• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Terapkan Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Demam Berdarah

Terapkan Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Demam Berdarah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Demam berdarah adalah salah satu penyakit yang sering terjadi di Indonesia. Penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk pembawa virus dengue. Jika seseorang mengidap gangguan ini, ia harus mendapatkan perawatan segera. Pasalnya, jika dibiarkan begitu saja, penyakit ini bisa berakibat fatal.

Penyebaran dari penyakit ini sangat mudah terjadi ketika curah hujan tinggi, karena banyak tempat yang dapat menjadi lokasi nyamuk untuk berkembang biak. Dengan begitu, kamu harus tahu beberapa cara yang efektif untuk cegah demam berdarah.

Baca juga: Ini Cara Mencegah Gejala DBD yang Harus Diketahui

Cegah Demam Berdarah Melalui Gaya Hidup Sehat

Demam berdarah adalah virus yang ditularkan oleh nyamuk dan kasusnya tercatat lebih dari 390 juta orang pada setiap tahunnya. Umumnya, penyakit ini dapat menyebar luas di negara-negara tropis. Gejala yang umum yang timbul saat seseorang mengidap demam berdarah adalah demam, sakit kepala yang parah, nyeri pada sendi, kehilangan nafsu makan, hingga ruam pada kulit.

Belum ada pengobatan khusus yang dapat dilakukan untuk mengatasi demam berdarah. Hal yang umum dilakukan untuk membuat gangguan tidak menjadi lebih buruk adalah menjaga asupan cairan yang cukup dan beristirahat yang banyak. Setelah melakukan ini, umumnya seseorang yang mengidapnya akan pulih dalam kurun waktu dua minggu setelahnya.

Dengan belum adanya vaksin atau obat yang dapat menyembuhkan, penting untuk mengetahui beberapa cara yang efektif untuk cegah demam berdarah. Sehingga, penyakit yang kerap menimbulkan nyeri pada sendi sebagai salah satu gejalanya dapat dihindari. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk cegah terjadinya demam berdarah:

  1. Hindari Genangan Air

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya demam berdarah adalah dengan menghindari genangan air di sekitar rumah. Dengan menerapkan hal ini, kamu dapat menghindari nyamuk untuk berkembang biak. Jika air akan digunakan kelak, cobalah untuk menutup rapat penampungan air tersebut. Selain itu, cobalah untuk membersihkan bak air secara berkala agar tidak ada jentik nyamuk yang berkembang biak.

Baca juga: Lakukan Hal Ini untuk Mengobati Gejala Demam Berdarah

  1. Gunakan Losion Anti Nyamuk dan Kelambu

Nyamuk adalah satu-satunya penyebab dari demam berdarah melalui gigitannya. Maka dari itu, penting untuk menggunakan losion anti nyamuk setiap hari, terutama jika kamu akan beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, nyamuk lebih sering menggigit pada malam hari, cobalah untuk menghindari gigitannya dengan menggunakan kelambu saat tidur.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara mencegah demam berdarah yang efektif. Dengan mendapatkan saran langsung dari ahlinya, kamu tidak perlu lagi ragu untuk melakukannya. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

  1. Menggunakan Pakaian Panjang

Kamu juga dapat menggunakan pakaian panjang guna untuk menghindari gigitan nyamuk penyebab demam berdarah. Dengan begitu, nyamuk lebih sulit untuk menemukan kulit untuk digigit karena semua bagian tubuh tertutup oleh pakaian tersebut. Jika kamu wajib menggunakan seragam tertentu dengan lengan pendek, ada baiknya menggunakan luaran dengan lengan yang panjang agar menutup area tangan.

Baca juga: Catat, Ini 6 Fakta Penting Tentang Demam Berdarah

Itulah beberapa gaya hidup sehat yang dapat kamu terapkan untuk cegah terjadinya demam berdarah dengan menghindari gigitan nyamuk. Dengan menerapkan kebiasaan baik tersebut, diharapkan risiko dari penyakit tersebut benar-benar menurun. Sehingga, kesehatan tubuh secara keseluruhan tetap terjaga.

Referensi:
Health Xchange. Diakses pada 2020. How to Protect Yourself From Dengue Fever.
Passport Health. Diakses pada 2020. Dengue Fever Prevention.