• Home
  • /
  • Perawatan Rumahan untuk Patah Pergelangan Tangan

Perawatan Rumahan untuk Patah Pergelangan Tangan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
perawatan-rumahan-untuk-patah-pergelangan-tangan-halodoc

Halodoc, Jakarta – Patah pergelangan tangan adalah salah satu cedera yang umum terjadi. Apalagi bila kamu aktif berolahraga. Tidak harus selalu mendapatkan penanganan medis, patah pergelangan tangan juga bisa diatasi sendiri dengan melakukan beberapa perawatan rumah. Yuk, cari tahu di pembahasannya di bawah ini.

Patah pergelangan tangan adalah kondisi di mana satu atau lebih dari tulang pergelangan tangan seseorang retak atau patah. Jenis cedera ini bisa terjadi ketika seseorang mencoba untuk menahan diri mereka sendiri ketika jatuh, tetapi malah mendarat dengan keras pada tangan yang terulur.

Orang-orang yang melakukan olahraga, seperti in-line skating atau snowboarding berisiko tinggi mengalami patah pergelangan tangan. Selain itu, orang yang memiliki tulang yang tipis dan lebih rapuh (osteoporosis) juga berisiko mengalami cedera ini.

Patah pergelangan tangan perlu dirawat sesegera mungkin. Bila tidak, tulang-tulang tersebut mungkin tidak dapat kembali ke posisi yang benar, yang dapat memengaruhi kemampuan kamu melakukan aktivitas sehari-hari, seperti menulis atau mengancingkan baju. Perawatan dini juga akan membantu meredakan rasa sakit dan kekakuan.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Bedanya Patah atau Keseleo Pergelangan Tangan

Penyebab Patah Pergelangan Tangan

Berbagai kondisi yang menjadi penyebab umum patah tulang pergelangan tangan, antara lain:

  • Terjatuh. Jatuh dengan tangan terulur adalah salah satu penyebab paling umum dari patah pergelangan tangan.

  • Cedera Saat Berolahraga. Banyak kasus patah tulang pergelangan tangan terjadi selama melakukan olahraga yang berpotensi membuat terjatuh dengan tangan terulur, seperti in-line skating atau snowboarding.

  • Kecelakaan motor. Tabrakan kendaraan bermotor kadang-kadang dapat menyebabkan tulang pergelangan tangan patah menjadi beberapa bagian dan seringkali perlu dioperasi.

Gejala Patah Tulang Pergelangan Tangan

Berikut ini gejala-gejala yang bisa kamu rasakan saat mengalami patah pergelangan tangan:

  • Nyeri hebat yang mungkin memburuk saat menggenggam atau meremas atau menggerakkan tangan atau pergelangan tangan.

  • Pergelangan tangan bengkak.

  • Memar.

  • Perubahan bentuk yang jelas, seperti pergelangan tangan yang bengkok.

Baca juga: Perhatikan 8 Gejala Nyeri Pergelangan Tangan yang Wajib Diwaspadai

Cara Merawat Patah Pergelangan Tangan di Rumah

Berikut ini beberapa perawatan rumah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi patah pergelangan tangan:

  • Angkat pergelangan tangan di atas bantal atau ke bagian belakang kursi, hingga lebih tinggi dari jantung kamu selama beberapa hari pertama. Cara ini akan meredakan rasa sakit dan bengkak.

  • Minumlah obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas. Bicarakan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen, naproxen, atau aspirin. Obat-obatan tersebut dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Namun, obat ini memiliki efek samping, seperti peningkatan risiko perdarahan dan bisul. Karena itu, gunakan obat tersebut hanya sesekali saja, kecuali dokter menganjurkan sebaliknya. 

  • Lakukanlah latihan peregangan untuk menguatkan jari, siku dan bahu, sesuai anjuran dokter.

Biasanya, perawatan rumahan di atas sudah dapat mengatasi patah pergelangan tangan. Namun, kadang-kadang pergelangan tangan yang patah juga butuh dioperasi. Dokter mungkin akan menyarankan untuk operasi bila tulang tidak bisa sembuh hanya dengan di-gips. Kadang-kadang pin, sekrup, atau perangkat lainnya juga diperlukan untuk menahan tulang pada tempatnya agar bisa diperbaiki.

Baca juga: Patah Tulang, Ini Waktu yang Dibutuhkan untuk Kembali Normal

Bila patah pergelangan tangan yang kamu alami tidak kunjung sembuh dan malah semakin parah, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Kamu juga bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatanmu sekeluarga.

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Broken wrist.
WebMD. Diakses pada 2020. Colles' Fracture (Distal Radius Fracture or Broken Wrist).