• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Pijat Tradisional Bisa Atasi Bidai Tulang Kering?

Benarkah Pijat Tradisional Bisa Atasi Bidai Tulang Kering?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Cedera saat olahraga adalah hal yang umum terjadi dan sebaiknya segera diberikan perawatan. Hal tersebut dilakukan agar gangguan tersebut mudah diatasi. Salah satu cedera yang umum terjadi saat berolahraga adalah bidai tulang kering. Jika gangguan tersebut telah menimbulkan rasa nyeri, perlu pengobatan agar tidak semakin bertambah buruk.

Umumnya, jika seseorang mengalami cedera atau keseleo pada kaki, pijat tradisional dapat menjadi salah satu pilihan yang efektif. Namun, apakah cara pengobatan tersebut dapat dilakukan saat seseorang mengalami bidai tulang kering? Ataukah malah bertambah parah karena tidak dapat diatasi dengan metode tersebut? Berikut pembahasan lebih lengkap terkait hal tersebut!

Baca juga: Jangan Panik, Begini Tips Mengatasi Nyeri karena Bidai Tulang Kering

Dampak Buruk Mengobati Bidai Tulang Kering dengan Pijat Tradisional

Bidai tulang kering adalah gangguan yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada tulang kering atau tulang tibia. Dalam istilah medis disebut juga dengan medial tibial stress syndrome. Gangguan ini dapat terjadi ketika seseorang terlalu memforsir bagian kaki saat berolahraga atau mengalami cedera yang berulang dari daerah tulang kering. Berbagai reaksi stres pada tulang kering dan otot di sekitarnya dapat terjadi, sehingga tidak dapat sembuh dengan baik.

Seseorang yang mengidap bidai tulang kering harus mendapatkan pengobatan segera. Hal tersebut karena penyakit tersebut dapat menimbulkan kondisi yang serius hingga mampu menimbulkan gangguan yang lebih buruk jika tidak segera diatasi. Umumnya, seseorang yang mengalami gangguan pada tulang kering ini dapat ditangani dengan pengobatan yang dilakukan di rumah.

Meski begitu, apa benar jika pijat tradisional dapat mengatasi bidai tulang kering? Saat seseorang mengalami bidai tulang kering, cedera yang terjadi ada pada bagian dalam tubuh. Pembengkakan dapat terjadi bersamaan dengan timbulnya warna biru atau merah pada area kulit yang terserang. Saat bengkak tersebut mendapatkan pijatan, dampak negatif dapat terjadi terhadap pemulihan dari cedera tersebut. Akhirnya, gangguan yang harusnya dapat dengan mudah diatasi menjadi bertambah parah.

Setelah itu, apa pengobatan yang efektif untuk dilakukan saat seseorang mengalami bidai tulang kering? Faktanya, seseorang yang mengalami bidai tulang kering dapat sembuh dengan sendirinya atau dengan pengobatan rumahan. Meski begitu, terkadang dokter menyarankan agar mendapatkan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Dokter mungkin akan menyuruh kamu untuk berlari agar sumber masalahnya dapat diketahui. Selain itu, pengambilan sinar-X atau pemeriksaan tulang untuk mencari patahan juga dapat dilakukan. Berikut beberapa pengobatan rumahan yang dapat dilakukan:

  1. Perbanyak Istirahat

Setiap orang yang mengalami cedera pada kaki, termasuk juga bidai tulang kering, membutuhkan waktu untuk beristirahat. Paling tidak kamu harus menghindari aktivitas berat atau olahraga yang menggunakan kaki selama 10-14 hari. Rasa nyeri yang terbentuk dapat hilang seiring dengan melakukan istirahat.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Gejala dari Bidai Tulang Kering

  1. Kompres Es

Setelah memastikan tubuh untuk istirahat, kamu juga dapat mengompres bagian yang mengalami bidai tulang kering dengan es. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak yang timbul. Lakukan hal tersebut selama 20-30 menit setiap 3 hingga 4 jam selama beberapa hari hingga rasa sakit yang timbul hilang sepenuhnya.

  1. Mengonsumsi Penghilang Rasa Sakit

Saat rasa sakit yang timbul sudah tidak tertahankan, kamu dapat mengonsumsi penghilang rasa sakit agar perasaan nyeri tersebut hilang. Meski begitu, kamu mengonsumsinya sesuai dengan resep dokter agar tidak menimbulkan beberapa efek samping.

Itulah fakta mengenai bidai tulang kering saat kamu ingin mengobatinya dengan pijat tradisional. Dengan mengetahui terkait hal tersebut, kamu dapat mengetahui pengobatan yang tepat sehingga dampak yang lebih buruk dapat dihindari. Sehingga, penyembuhan dari bidai tulang kering dapat segera diatasi.

Baca juga: Alami Cedera, Ini Cara Tingkatkan Fungsi Tulang Kering

Apabila kamu masih mempunyai pertanyaan terkait bidai tulang kering dan pengobatannya, dokter dari Halodoc dapat menjawab semua kebingungan yang timbul. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. What Are Shin Splints?
NCBI. Diakses pada 2020. Medial tibial stress syndrome: conservative treatment options.