• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Prosedur Operasi Lasik untuk Mengatasi Rabun Dekat

Begini Prosedur Operasi Lasik untuk Mengatasi Rabun Dekat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Sejak pertama kali dikenalkan di Indonesia oleh Jakarta Eye Center pada 1997, popularitas lasik sebagai prosedur untuk mengatasi rabun dekat kian meningkat. Merupakan singkatan dari laser-assisted in situ keratomileusis, lasik adalah prosedur operasi yang dilakukan untuk mengatasi masalah rabun dekat, rabun jauh, dan astigmatisme. 

Seperti namanya, prosedur lasik dilakukan dengan menggunakan laser khusus untuk membentuk kornea dan memperbaiki cara mata memfokuskan cahaya yang masuk ke retina di belakang mata. Dalam prosedurnya, dokter akan menciptakan flap (pembukaan lapisan) tipis di kornea, kembali melipatnya, lalu mengangkat sejumlah jaringan kornea di bawahnya dengan menggunakan laser excimer, untuk kemudian dikembalikan ke tempat asalnya. 

Baca juga: Cari Tau Manfaat dan Resiko Lasik Mata

Prosedur Lasik untuk Mengatasi Rabun Dekat

Prosedur lasik untuk mengatasi rabun dekat dilakukan untuk melengkungkan kornea yang terlalu datar. Berbeda dengan prosedur lasik untuk rabun jauh yang dilakukan untuk meratakan kornea yang melengkung terlalu tajam. Begini prosedurnya:

  • Pasien atau pengidap rabun dekat akan diminta untuk berbaring di bawah perangkat bedah bernama excimer laser. Lalu, mata akan diberi beberapa tetes anestesi topikal agar tidak terasa sakit. 
  • Penahan kelopak mata akan dipasang untuk membuat mata terus terbuka dan mencegah pasien berkedip.
  • Dokter akan meletakkan cincin isap pada mata yang terbuka, untuk meratakan kornea dan mencegah pergerakan mata. Pasien mungkin akan merasakan tekanan, seperti ketika menekan mata dengan menggunakan jari, dan pandangan meredup atau menjadi gelap.
  • Kemudian, setelah kornea diratakan, flap akan diciptakan dengan menggunakan perangkat microsurgical seperti laser atau pisau bedah. 
  • Flap kemudian diangkat dan dilipat kembali, lalu excimer laser akan mengukur mata sebelum diprogram. 
  • Selanjutnya, dokter akan memeriksa apakah laser sudah berada di posisi yang tepat atau belum. Setelah laser berhasil memotong jaringan kornea, dokter akan menempatkan Flap kembali dan menghaluskan sisi-sisinya. Proses hingga flap menempel sempurna pada jaringan kornea butuh waktu 2-5 menit, tanpa memerlukan jahitan.
  • Setelah semua prosedur selesai, dokter akan memberi obat tetes mata khusus dan pelindung mata untuk mencegah gesekan pada mata. 

Baca juga: Penyebab Rabun Jauh yang Perlu Diketahui dan Pencegahannya

Pemulihan setelah prosedur lasik dilakukan umumnya membutuhkan waktu sekitar 3-6 bulan, hingga mata bisa melihat dengan baik. Sebagai penunjang pemulihan, berikut hal-hal yang perlu dilakukan:

  • Jangan menggunakan make up mata apapun selama 2 minggu setelah prosedur operasi lasik.
  • Hindari melakukan aktivitas fisik atau olahraga berat selama 1 bulan, dan hindari berolahraga apapun selama 3 hari setelah operasi. 
  • Gunakan pelindung mata di malam hari selama 1 bulan. 
  • Jangan berenang, berendam di jacuzzi, ataupun mandi dengan menggunakan air panas selama 2 bulan setelah operasi.

Selain itu, patuhilah semua hal yang dikatakan dokter, agar proses pemulihan bisa berlangsung optimal. Kalau ada yang masih belum jelas, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bertanya lebih lanjut pada dokter mata, kapan dan di mana saja. 

Baca juga: Tidak Hanya Menyerang Orangtua, Rabun Jauh Juga Dapat Dialami oleh Anak

Persiapan Sebelum Prosedur Operasi Lasik

Bukan cuma setelahnya, kamu juga perlu mengetahui apa saja persiapan yang bisa dilakukan sebelum prosedur operasi lasik, agar bisa mendapatkan hasil terbaik. Konsultasikan pada dokter mata tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebelum menjalani prosedur operasi lasik. 

Umumnya, dokter akan melarang penggunaan lensa kontak selama 2 minggu sebelum evaluasi awal dilakukan. Lalu, beberapa hari sebelum prosedur operasi lasik dilakukan, kamu juga sebaiknya menghindari penggunaan krim, losion, make up, atau parfum apapun, terutama di sekitar area mata. 

Referensi:
American Academy of Ophthalmology. Diakses pada 2020. LASIK — Laser Eye Surgery.
US Food and Drug Administration. Diakses pada 2020. Lasik - What should I expect before, during, and after surgery?
Qual Sight. Diakses pada 2020. LASIK Facts & Myths.