• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Daun Ketumbar Bisa Meredakan Penyakit Asam Urat?

Benarkah Daun Ketumbar Bisa Meredakan Penyakit Asam Urat?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Benarkah Daun Ketumbar Bisa Meredakan Penyakit Asam Urat?

Halodoc, Jakarta - Gout adalah bentuk artritis, yakni peradangan yang memengaruhi persendian. Penyakit asam urat disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat. Asam urat adalah zat yang terbentuk saat tubuh memecah purin (zat penting yang dianggap sebagai penyusun DNA, serta memengaruhi sirkulasi darah, pencernaan, dan penyerapan nutrisi). 

Pada suatu waktu asam urat hanya dapat menyerang satu sendi, tetapi jika tidak ditangani, hal itu juga dapat memicu sendi lain. Ada banyak gejala asam urat seperti nyeri sendi yang menyebabkan peradangan dan kemerahan, dan umumnya menyerang jari kaki. 

Sering kali disarankan untuk mencari cara alami juga untuk menyembuhkan penyakit apa pun daripada bergantung sepenuhnya pada obat-obatan. Ini karena mungkin saja obat alami lebih sedikit menyebabkan efek samping. 

Baca juga: Sering Diabaikan, Inilah Penyebab Utama Asam Urat

Daun Ketumbar untuk Atasi Asam Urat

Salah satu obat alami untuk asam urat adalah daun ketumbar. Nah, daun ketumbar ditemukan banyak antioksidan. Selain itu, ia juga memiliki sifat diuretik, memungkinkan ginjal untuk bekerja secara aktif. Daun ketumbar bahkan memiliki khasiat antiinflamasi yang berguna untuk mengurangi radang sendi dan pembengkakan pada jari kaki. Sementara itu, batu ginjal juga bisa perlahan menghilang jika kamu rutin menggunakan daun ketumbar.

Cara penggunaan daun ketumbar untuk atasi asam urat cukup mudah. Kamu dapat menggunakan daun ketumbar dalam makanan. Selain itu, kamu juga bisa mengolah daun ketumbar menjadi sambal yang gurih, dan cara membuatnya sangat sederhana. 

Untuk membuat sambal daun ketumbar, cucilah dengan sedikit daun ketumbar. Lalu kamu perlu haluskan dalam penggiling bersama 1 cabai hijau, 3-4 pucuk bawang putih, garam, sedikit jintan dan sedikit jus lemon. Jika mau, kamu juga bisa menambahkan 1-2 tetes minyak mustard ke dalamnya. 

Jika tak mau repot, kamu juga bisa rebus daun ketumbar dan saring. Konsumsi saat perut kosong di pagi hari untuk mendapatkan manfaatnya.

Baca juga: Benarkah Penyakit Asam Urat Bisa Diturunkan dalam Keluarga?

Pengobatan Asam Urat yang Disarankan Dokter

Jika kamu ragu akan khasiat daun ketumbar, yang sejauh ini bukti penelitiannya pun belum kuat, kamu bisa mengonsumsi obat yang disarankan dokter. Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati serangan akut dan mencegah kekambuhan asam urat antara lain: 

  • Obat Antiinflamasi Nonsteroid (NSAID). NSAID termasuk pilihan yang dijual bebas seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya) dan naproxen sodium (Aleve), serta NSAID resep yang lebih kuat seperti indometasin (Indocin) atau celecoxib (Celebrex). Dokter mungkin meresepkan dosis yang lebih tinggi untuk menghentikan serangan akut, diikuti dengan dosis harian yang lebih rendah untuk mencegah kekambuhan. Namun NSAID membawa risiko sakit perut, pendarahan, dan tukak lambung.
  • Colchicine. Dokter mungkin merekomendasikan colchicine (Colcrys, Mitigare), sejenis pereda nyeri yang secara efektif mengurangi nyeri asam urat. Efektivitas obat dapat diimbangi, bagaimanapun, dengan efek samping seperti mual, muntah dan diare, terutama jika dikonsumsi dalam dosis besar. Setelah serangan asam urat akut hilang, dokter mungkin meresepkan obat ini dalam dosis rendah harian untuk mencegah kekambuhan. 
  • Kortikosteroid. Obat kortikosteroid, seperti obat prednison, dapat mengontrol peradangan dan nyeri asam urat. Kortikosteroid mungkin dalam bentuk pil, atau dapat disuntikkan ke dalam sendi. Kortikosteroid umumnya hanya digunakan pada orang dengan asam urat yang tidak dapat mengonsumsi NSAID atau colchicine. Efek samping kortikosteroid mungkin termasuk perubahan suasana hati, peningkatan kadar gula darah dan tekanan darah tinggi.

Baca juga: Asam Urat di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Itulah manfaat daun ketumbar untuk atasi asam urat, dan beberapa pilihan pengobatan yang disarankan dokter. Kamu juga bisa diskusikan pada dokter di Halodoc mengenai pengobatan yang tepat untuk atasi asam urat. Dokter akan selalu siaga memberikan saran dan informasi yang tepat supaya gejala asam urat yang kamu alami membaik.

Referensi:
Food NDTV. Diakses pada 2020. 7 Natural Home Remedies for Gout.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Gout.