Benarkah Berkumur Air Garam Bisa Mengatasi Sakit Tenggorokan?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Januari 2021
Benarkah Berkumur Air Garam Bisa Mengatasi Sakit Tenggorokan?Benarkah Berkumur Air Garam Bisa Mengatasi Sakit Tenggorokan?

Halodoc, Jakarta – Sakit tenggorokan adalah kondisi umum yang mungkin pernah dialami oleh hampir semua orang. Meskipun biasanya bukan kondisi yang serius, sakit tenggorokan bisa membuat kamu merasa tidak nyaman saat berbicara dan menelan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi sakit tenggorokan. Nah, orangtua zaman dulu percaya bahwa berkumur dengan air garam yang hangat adalah cara yang efektif untuk meredakan sakit tenggorokan. Benarkah demikian?

Baca juga: Selain Obat Sakit Gigi, Ini Manfaat Berkumur Air Garam

Manfaat Berkumur Air Garam untuk Sakit Tenggorokan

Nasihat orangtua selama ini ternyata benar, berkumur air garam memang merupakan cara yang efektif untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat sakit tenggorokan, bahkan mencegah masalah tenggorokan. 

Sorana Segal Maurer, MD, Kepala Divisi Penyakit Menular di Rumah Sakit New York Queens mengungkapkan bahwa dengan berkumur air garam, kamu bisa menarik banyak lendir keluar dari jaringan di daerah tenggorokan, sehingga virus bisa dikeluarkan.

Hal itu karena garam berfungsi seperti magnet terhadap air. Itulah mengapa berkumur air garam bisa meredakan sakit tenggorokan. Selain itu, saat berkumur air garam, kamu mungkin juga akan menelan sedikit dari cairan tersebut secara tidak sengaja, sehingga hal itu bisa membantu mencegah dehidrasi

Namun, Segal Maurer juga mengungkapkan, berkumur air garam yang hangat tidak akan menyembuhkan sakit tenggorokan secara ajaib, karena cairan tersebut tidak memiliki efek antivirus. Sedangkan kebanyakan sakit tenggorokan disebabkan oleh virus yang juga menjadi penyebab flu dan pilek. Namun, bila rasa tidak nyaman akibat sakit tenggorokan mengganggu kamu, berkumur dengan air garam yang hangat bisa menjadi cara yang efektif untuk membuat kamu merasa lebih baik.

Tidak hanya meredakan sakit tenggorokan, American Cancer Society mengungkapkan bahwa berkumur air garam secara teratur juga bisa membantu menjaga kebersihan mulut dan mencegah infeksi, terutama pada orang yang menjalani kemoterapi atau terapi radiasi.

Baca juga: Minuman Ini Bisa Dikonsumsi untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Cara Menggunakan Air Garam untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Cara membuat larutan air garam untuk mengatasi sakit tenggorokan cukup mudah. American Dental Association (ADA) merekomendasikan untuk menambahkan setengah sendok teh garam ke dalam 240 mililiter air hangat, kemudian aduk sampai tercampur.

Berikut tips berkumur air garam yang efektif untuk meredakan sakit tenggorokan:

  • Minum larutan air garam sebanyak yang kamu rasa nyaman.
  • Kumur air garam di sekitar bagian belakang tenggorokan.
  • Bilas di sekitar mulut, gigi, dan gusi.
  • Keluarkan air yang sudah dikumur.

Kamu dianjurkan untuk mencoba berkumur air garam selama mungkin. Meskipun larutan air garam umumnya aman untuk ditelan, tapi lebih baik untuk membuangnya. Agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya yang maksimal, kamu perlu berkumur dengan air garam sebanyak satu sampai dua kali dalam sehari.

Cara meredakan sakit tenggorokan ini aman untuk dilakukan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Namun, orang yang kesulitan untuk berkumur, sebaiknya jangan mencoba cara ini. Beberapa anak kecil mungkin juga tidak bisa berkumur dengan baik. Jadi, tanyakanlah pada dokter anak untuk mengetahui kapan seorang anak siap untuk berkumur. 

Sementara bagi orang yang punya tekanan darah tinggi atau mengidap kondisi medis lainnya yang perlu membatasi asupan natriumnya, mungkin perlu mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter atau dokter gigi sebelum berkumur dengan air garam.

Baca juga: Tenggorokan Terasa Sakit, Kapan Sebaiknya ke Dokter?

Itulah penjelasan mengenai berkumur air garam yang bisa membantu mengatasi sakit tenggorokan. Selain berkumur air garam, kamu juga bisa membeli obat pelega tenggorokan melalui aplikasi Halodoc, lho. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Does Gargling With Salt Water Ease a Sore Throat?
Medical News Today. Diakses pada 2020. What to know about gargling with salt water


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan