Jangan Asal, Ini Cara Konsumsi Teh Hijau untuk Tubuh Ideal

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Jangan Asal, Ini Cara Konsumsi Teh Hijau untuk Tubuh Ideal

Halodoc, Jakarta - Manfaat konsumsi teh hijau banyak sekali. Salah satu yang cukup populer adalah menurunkan berat badan. Ya, teh ini dipercaya dapat menurunkan berat badan asal dikonsumsi dengan cara yang tepat. Namun, sudahkah kamu tahu caranya?

Berikut beberapa tips dan panduan mengonsumsi teh hijau, agar khasiatnya dalam membentuk tubuh ideal bisa maksimal:

1. Minum Hangat-Hangat

Teh hijau memang bisa dinikmati dalam keadaan hangat ataupun dingin. Namun, jika kamu menginginkan khasiat untuk menurunkan berat badan, sebaiknya nikmati teh hijau dalam keadaan hangat. Jika kamu menyeduh langsung daun teh hijau asli, sebaiknya seduh dengan air panas di suhu 80-90 derajat Celsius. Biarkan sejenak sampai teh menjadi hangat, lalu minum hingga habis. 

Baca juga: Penggemar Matcha, Ini Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

2. Minum 3-4 Kali Sehari

Selain diminum hangat-hangat, teh yang satu ini sebaiknya dikonsumsi sebanyak 3-4 kali sehari. Waktu terbaik untuk meminumnya adalah setelah sarapan, karena minum teh dalam kondisi perut yang kosong dapat merangsang produksi asam lambung.

Setelah itu, di siang hari minumlah lagi teh hijau untuk menyegarkan tubuh dan pikiran setelah menjalankan aktivitas yang padat. Setelah makan malam, kamu dapat kembali meneguk secangkir teh hijau. Namun, selain di waktu-waktu tersebut, kamu juga bisa menikmati teh hijau di sore hari setelah pulang bekerja.

Sebab, teh hijau tak hanya membantu proses diet, tetapi juga bisa membuat tubuh jadi lebih segar. Jika kamu ingin diskusi lebih lanjut tentang konsumsi teh hijau, kamu bisa mendiskusikannya dengan dokter gizi. Sekarang, diskusi dengan dokter gizi juga bisa dilakukan di aplikasi Halodoc, lho. Lewat fitur Talk to a Doctor, kamu bisa obrolkan langsung gejalamu melalui Chat atau Voice/Video Call.

Baca juga: Manfaat Teh Hijau dan Teh Oolong untuk Turunkan Berat Badan

3. Jangan Tambahkan Campuran Apapun

Suka dengan matcha latte atau minuman olahan teh hijau lainnya? Kalau sedang diet, sebaiknya jangan tambahkan campuran apapun ke dalam teh hijau, ya. Sebab, teh hijau yang dicampur dengan susu, madu, atau jeruk nipis sangat tidak disarankan untuk diet. Alangkah lebih baik jika kamu benar-benar mengonsumsi seduhan daun teh hijau murni, jika ingin menurunkan berat badan.

Penambahan susu atau madu dapat meningkatkan kandungan kalori di dalam teh hijau. Sementara jeruk nipis memang memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan, tetapi teh hijau yang sudah dicampur dengan jeruk nipis sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat penyakit maag.

4. Hindari Minum Teh Hijau Sebelum Tidur

Jika sedang menjalani program diet, sebaiknya hindari minum teh hijau sebelum tidur. Sebab, teh hijau mengandung kafein, meski jumlahnya tidak sebanyak kopi. Kandungan kafein ini dapat membuat kamu jadi susah tidur jika meminumnya kurang dari 2 jam sebelum tidur. Oleh karena itu, hindari minum teh hijau sebelum tidur untuk mencegah insomnia.

Kurang tidur justru akan mengacaukan proses metabolisme tubuh, sehingga pembakaran lemak di dalam tubuh tidak optimal. Jadi sebaiknya minumlah teh hijau setelah makan malam. Itu artinya, kamu harus makan malam kurang dari 4 jam sebelum waktu tidur. Setelah makan, minumlah teh hijau yang baru diseduh.

Baca juga: Di Antara Banyak Jenis Teh, Mana yang Lebih Sehat?

5. Jangan Hanya Mengandalkan Teh Hijau

Berbagai cara minum teh hijau yang telah dijelaskan tadi memang bisa membantu proses menurunkan berat badan. Namun, perlu diketahui bahwa teh hijau bukanlah jalan pintas untuk memiliki berat badan yang ideal, sehingga kamu sebaiknya tidak hanya mengandalkan teh hijau.

Teh hijau memang mengandung epigalokatekin galat (EGCG) untuk memproduksi hormon yang mampu mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh, tapi kamu juga harus memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi. Layaknya seorang yang sedang diet, kamu harus mengurangi makanan berlemak dan berkalori tinggi. Selain itu, kamu juga harus rutin berolahraga untuk mempercepat proses pembakaran lemak dan kalori di dalam tubuh.

Referensi:

Medical News Today (Diakses pada 2019). Does green tea help weight loss?

Healthline (Diakses pada 2019). How Green Tea Can Help You Lose Weight

Prevention (Diakses pada 2019). 5 Ways To Drink Green Tea For Weight Loss