• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Pengidap Ginjal Kronis Rentan Alami Anemia?

Benarkah Pengidap Ginjal Kronis Rentan Alami Anemia?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Jangan sepelekan kondisi yang mudah lelah, kulit berwarna pucat, hingga sakit kepala. Bisa jadi kamu mengalami tanda dari penyakit anemia. Kurang darah atau anemia merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah sehat. Dengan begitu, tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup untuk menjalankan fungsinya. Karena itu, timbul gejala-gejala yang terkait dengan anemia.

Baca juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

Selain karena kekurangan zat besi, anemia juga bisa disebabkan oleh berbagai penyakit kronis. Salah satunya penyakit ginjal kronis. Penyakit ini dapat memengaruhi proses pembentukan sel darah merah. Apalagi jika terjadi dalam jangka waktu yang sangat panjang. Tidak ada salahnya ketahui lebih banyak mengenai kaitan penyakit ginjal kronis dengan anemia, di sini!

Ini Alasan Pengidap Ginjal Kronis Rentan Mengalami Anemia

Gagal ginjal kronis merupakan salah satu kondisi dimana fungsi ginjal menurun secara bertahap akibat kerusakan yang dialami. Padahal, ginjal memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Ginjal berfungsi untuk menyaring limbah maupun kelebihan cairan yang berada dalam darah. Selain itu, ginjal menghasilkan enzim yang menjaga tekanan darah dan kadar garam dalam tubuh tetap normal.

Selain itu, ginjal menjadi salah satu organ yang dapat menghasilkan hormon eritropoietin. Hormon ini berfungsi untuk merangsang sumsum tulang memproduksi sel darah merah. Tentunya, saat fungsi ginjal terganggu, maka ginjal dapat tidak dapat memproduksi hormon eritropoietin dengan baik. Hal ini dapat membuat sumsum tulang belakang tidak dapat memproduksi sel darah merah yang cukup untuk tubuh. 

Semakin menurun fungsi ginjal yang dialami oleh seseorang, maka akan semakin sedikit hormon dan sel darah merah yang diproduksi. Jika terjadi dalam waktu yang cukup lama, kondisi ini dapat menyebabkan anemia.

Baca juga: 6 Jenis Olahraga untuk Pengidap Sakit Ginjal

Kenali Gejala Gagal Ginjal Kronis

Umumnya, gagal ginjal kronis tidak menyebabkan gejala apapun pada tahap awal. Gejala akan dirasakan saat gagal ginjal sudah masuk dalam tahap yang cukup parah. Ada beberapa gejala umum yang kerap dialami pengidap gagal ginjal kronis, seperti lebih sering mengalami mual dan muntah, kehilangan nafsu makan, kulit yang terasa gatal, hingga penurunan berat badan.

Tidak hanya itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan pengidapnya mengalami penumpukan cairan pada beberapa bagian tubuh. Gagal ginjal kronis juga dapat memicu frekuensi buang air kecil yang lebih sering pada malam hari. Bahkan, gejala yang sudah cukup parah akan mengakibatkan munculnya darah pada urine

Nyeri dada, sesak napas, gangguan tidur, hingga perubahan warna menjadi pucat menjadi tanda lain dari gagal ginjal kronis. Untuk itu, sangat penting memperhatikan kondisi kesehatan. Segera gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter ketika kamu mengalami beberapa keluhan kesehatan yang terkait dengan gagal ginjal kronis atau anemia.

Selain Anemia, Ini Komplikasi Gagal Ginjal Kronis

Pengobatan yang dilakukan pada pengidap gagal ginjal kronis bertujuan untuk mengurangi risiko komplikasi yang lebih parah pada pengidapnya. Tidak hanya anemia, gagal ginjal kronis yang tidak diatasi dengan baik dapat meningkatkan risiko komplikasi lainnya. Mulai dari gangguan elektrolit, penyakit jantung, edema paru, hingga kerusakan sistem saraf pusat.

Baca juga: 7 Tanda Awal Penyakit Ginjal

Untuk mencegah gagal ginjal kronis, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan:

  1. Menjaga berat badan yang ideal.
  2. Menghentikan kebiasaan merokok, jika sebelumnya memiliki kebiasaan merokok.
  3. Mengatur pola makan dan pengonsumsian obat sesuai dengan anjuran dokter.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari gagal ginjal kronis dan anemia. 

Referensi:
National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Diakses pada 2020. Anemia in Chronic Kidney Disease.
National Kidney Foundation. Diakses pada 2020. Anemia and Chronic Kidney Disease.