10 Gejala Kanker Pada Anak, Jangan Abaikan!

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Februari 2022
10 Gejala Kanker Pada Anak, Jangan Abaikan!10 Gejala Kanker Pada Anak, Jangan Abaikan!

"Kanker adalah penyakit yang dapat berakibat fatal. Kanker yang menyerang anak tentunya dapat membuat orangtua menjadi khawatir. Sebaiknya perhatikan beberapa gejala kanker pada anak berikut ini."

Halodoc, Jakarta - Ketika mendengar soal penyakit kanker, pasti ibu langsung berpikir tentang penyakit serius yang sulit untuk disembuhkan. Menangani kanker memang susah susah gampang. Penyakit ini mudah menyebar dengan cepat dan belum ada obat khusus untuk menyembuhkannya. Kanker dapat menyerang segala usia, tidak terkecuali anak-anak. Kanker bisa lebih fatal jika diidap oleh anak-anak karena imunitas mereka cenderung belum terbentuk secara sempurna seperti orang dewasa.

Munculnya kanker pada anak bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari faktor keturunan sampai faktor lingkungan. Mengingat kanker mudah mengintai anak-anak, ibu perlu mengetahui gejala-gejala kanker sejak dini. Dengan memastikan tanda-tandanya, tentu penanganan dini dapat dilakukan. Berikut ulasan lengkapnya!

Gejala Kanker pada Anak-Anak

Tidak sedikit kanker yang terjadi pada anak dapat ditemukan sejak dini, baik oleh dokter atau orangtuanya. Meski begitu, gejala yang timbul mungkin sulit untuk segera dipastikan karena pertandanya sangat umum disebabkan oleh gangguan lainnya. Maka dari itu, setiap orangtua perlu memeriksakan anak jika mengalami beberapa gejala yang tidak kunjung hilang.

Kanker yang terdeteksi lebih awal akan lebih mudah diobati dan berpeluang sembuh lebih besar. Berikut ini gejala kanker pada anak yang tidak boleh diabaikan, yaitu:

1. Perdarahan Tanpa Sebab Jelas

Melansir dari laman Cancer Research UK, perdarahan tanpa sebab menjadi salah satu gejala utama kanker. Mimisan adalah jenis perdarahan yang kerap dialami anak yang mengidap kanker. Munculnya perdarahan ini terjadi karena pembuluh darah yang berada pada bagian depan hidung masih terlalu tipis. Jika hidung si kecil sering berdarah paling tidak 4–5 kali sebulan, bisa jadi ini merupakan gejala kanker. Hati-hati, sebaiknya ibu segera memeriksakannya ke dokter.

Kalau ibu ingin memeriksakan Si Kecil ke dokter, kini ibu bisa membuat janji dengan dokter terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc sebelum mengunjungi rumah sakit. Tinggal pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan lewat aplikasi. Maka dari itu, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk merasakan kemudahan ini!

2. Luka yang Tidak Kunjung Sembuh

Kebanyakan anak-anak aktif dalam beraktivitas, terutama ketika mereka bermain. Bahkan, terkadang mereka bisa mengalami luka atau lecet ketika bermain. Namun, jika mereka mengalami luka dan tak kunjung sembuh, ibu harus memeriksakan lukanya ke dokter. Karena, ada kemungkinan bahwa luka tersebut adalah peringatan gejala kanker pada anak.

3. Pembesaran Kelenjar Getah Bening

Pembesaran kelenjar getah bening bisa menjadi gejala kanker limfoma non-hodgkin. Pembengkakan bisa terjadi di bagian leher, ketiak, pangkal paha, dada, perut, atau bagian tubuh lainnya yang terdapat kelenjar getah bening.

4. Turun Berat Badan Tanpa Sebab Jelas

Jika anak tiba-tiba kehilangan berat badan padahal tidak ada perubahan pada menu makanannya atau dia tidak sedang menjalani program olahraga tertentu, segeralah periksakan diri pada dokter.

5. Sesak Napas

Sesak napas atau kesulitan bernapas pada anak bisa menjadi tanda penyakit serius. Sebanyak 40 persen tanda dini leukemia pada anak adalah sesak napas.

6. Adanya Benjolan pada Tubuh

Gejala kanker pada anak lainnya yang harus diperhatikan adalah timbulnya benjolan pada tubuh anak. Benjolan tersebut bisa muncul di perut anak. Bahkan, benjolan tersebut bisa muncul di tempat-tempat yang tidak biasa di tubuh anak.

7. Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan hal yang wajar terjadi. Bahkan, sakit kepala sering dianggap sebagai penyakit ringan. Jika sakit kepala menyerang anak terus-menerus tanpa henti, bisa saja itu menjadi gejala kanker pada anak yang harus diwaspadai oleh orangtua.

8. Sering Muntah

Melansir dari Cancer Net, muntah di pagi hari yang disertai sakit kepala adalah salah satu gejala kanker yang paling umum. Muntah dan sakit kepala biasanya menandai adanya kanker otak dan kanker sarkoma jaringan lunak.

9. Tulang Terasa Sakit

Nyeri tulang merupakan salah satu gejala kanker pada anak. Nyeri tulang bisa menjadi indikasi neuroblastoma, yaitu kanker yang umum terjadi di kelenjar adrenal.

10. Demam Tanpa Sebab Jelas

Demam juga merupakan penyakit yang biasa menyerang anak-anak. Namun, jika anak sering demam tanpa sebab yang jelas, orang tua harus mewaspadainya. Hal tersebut bisa menjadi pertanda leukemia. Leukemia merupakan jenis kanker paling umum yang diidap oleh anak-anak.

Itulah gejala-gejala kanker pada anak yang wajib ibu waspadai. Oleh karena faktor lingkungan menjadi salah satu penyebab kanker pada anak, pastikan untuk menjaganya dari hal-hal yang mengaktifkan sel-sel kanker di dalam tubuhnya. Hindarkan pula Si Kecil dari paparan asap rokok, asbes di rumah, dan radiasi.


Referensi :
Healthy Children. Diakses pada 2021. Symptoms of Childhood Cancers.
Cancer Net. Diakses pada 2021. Childhood Cancer: Symptoms and Signs.
Cancer Research UK. Diakses pada 2021. Signs and symptoms of cancer in children.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan