Benarkah Bahan Teflon Terbuat dari Zat Kimia Berbahaya?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Maret 2023

“Teflon merupakan alat masak dapur yang termasuk ke dalam jenis polimer dan bersifat antilengket. Teflon terbuat dari lapisan kimia yang dikenal sebagai polytetrafluoroethylene (PTFE) dan berisiko mendatangkan penyakit kanker.”

Benarkah Bahan Teflon Terbuat dari Zat Kimia Berbahaya?Benarkah Bahan Teflon Terbuat dari Zat Kimia Berbahaya?

Halodoc, Jakarta – Penggunaan teflon sangat terkenal, terutama bagi para ibu. Selain itu juga, seringkali berguna untuk kegiatan memasak di dapur. Teflon termasuk wajan yang memiliki bentuk pipih lingkaran dan terdapat cekungan pada bagian sampingnya untuk membuat proses pemasakan tidak tumpah.

Teflon adalah polimer yang bersifat antilengket. Namun, tidak semua peralatan masak antilengket adalah teflon. Nama kimia Teflon adalah polytetrafluoroethylene atau PTFE. 

Teflon sudah ada sejak lama. Tapi, tahukah kamu, terbuat dari apa teflon itu sebenarnya? Benarkah bahan teflon terbuat dari zat kimia berbahaya?

Apa Sebenarnya Teflon itu?

Teflon adalah peralatan masak yang terbuat dari bahan kimia sintetik yang terkenal dengan polytetrafluoroethylene (PTFE). Bahan teflon berasal dari bahan kimia untuk melapisi berbagai produk karena tahan air, mengurangi gesekan, dan menciptakan permukaan antilengket.

Teflon terkenal sejak 1940-an silam dan biasanya terdapat di dapur kamu. Penggunaan teflon yang paling umum mungkin sebagai lapisan antilengket pada panci dan wajan, yang membuat proses memasak dan pembersihannya jauh lebih mudah.

Perlu diketahui, teflon memiliki sifat titik lebur yang sangat tinggi, stabilitas termal yang baik, koefisien gesekan yang rendah sehingga memiliki keuntungan yang luas dalam penggunaannya.

Jadi, Teflon Terbuat dari Apa?

Teflon terbuat dari lapisan kimia yang terkenal sebagai polytetrafluoroethylene (PTFE). Jenis kimia ini merupakan jenis plastik yang melapisi pada berbagai item untuk proses pemanggangan.

Jadi, terbuat dari bahan dengan sifat antilengket, tahan air, tidak korosif, dan tidak reaktif. Dengan pembawaan sifat tersebut dapat menjadi penghalang antara produk dan elemen eksternal yang dapat merusaknya.

Teflon memiliki kekuatan dan pelumasan yang baik pada suhu rendah. Kondisi ini bersifat stabil secara termal pada suhu rendah. Teflon adalah bahan yang fleksibel, tahan bahan kimia, tidak lengket, dan tahan listrik.

Teflon terkenal karena sifat anti lengketnya karena titik lelehnya yang tinggi dan sifatnya yang licin. Alat masak dapur anti lengket terbuat dari teflon.

Mengapa Teflon Begitu Licin?

PTFE adalah polimer yang berasal dari senyawa organik. Dalam istilah awam, teradapat karbon di pusat setiap molekul yang tersusun dalam pola berulang yang besar. Struktur molekul ini yang membuat PTFE licin secara unik.

Teflon secara kimiawi mirip dengan plastik lain yang lebih umum yakni polietilen. Polietilen merupakan bahan yang penggunaannya untuk membuat kantong plastik dan wadah plastik lainnya.

Secara kimiawi, polietilen terbuat dari rantai panjang atom karbon dengan atom hidrogen yang terikat pada sisi rantai. Untuk membuat Teflon, atom hidrogen polietilen menggantinya dengan atom fluor.

Bahan Teflon Terbuat dari Zat Kimia Berbahaya? 

Kekhawatiran atas peralatan masak Teflon dan risiko kanker bukanlah tentang Teflon itu sendiri. Hal ini ada hubungannya dengan asam perfluorooctanoic (PFOA) yang merupakan bahan kimia penyusun teflon buatan manusia dan dapat menggunakannya dalam proses pembuatan teflon. Kamu dapat mengetahui lebih lanjut mengenai bahan kimia apa saja yang beracun yang seringkali ada di rumah.

Selama produksi, PFOA dapat masuk ke dalam tanah, air, dan udara. Itu bisa tinggal di lingkungan dan di tubuh untuk waktu yang lama.

Studi umumnya melibatkan paparan PFOA yang sangat tinggi dan hasilnya beragam. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat polifluoroalkil (PFAS) tingkat tinggi tertentu dapat menyebabkan meningkatnya risiko kanker berikut:

  • Kandung kemih
  • Ginjal
  • Ovarium
  • Prostat
  • Testis

Itulah mengapa penting sekali memperhatikan penggunaan Teflon ketika kamu sedang memasak di dapur. Ingin mengetahui lebih lanjut terkait dengan informasi hidup sehat lainnya?

Kamu dapat download aplikasi Halodoc di App Store atau Play Store smartphone kamu. Selain itu, kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter ahli melalui chat atau video langsung di Halodoc. Jadi tunggu apalagi, yuk langsung saja unduh aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:

Foodprint. Diakses pada 2023. Teflon an Safety: What you Need to Know About Nonstick Pans
Healthline. Diakses pada 2023. Can Teflon Cookware Increase Your Risk of Cancer?
Healthline. Diakses pada 2023. Is Nonstick Cookware Like Teflon Safe to Use?
WebMD. Diakses pada 2023. Is Teflon Coating Safe?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan