkadang makanan atau pola makan tertentu tidak terlalu enak, terutama jika anjing kamu terbiasa dengan makanan yang biasa dia makan atau makanan manusia. Jika anjing sedang sakit, jangan pernah membuat ia kelaparan dan memaksanya makan makanan yang ditentukan. 

Baca juga: Bikin Kulit Memerah, Inilah 6 Penyebab Selulitis

Jika nafsu makan menurun disebabkan masalah perilaku atau ketidaknyamanan dengan waktu makan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendorongnya makan:

  • Mengurangi camilan.
  • Memberikan makan dengan jadwal teratur, setidaknya dua kali sehari.
  • Ajak anjing jalan-jalan sebelum makan.
  • Mengubah situasi makan.
  • Mencoba jenis makanan yang berbeda.

Jika anjing kamu menolak makan, tapi beberapa hari kemudian ia mau makan lagi, mungkin tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jika ia tidak segera sembuh dan kamu melihat gejala yang sudah dijelaskan di atas, sudah waktunya kamu mencari bantuan pada dokter hewan. 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Dog Not Eating? Possible Causes and Appetite Solutions
Pet Cube. Diakses pada 2020. My Dog is Not Eating: Reasons & Solutions For Loss of Appetite in Dogs
American Kennel Club. Diakses pada 2020. Why Won’t My Dog Eat?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan