• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Kanker pada Anak Lebih Mudah Disembuhkan?

Benarkah Kanker pada Anak Lebih Mudah Disembuhkan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Hingga saat ini penyakit kanker masih menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Bukan hanya pada orang dewasa, nyatanya anak-anak pun rentan mengalami penyakit kanker. 

Baca juga: Waspada, 8 Jenis Kanker yang Rentan Menyerang Anak

Hampir sama dengan orang dewasa, kanker pada anak-anak juga rentan disebabkan oleh masalah genetik. Tidak hanya itu, penanganan yang kurang tepat membuat sel kanker cepat berkembang hingga ke bagian tubuh yang lain. Namun, benarkah kanker pada anak lebih mudah disembuhkan dibanding orang dewasa? Yuk, simak ulasannya, di sini!

Penyebab Kanker pada Anak

Setiap sel dalam tubuh memiliki kemampuan untuk mengontrol dan melakukan perkembangan dalam tubuh seseorang. Saat sel kehilangan kendali mengontrol yang disebabkan berbagai pemicu, sel dapat berkembang secara berlebihan. Kondisi inilah yang dikenal sebagai kanker.

Melansir Kids Health, umumnya kanker pada anak belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun, adanya mutasi genetik menjadi salah satu penyebab kanker rentan dialami oleh anak-anak. 

Jenis Kanker yang Rentan Dialami Anak

Meskipun cukup berbahaya, nyatanya kanker menjadi penyakit yang rentan dialami oleh anak-anak. Berikut ini beberapa jenis kanker yang rentan dialami oleh anak:

1.Kanker Darah Leukemia

Kanker darah memiliki beberapa jenis yang berbeda. Salah satu yang sering diidap oleh anak-anak adalah leukemia. Kondisi ini terjadi akibat sel-sel pada sumsum tulang tidak berkembang secara normal. 

2.Limfoma

Limfoma atau kanker kelenjar getah bening merupakan jenis kanker dalam sistem limfatik. Umumnya, kondisi ini terjadi akibat adanya mutasi DNA pada sel-sel limfosit.

3.Kanker Otak

Kanker ini merupakan pertumbuhan sel tidak normal pada otak yang bersifat ganas. Tentunya, kondisi kanker otak yang tidak diatasi dengan baik dapat memengaruhi kualitas hidup seorang anak.

4.Osteosarkoma

Penyakit ini menjadi salah satu jenis kanker tulang. Meskipun dapat terjadi di bagian tulang mana saja, tetapi osteosarkoma lebih sering terjadi pada bagian tulang besar yang tumbuh cepat. Mulai dari tulang paha, tulang kering, hingga tulang lengan atas.

Baca juga: 10 Gejala Kanker pada Anak, Jangan Diabaikan!

Kanker pada Anak Lebih Mudah Disembuhkan

Lalu, benarkah kanker pada anak lebih mudah disembuhkan jika dibandingkan penyakit kanker yang dialami oleh orang dewasa? Melansir dari American Cancer Society, pengobatan kanker yang dijalani oleh anak-anak akan lebih mudah dijalani dibandingkan orang dewasa. Hal ini membuat penyakit kanker pada anak lebih mudah disembuhkan.

Tidak hanya itu, kanker pada anak juga akan mendapatkan perawatan yang lebih intensif dan anak-anak cenderung tidak memiliki riwayat penyakit lainnya yang dapat mempersulit pengobatan kanker.

Ada beberapa pengobatan kanker yang bisa dilakukan untuk mengatasi kanker pada anak:

  1. Tindakan operasi untuk mengangkat sel kanker pada bagian tubuh anak.
  2. Kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker dalam tubuh anak menggunakan obat-obatan tertentu.
  3. Terapi radiasi dilakukan untuk membunuh sel kanker menggunakan paparan radiasi.
  4. Transplantasi sumsum tulang untuk memproduksi sel-sel yang sehat, sehingga tubuh mampu membuat sel darah yang lebih sehat.

Pengobatan akan ditentukan dan disesuaikan dengan jenis kanker, kondisi kesehatan, dan usia anak. Pengobatan yang dijalankan juga dapat menyebabkan efek samping pada kesehatan anak. Untuk itu, diharapkan orangtua terus mendampingi anak agar pengobatan yang dilakukan dapat berjalan dengan optimal.

Baca juga: Inilah Pentingnya Dukungan Moril bagi Si Kecil Pengidap Kanker

Segera kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan menyeluruh untuk kesehatan anak. Pengobatan yang dilakukan lebih dini akan membantu perawatan dan pemulihan lebih mudah untuk dilakukan.

Referensi:
American Cancer Society. Diakses pada 2021. What Are The Differences Between Cancers in Adults and Children?
Kids Health. Diakses pada 2021. Childhood Cancer.
Medline Plus. Diakses pada 2021. Cancer in Children.