• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Obat-Obatan Herbal Bisa Redakan Gejala Campak?

Benarkah Obat-Obatan Herbal Bisa Redakan Gejala Campak?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Apakah anak ibu mengalami ruam kemerahan di seluruh tubuhnya? Mungkin saja anak ibu mengalami infeksi dari virus yang disebut juga dengan campak. Penyakit ini dapat menular melalui air liur ke orang lain saat pengidapnya batuk atau bersin. Selain itu, gangguan ini ternyata dapat menyebabkan komplikasi parah, terutama pada bayi dan anak-anak.

Agar terhindar dari komplikasi tersebut, penting untuk melakukan penanganan dini agar penyakit tersebut tidak menyebabkan gangguan yang lebih parah. Hal ini penting dilakukan pada bayi dan anak-anak agar tetap sehat. Selain itu, beberapa sumber mengatakan jika obat-obatan herbal mampu mengatasi gejala campak. Benarkah hal tersebut? Baca selengkapnya di sini!

Baca juga: 5 Penanganan Pertama saat Anak Alami Campak

Mengatasi Gejala Campak dengan Obat-Obatan Herbal

Campak, atau disebut juga rubella, adalah penyakit menular yang disebabkan oleh multiplikasi dari virus asam ribonukleat (RNA) pada saluran pernapasan atas dan konjungtiva. Gangguan ini dapat menyebabkan komplikasi serius dan kematian. Selain itu, penyakit ini juga terbilang sangat menular hingga semua orang memiliki risiko untuk mengalaminya.

Seseorang yang mengidap campak dapat merasakan gejala-gejala, seperti sakit pada tubuh, demam, konjungtivitis, kelelahan, hingga nafsu makan yang menurun drastis. Lalu, ruam gatal yang terasa hingga 2-4 hari juga dapat berpindah mulai di kepala hingga ke bagian bawah tubuh. Ruam merah yang terjadi pada gejala awal tersebut juga dapat berubah warna menjadi kecokelatan dan memucat karena tekanan. 

Selain itu, mungkin saja terjadi pembengkakan pada kelenjar. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara untuk atasi gejala campak agar tidak bertambah parah. Salah satu cara yang dipercaya ampuh untuk hal tersebut adalah menggunakan obat-obatan herbal. Berikut pembahasan lebih lanjut tentang obat-obatan herbal guna atasi gejala campak:

  1. Kunyit

Salah satu obat-obatan herbal yang efektif atasi gejala campak adalah kunyit. Tanaman yang biasanya digunakan untuk bumbu masakan ini dipercaya dapat mengatasi gejala campak. Tanaman tersebut dapat mengurangi ruam yang timbul pada kulit. Hal tersebut karena kandungan kurkumin dapat berguna sebagai antioksidan yang baik untuk mengatasi radang.

Pada kunyit putih, terdapat kandungan curcuminoids yang berguna sebagai antialergi dengan cara mencegah zat histamin pada tubuh. Selain itu, kandungan analgesik juga lebih kuat untuk mengatasi gejala-gejala dari campak. Maka dari itu, kunyit menjadi pilihan utama untuk digunakan saat seseorang mengalami campak atau gangguan radang lainnya.

Baca juga: Waspadai Gejala Campak pada Bayi

  1. Cengkeh

Obat-obatan herbal lainnya yang dapat efektif sebagai cara atasi gejala campak adalah cengkeh. Tanaman herbal ini dapat ampuh untuk mengatasi peradangan yang terjadi, terutama yang disebabkan campak. Maka dari itu, cengkeh dapat menjadi pilihan yang baik digunakan untuk mengatasi gejala campak. Kamu dapat merendam bunga dari cengkuh tersebut selama satu hari, lalu campur dengan dengan gula dan akhirnya siap diminum.

  1. Daun Jarak

Daun jarak juga termasuk salah satu obat-obatan herbal yang digunakan untuk atasi gejala campak. Air rebusan dari daun tersebut dapat mengatasi peradangan disebabkan penyakit karena virus tersebut. Air dari daun jarak tersebut dapat melawan bakteri yang dapat menyebabkan diare dan nafsu makan yang buruk sebagai salah satu gejala campak.

Itulah beberapa obat-obatan herbal yang dapat dimanfaatkan sebagai cara atasi gejala campak. Dengan mengatasi gejala-gejala yang terjadi, diharapkan gangguan tersebut dapat dengan mudah diatasi. Sehingga, gangguan-gangguan yang lebih parah dapat dicegah sebelum terjadi.

Baca juga: Begini Cara Efektif Obati Campak pada Bayi

Selain itu, kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc tentang cara mengatasi gejala campak. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan setiap hari!

Referensi:
Cochrane. Diakses pada 2020. Chinese medicinal herbs for measles.
Six Fishes. Diakses pada 2020. Practical Management of Measles with Chinese Herbal Medicine.