Benarkah PCOS Bisa Diobati dengan Tanaman Herbal?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 September 2023

“PCOS adalah penyakit yang terjadi saat sel telur wanita memiliki perkembangan yang terhambat karena hormon yang tidak seimbang. Untuk mengatasi penyakit ini, ada banyak pengobatan yang bisa dicoba."

Benarkah PCOS Bisa Diobati dengan Tanaman Herbal?Benarkah PCOS Bisa Diobati dengan Tanaman Herbal?

Halodoc, Jakarta – Sindrom polikistik ovarium atau PCOS adalah salah satu penyakit yang paling umum pada wanita di usia reproduksi. Kondisi ini terjadi saat sel telur wanita terhambat perkembangannya karena masalah ketidakseimbangan hormon.

Sejauh ini, penyebab penyakitnya masih belum ahli ketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor risiko yang bisa meningkatkan kemungkinannya.

Selain itu, PCOS juga tidak bisa sembuh secara permanen. Maka dari itu, cara terbaik untuk menangani penyakit ini adalah dengan melakukan pengobatan dengan cara tertentu dan mulai membiasakan hidup sehat.

Bagi kamu yang merasa khawatir untuk menggunakan obat-obatan sebagai pengobatan PCOS, kamu juga bisa menggunakan tanaman herbal untuk mengatasi kondisi ini.

Tanaman Herbal untuk Meredakan PCOS

Pengobatan yang paling cocok pasti akan berbeda untuk tiap individu.

Meskipun ada obat-obatan dan suplemen yang bisa meredakan dampak PCOS, ada juga beberapa jenis tanaman herbal yang bisa pengidap PCOS konsumsi.

Contohnya antara lain:

1. Kunyit

Di dalam kunyit, terdapat bahan aktif bernama kurkumin. Kandungan ini bermanfaat untuk mengurangi inflamasi dan juga mengurangi resistensi insulin karena sifatnya yang kaya antioksidan. Bagi wanita yang  memiliki PCOS, konsumsi kunyit setelah beberapa minggu juga menunjukkan peningkatan ovulasi.

2. Berberine

Jika masih terdengar asing di telinga, berberine adalah bahan herbal yang sering menjadi bahan obat-obatan Cina.

Berberine termasuk dalam alkaloid tanaman yang bermanfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

Untuk pengidap PCOS, bahan herbal ini bisa membantu resistensi insulin, meningkatkan metabolisme, dan menyeimbangkan respon endokrin pada tubuh. 

3. Akar maca

Tanaman herbal maca memiliki akar yang berkhasiat bagi kesehatan seksual.

Secara umum, bahan ini orang ketahui bisa meningkatkan fertilitas, meningkatkan libido, dan mengurangi gejala menopause pada wanita lanjut usia.

Namun, akar maca juga bisa menyeimbangkan hormon wanita sehingga gejala PCOS berkurang. 

4. Ginseng

Ginseng, tepatnya ashwagandha atau ginseng India, bisa membantu menyeimbangkan kadar hormon kortisol di dalam tubuh. Ini adalah hormon yang berkaitan erat dengan stres. Jadi, pengurangannya bisa membuat tubuh lebih rileks dan gejala PCOS bisa berkurang. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu soal 10 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Tubuh.

5. Kemangi

Kemangi atau tulsi adalah bahan tanaman herbal yang berguna untuk menyedapkan makanan dan menambah wangi di masakan. Ternyata, manfaatnya juga bisa untuk kesehatan, khususnya penyakit PCOS.

Daun kemangi bisa mengatasi masalah stres metabolik sehingga kadar gula darah berkurang, berat badan tidak meningkat cepat, dan level hormon kortisol berkurang.

6. Kayu manis

Kayu manis adalah bahan tanaman herbal yang sering kamu temukan di dalam makanan. Namun, kayu manis juga memiliki banyak khasiat kesehatan. Bahan ini bisa meregulasi hormon dan menstruasi pada wanita pengidap PCOS. Selain itu, mengonsumsi kayu manis di makanan atau minuman juga bisa mengendalikan gejala PCOS. 

Cara Penanganan PCOS Lainnya

Nah, meskipun kamu sudah mengonsumsi berbagai jenis tanaman herbal untuk mengatasi PCOS, itu saja tidak cukup. Kamu juga harus melakukan beberapa hal lain agar gejala-gejala penyakitnya tidak muncul secara ekstrem. 

Kamu bisa memastikan bahwa nutrisi yang masuk ke tubuh cukup dan sehat agar hormon tetap seimbang. Hindari makanan cepat saji atau makanan olahan yang tidak sehat. Pilihlah bahan makanan yang lebih sehat dan organik seperti buah, sayur, karbohidrat kompleks, dan juga protein sehat.

Kamu bisa mengonsumsi suplemen penambah magnesium dan zat besi jika kamu termasuk salah satu pengidap PCOS yang mengalami pengeluaran darah yang banyak saat menstruasi.

Terakhir, kamu juga perlu berolahraga rutin agar berat badanmu tetap stabil. Olahraga low-impact seperti yoga atau pilates sangat cocok untuk wanita pengidap penyakit ini.

Itulah beberapa tanaman herbal untuk mengatasi gejala PCOS dan beberapa cara lainnya terkait gaya hidup.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan tentang penyakit ini, jangan ragu untuk langsung melakukan konsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc

Sekarang kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
MayoClinic. Diakses pada 2023. Polycystic ovary syndrome (PCOS)
Healthline. Diakses pada 2023. 30 Natural Ways to Help Treat Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan