Benarkah Kayu Manis Mampu Meningkatkan Kesuburan Pria?

3 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   03 Juli 2023

“Kayu manis adalah rempah aromatik dengan rasa manis yang digunakan dalam masakan dan pengobatan tradisional. Salah satu khasiatnya, yaitu meningkatkan kesuburan pria,”

Benarkah Kayu Manis Mampu Meningkatkan Kesuburan Pria?Benarkah Kayu Manis Mampu Meningkatkan Kesuburan Pria?

Halodoc, Jakarta – Kayu manis (Cinnamomum verum) adalah jenis rempah yang berasal dari kulit bagian dalam pohon kayu manis. Manfaat kayu manis sudah terkenal selama berabad-abad dalam masakan maupun pengobatan tradisional.

Rempah ini memiliki aroma yang khas dan rasa manis. Komponen utamanya mengandung senyawa bernama cinnamaldehyde, yang juga memberikan warna dan aroma khas kayu manis. 

Selain cinnamaldehyde, tanaman ini juga mengandung senyawa lain, seperti eugenol, cineole, linalool, dan beta-caryophyllene. Kandungan tersebut memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, antijamur, dan antioksidan.

Khasiat Kayu Manis dalam Meningkatkan Kesuburan Pria

Kayu manis adalah tanaman herbal yang digunakan dalam berbagai masakan dan minuman. Manfaatnya beragam, salah satunya meningkatkan kesuburan pria dalam banyak cara.

Penelitian berjudul Effect of Cinnamomum zeylanicumon on Spermatogenesis dalam Iranian Red Crescent Medical Journal menemukan, pemberian 75 miligram per kilogram berat badan per hari secara signifikan meningkatkan populasi sperma, motilitas, dan viabilitasnya. Hal ini memberikan efek menguntungkan pada proses spermatogenesis. Nah, berikut khasiat kayu manis untuk kesuburan pria. 

1. Meningkatkan kualitas sperma

Kayu manis mengandung senyawa antioksidan yang kuat, seperti flavonoid dan polifenol, yang dapat melindungi sperma dari kerusakan oksidatif. Hal ini dapat meningkatkan kualitas sperma dan meningkatkan kemampuan sperma untuk membuahi sel telur.

Selain untuk pria, ini manfaat lain dari kayu manis: Jarang Diketahui, Ini 13 Khasiat Air Rebusan Kayu Manis bagi Kesehatan.

2. Meningkatkan jumlah sperma

Beberapa penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa pemberian ekstrak kayu manis dapat meningkatkan jumlah sperma pada hewan jantan. Namun, penelitian pada manusia masih terbatas. Jadi, masih perlu lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi efek ini.

3. Meningkatkan libido

Tanaman herbal ini memiliki sifat afrodisiak yang dapat meningkatkan libido atau gairah seksual. Dengan meningkatkan gairah seksual, kayu manis dapat membantu meningkatkan kesuburan pria.

4. Mengurangi peradangan

Kayu manis memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan yang berlebihan dalam sistem reproduksi pria dapat mengganggu produksi sperma dan mengurangi kesuburan. Dengan mengurangi peradangan, ini dapat memberikan dampak positif pada kesuburan pria.

Selain kayu manis, ginseng jadi salah satu tanaman herbal yang juga dapat membantu mendukung kesehatan tubuh. Ketahui manfaatnya di sini: 10 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Tubuh.

Cara Tepat Mengonsumsi Kayu Manis

Kayu manis dapat kamu konsumsi dalam beberapa cara yang berbeda, di antaranya:

  • Sebagai bumbu masakan. Kamu bisa menambahkan bubuk tanaman ke dalam adonan kue, roti, atau pastry
  • Campuran dalam minuman. Beberapa jenis minumannya, seperti teh, kopi, cokelat panas, atau smoothie. Kamu juga bisa  menempatkan sebatang kayu utuh ke dalam minuman panas.
  • Sebagai topping. Kamu bisa menaburkan sedikit bubuk kayu manis di atas yogurt, oatmeal, sereal, atau buah-buahan sebagai tambahan rasa dan aroma.
  • Suplemen. Tanaman herbal ini juga tersedia dalam bentuk suplemen. Namun, diskusikan terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya, ya.

Meskipun kayu manis memiliki beberapa manfaat dalam meningkatkan kesuburan pria, penting untuk diingat bahwa efeknya mungkin bervariasi pada setiap individu. Selain itu, tanaman tidak boleh menjadi pengganti perawatan medis. 

Jika mengalami masalah kesuburan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau spesialis kesehatan yang berkualifikasi untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

chat dengan dokter untuk tahu manfaat kayu manis bagi kesuburan pria
Referensi:
Iranian Red Crescent Medical Journal. Diakses pada 2023. Effect of Cinnamomum zeylanicumon on Spermatogenesis.
Firstcry Parenting. Diakses pada 2023. Does Cinnamon Boost Fertility?
Times of India. Diakses pada 2023. Adding Cinnamon to your diet can increase the chances of pregnancy?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan