• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Rutin Minum Teh Hijau Bantu Turunkan Kolesterol?

Benarkah Rutin Minum Teh Hijau Bantu Turunkan Kolesterol?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Teh menjadi salah satu minuman favorit yang dapat dinikmati kapan saja. Teh bisa dikonsumsi saat dingin maupun hangat. Minuman yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan juga memiliki beragam jenis yang dapat dinikmati, salah satunya adalah jenis teh hijau. 

Baca juga: Awas! Kolesterol Tinggi Picu Berbagai Penyakit

Salah satu manfaat yang cukup terkenal dari teh hijau adalah manfaatnya yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Selain itu, bagi kamu yang memiliki kolesterol tinggi, tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi teh hijau untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Teh Hijau Bantu Redakan Kadar Kolesterol Tinggi

Teh hijau menjadi salah satu minuman yang termasuk dalam jenis teh herbal. Melansir dari Healthline, teh herbal menjadi salah satu minuman yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan, salah satunya menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh. Umumnya, teh herbal dibuat dari bagian-bagian tanaman yang dapat diolah, seperti akar, daun, bunga, hingga buahnya.

Lalu, apa hubungan teh hijau dengan kolesterol tinggi? Melansir American Journal of Clinical Nutritions, teh hijau menjadi jenis teh yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Teh hijau juga memiliki kandungan protein, mineral, vitamin, karbohidrat, dan flavonoid. Proses pembuatannya yang tidak terlalu panjang juga menyebabkan teh hijau memiliki kandungan catechins yang membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Namun, pengonsumsian teh hijau tidak langsung membuat kadar kolesterol tinggi menurun secara drastis. Pengonsumsian secara rutin yang disertai dengan pola makan dan gaya hidup sehat bisa dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol atau menurunkan kadar kolesterol tinggi yang kamu miliki.

Jika kamu mengalami gejala gangguan kesehatan yang disebabkan kolesterol tinggi, seperti nyeri dada, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kadar kolesterol ke rumah sakit terdekat untuk memastikan kesehatan kamu. Lebih mudahnya, buat janji dengan dokter terlebih dulu melalui aplikasi Halodoc. Download aplikasinya sekarang juga, ya!

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Konsumsi Teh Hijau untuk Tubuh Ideal

Ketahui Manfaat Lain dari Green Tea

Tidak hanya menurunkan kadar kolesterol tinggi saja, rutin mengonsumsi teh hijau memberikan beragam manfaat bagi kesehatan, seperti:

1. Menghindari Penyakit Kanker

Melansir National Cancer Institute, kandungan polifenol dalam teh hijau dapat membantu kamu untuk menurunkan risiko munculnya sel kanker dalam tubuh. Selain itu, kandungan polifenol nyatanya juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. 

2. Hindari Gangguan Jantung

Melansir Medical News Today, rutin mengonsumsi teh hijau dan menjalankan gaya hidup sehat dapat menurunkan risiko gangguan pada kardiovaskular. 

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Selain mampu menjaga kesehatan tubuh, teh hijau dapat membantu untuk meningkatkan fungsi otak. Namun, sebaiknya jangan berlebihan dalam mengonsumsi teh hijau dan seimbangkan dengan menu sehat serta kebutuhan air putih pada tubuh.

Baca juga: Penggemar Matcha, Ini Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Itulah manfaat lain yang bisa dirasakan dengan rutin mengonsumsi teh hijau. Tidak ada salahnya untuk minum teh hijau saat masih hangat agar manfaat yang dirasakan optimal. Sebaiknya kamu minum teh hijau beberapa saat setelah makan.

Minum teh dengan keadaan perut yang kosong dapat merangsang peningkatan asam lambung bagi pengidap asam lambung. Hindari juga minum teh hijau sesaat sebelum tidur. Meskipun kandungan kafein dalam teh hijau tidak sebanyak dalam kopi, kondisi ini bisa menyebabkan gangguan tidur atau insomnia.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Are The Health Benefits of Green Tea?
National Cancer Institute. Diakses pada 2020. Tea and Cancer Prevention
American Journal of Clinical Nutritions. Diakses pada 2020. Green Tea Intake Lowers Fasting Serum Total and LDL Cholesterol in Adults
Healthline. Diakses pada 2020. Can Herbal Teas Lower My Cholesterol?