• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Cacar Air

Begini Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Cacar Air

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Cacar air merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi virus, yang menimbulkan lenting berair gatal di sekujur tubuh. Cacar air merupakan penyakit yang sangat mudah menular pada orang lain yang belum pernah mengalami sebelumnya. Jika mengalaminya, pengobatan harus segera dimulai sebelum gejala bertambah parah. Berikut langkah mengatasi cacar air dengan perawatan rumahan!

Baca juga: 8 Tips Tetap Cantik Meski di Rumah Aja

  • Memakai Sarung Tangan dan Kaus Kaki

Rasa gatal yang sangat berlebihan akan membuat sebagian orang sangat sulit dalam menahan keinginan untuk menggaruk kulit yang terkena cacar. Rasa gatalnya sendiri akan sangat menyiksa dan tak tertahankan. Saat tidur tanpa sadar biasanya kamu menggaruknya. Akibatnya, esok pagi lepuhan akan pecah dan menginfeksi bagian tubuh lainnya.

Langkah pertama dalam mengatasi cacar air adalah dengan menggunakan sarung tangan dan kaus kaki dengan bahan dasar yang lembut dan menyerap keringat. Pada anak-anak, sarung tangan akan membantu mencegah Si Kecil untuk menggaruk area yang mengalami cacar. Jangan lupa untuk memotong kuku Si Kecil agar kukunya tidak melukai bagian tubuh yang terkena cacar.

  • Mandi dengan Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan dasar dalam membuat kue. Namun, mandi dengan baking soda juga bisa menjadi salah satu cara yang efektif dalam mengatasi cacar air. Baking soda merupakan salah satu bahan dapur yang bersifat antigatal dan antiradang. Cara menggunakannya adalah dengan menambahkan satu sendok teh baking soda ke dalam bak mandi yang berisi air hangat, kemudian berendam selama 15-20 menit di dalamnya.

Jika tidak ingin merendam, kamu bisa mengompres kulit yang gatal dengan baking soda. Mengompres dapat menggunakan handuk atau kain lembut yang telah dibasahi dengan air yang sudah dicampur baking soda. Baking soda akan bekerja dengan membantu tubuh menetralisir asam yang ada di kulit, serta mengurangi iritasi. 

Baca juga: WHO: Gejala Ringan Corona Bisa Dirawat di Rumah 

  • Kompres Kulit dengan Teh

Langkah mengatasi cacar air selanjutnya adalah dengan mengompres bagian kulit dengan teh chamomile. Teh jenis ini mengandung antiseptik dan antiinflamasi. Untuk mengatasi cacar air dengan teh chamomile, pertama-tama kamu perlu menyeduh dua hingga tiga kantong teh. Kemudian, celupkan kapas atau kain lembut ke dalam teh dan kompres di atas kulit yang gatal. Tepuk lembut agar air teh terserap sempurna ke dalam kulit.

  • Menggunakan Losion Calamine

Mengoleskan losion calamine secara rutin dapat menjadi salah satu cara mengatasi rasa gatal karena cacar air. Losion ini mengandung seng dioksida yang bisa menenangkan kulit saat terkena cacar. Caranya adalah dengan mengoleskan menggunakan jari atau kapas ke area kulit yang gatal. Namun, jangan mengoleskan losion ini di sekitar mata, ya. Karena akan menimbulkan rasa perih.

  • Oleskan Minyak Esensial

Langkah terakhir dalam mengatasi cacar air dapat dilakukan dengan menggunakan minyak esensial. Minyak esensial yang direkomendasikan adalah lavender atau jojoba oil, yang mampu membantu meringankan rasa gatal dan mempercepat penyembuhan kulit. Minyak lavender mengandung bahan aktif yang berfungsi untuk mengurangi pembengkakan, gatal, serta kemerahan pada kulit. Bukan itu saja, minyak lavender juga dapat membantu mencegah infeksi atau jaringan parut setelah cacar air sembuh.

Baca juga: Perawatan Rumahan untuk Patah Pergelangan Tangan

Senyawa linalyl asetat dan linalol dalam minyak lavender ampuh membantu tubuh dalam menyembuhkan luka. Namun, sebelum kamu  memutuskan untuk menggunakan minyak esensial ini, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya! Apalagi bagi kamu yang memiliki alergi kulit tertentu. Selamat mencoba!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. 7 Home Remedies for Chickenpox.

Medical News Today. Diakses pada 2020. Home remedies for relief from chickenpox symptoms.

Everyday Health. Diakses pada 2020. Chickenpox Treatment and Home Remedies.