Benarkah Stres Jadi Pemicu Metroragia? Ini Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Juni 2023

“Ada banyak faktor yang bisa memicu metroragia, salah satunya adalah stres. Hal itu karena stres bisa memengaruhi hormon reproduksi yang memengaruhi siklus menstruasi.”

Benarkah Stres Jadi Pemicu Metroragia? Ini FaktanyaBenarkah Stres Jadi Pemicu Metroragia? Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Metroragia adalah kondisi ketika seorang wanita mengalami perdarahan dari vagina di luar siklus menstruasinya. Meskipun perdarahan tersebut biasanya bersifat ringan, tapi bisa juga berat dan terkadang disertai kram perut. Hal itu tentu akan mengganggu aktivitas wanita.

Nah, ada banyak faktor yang bisa memicu terjadinya metroragia, salah satunya adalah stres. Dengan mencari tahu hubungan stres dan metroragia, kamu bisa menentukan langkah-langkah untuk mencegahnya. Simak ulasan selengkapnya di sini!

Alasan Stres Bisa Memicu Metroragia

Benar bahwa stres merupakan salah satu pemicu metroragia. Hal itu karena stres bisa memengaruhi kadar hormon wanita. 

Ketika kamu stres, tubuh memproduksi hormon kortisol yang menyebabkan respons fight or flight. Pelepasan hormon tersebut bisa memengaruhi sistem lain dalam tubuh, seperti sistem kekebalan dan pencernaan.

Hormon kortisol yang tinggi akibat stres juga bisa memengaruhi keseimbangan hormon reproduksi, seperti estrogen dan progesteron, yang bertanggung jawab atas regulasi siklus menstruasi. Itulah mengapa adanya gangguan pada keseimbangan hormon tersebut bisa menyebabkan perdarahan yang tidak teratur atau berlebihan, seperti metroragia.

Stres juga membuat tubuh melepaskan enzim alfa-amilase, enzim yang terkait dengan masalah kesuburan. Konsentrasi enzim yang tinggi bisa menyulitkan wanita untuk hamil.

Itulah mengapa penting bagi wanita untuk menemukan cara yang efektif untuk mengelola stres dengan baik. Namun, meskipun stres bisa berkontribusi pada metroragia, ingat bahwa ada banyak faktor lain yang bisa menyebabkan gangguan menstruasi tersebut.

Beberapa faktor lain yang bisa memengaruhi metroragia termasuk gangguan hormonal, polip rahim, fibroid rahim, endometriosis, kelainan tiroid, perubahan berat badan yang drastis, dan gangguan pembekuan darah. 

Oleh karena itu, bila kamu mengalami metroragia, penting untuk menemui dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat. Selain metroragia, ada juga 4 Masalah Menstruasi yang Perlu Diperiksakan ke Dokter.

Tips Mengatasi Stres untuk Wanita

Stres tidak jarang dialami oleh para wanita. Penyebabnya bisa berbagai macam, mulai dari masalah di pekerjaan, masalah dalam rumah tangga, tantangan membesarkan anak, dan lain-lain. 

Namun, seperti yang sudah kamu ketahui, stres bisa menyebabkan berbagai macam dampak buruk bukan hanya pada kesehatan mental, tapi juga fisik. Bagi wanita, kondisi mental tersebut bisa mengganggu siklus menstruasi.

Karena itu, berikut beberapa pilihan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres:

1. Bersosialisasi

Carilah waktu untuk bersosialisasi dengan teman, pasangan, atau orang terdekat lainnya. Kamu bisa menceritakan keluh kesah atau kekhawatiran kamu pada mereka dan mendapatkan dukungan. Dengan begitu, kamu bisa merasa sedikit lega dan suasana hati bisa membaik.

2. Jadilah aktif

Olahraga bisa meningkatkan endorfin, hormon yang meningkatkan suasana hati. The American Heart Association merekomendasikan latihan aerobik sedang 30 menit per hari, lima hari seminggu.

Atau kamu juga bisa meningkatkan aktivitas dengan menerapkan aturan “20-2-8”, yaitu setelah duduk selama 20 menit, berdiri lah selama delapan menit dan dua menit untuk berjalan. Kalau bisa, usahakan untuk berjalan setidaknya 10.000 langkah per hari. 

3. Latihan makan dengan penuh perhatian

Bila kamu terbiasa menghilangkan stres dengan makanan, pastikan kamu tetap memilih makanan sehat. Sebaiknya sebelum memesan makanan atau pergi keluar untuk makan, pikirkan dengan baik makanan apa yang sehat dan ingin kamu makan.

4. Coba lihat dari sisi positif

Penelitian menunjukkan bahwa sikap optimis bisa meningkatkan kesehatan. Jadi, hindarilah memikirkan kemungkinan terburuk, tapi cobalah untuk berpikir positif mengenai segala sesuatu. Cobalah juga untuk mensyukuri hal-hal kecil dalam hidup.

5. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Merawat diri itu penting. Terkadang, ada banyak wanita yang sibuk mengurus anak, pasangan mereka dan orang lain, sehingga mereka lupa merawat diri. Jadi, pastikan kamu meluangkan waktu untuk melakukan hobi yang kamu suka, melakukan perawatan untuk memanjakan diri, dan lain-lain.

Itulah penjelasan mengenai stres yang bisa memicu metroragia. Bila kamu mengalami perdarahan vagina di luar waktu menstruasi, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk minta saran kesehatan.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2023. An Overview of Metrorrhagia.
Texas Health Care Obstetrics & Gynecology. Diakses pada 2023. Can Stress Cause Abnormal Uterine Bleeding?
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2023. Stressed Out? 5 Tips for Women to Stay Heart Healthy.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan