Beragam Tips Mencegah Mag Kambuh saat Puasa

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Maret 2024

“Ada beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah sakit mag di bulan puasa. Seperti mulai dari tidak melewatkan sahur, berbuka puasa tepat waktu, tidak makan berlebihan, sampai dengan tidak minum soda saat berbuka puasa.”

Beragam Tips Mencegah Mag Kambuh saat PuasaBeragam Tips Mencegah Mag Kambuh saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Penyakit mag atau dispepsia menggambarkan rasa nyeri pada lambung dan ulu hati yang seseorang rasakan. Hal ini terjadi karena asam lambung yang bersentuhan dengan lapisan mukosa sehingga menyebabkan iritasi dan umum terjadi saat sedang berpuasa. 

Ketika puasa, mag dapat kambuh karena jenis konsumsi makanan atau waktu makan yang berubah dan terbatas. Simak berbagai tips agar kamu terhindar dari sakit mag saat puasa berikut ini!

Gejala yang Terjadi pada Saat Mag

Untuk mengetahui apakah kamu mengalami mag atau tidak, kamu bisa mengecek apakah terdapat gejala-gejala seperti berikut.

  • Mual dan muntah.
  • Rasa asam di mulut.
  • Nyeri ulu hati dan dada.
  • Rasa panas pada perut dan dada.
  • Perut terasa kembung.
  • Sering bersendawa.

Cara Menghindari Mag Saat Puasa

Makanan yang kamu konsumsi ketika sahur dan berbuka bisa berdampak pada terjadinya mag. Sebab itu, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir terjadinya mag saat puasa:

1. Tidak melewatkan sahur

Sahur adalah waktu yang sangat penting untuk memastikan kesehatan tubuh tetap baik selama puasa. Lakukan sahur setiap kamu akan berpuasa agar asam lambung tidak naik dan menyebabkan maag. 

Selain itu, makanan yang kamu konsumsi pada saat sahur juga harus bernutrisi agar bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Selain melakukan beberapa tips ini, sebaiknya kamu juga selalu sediakan obat-obatan untuk pertolongan pertama saat mag menyerang. Temukan rekomendasinya di sini: 

2. Berbuka puasa tepat waktu

Sama halnya seperti sahur, waktu buka puasa juga merupakan waktu yang sangat penting untuk memastikan bahwa asam lambung tidak naik. Asam lambung bisa menumpuk dalam perut ketika kosong.

Jika perutmu tetap kosong padahal sudah memasuki waktunya berbuka, asam lambung bisa naik dan menyebabkan maag. Rasa mual juga bisa ikut serta terasa karena hal ini.

Apabila kamu belum punya waktu untuk memakan makanan besar ketika berbuka, kamu bisa makan dalam porsi yang sedikit dahulu. Kamu bisa meminum air putih dan mengonsumsi kurma dan kemudian melanjutkan makan dalam satu sampai dua jam setelahnya.

3. Tidak makan berlebihan

Makan dalam jumlah banyak di waktu yang sedikit bisa menyebabkan tekanan pada lambung. Kuantitas makanan yang banyak bisa menyebabkan organ pencernaan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna. 

Karena hal ini, asam lambung juga bisa naik. Pastikan kamu makan dengan jumlah yang sesuai, tidak terlalu banyak ataupun sedikit, untuk menghindari maag.

4. Tidak mengonsumsi kafein sebelum makan

Kafein merupakan zat yang bisa meningkatkan produksi asam lambung dalam tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya minuman atau makanan yang mengandung kafein tidak kamu konsumsi dengan perut kosong.

Pastikan nutrisi lain sudah masuk terlebih dahulu sebelum mengonsumsi kafein. Selain itu, kamu juga bisa membatasi minuman berkafein yang kamu konsumsi ketika berpuasa. 

5. Menghindari langsung tidur setelah makan

Ahli medis menyarankan bahwa seseorang sebaiknya tidak berbaring atau tidur langsung setelah mereka makan. Jika melakukan hal ini, pencernaan dapat mengalami masalah dan maag bisa terjadi. Sebaiknya, kamu berbuka dua sampai tiga jam sebelum kamu tidur agar tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan.

6. Menghindari makanan yang terlalu asam dan pedas

Makanan dengan rasa asam dan pedas yang sangat tinggi bisa berdampak buruk pada asam lambung. Makanan-makanan ini juga bisa memicu maag karena rasanya yang kuat. 

Sebaiknya kamu mengurangi porsi yang kamu konsumsi atau mengurangi kuantitas konsumsinya dalam seminggu. Sebagai pengganti, kamu bisa memperbanyak makanan yang rendah asam seperti nasi, sayur, ikan, atau buah seperti pisang. 

7. Jangan minum soda saat berbuka puasa

Jika kamu melihat minuman satu ini dihidangkan saat acara berbuka puasa, sebaiknya kamu jangan mendekat. Sebab soda dan minuman berkarbonasi lainnya dapat meningkatkan kadar asam lambung. 

Tak berhenti sampai di situ, minum minuman bersoda juga menyebabkan asam dari perut naik ke tenggorokan sehingga kamu dapat merasakan tenggorokanmu terbakar. 

Itulah beberapa tips untuk menghindari maag saat puasa. Kalau kamu memiliki pertanyaan atau keluhan seputar topik ini, jangan ragu untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Kini, kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja.

Kamu juga bisa temukan  beragam obat, suplemen, dan produk  kesehatan lainnya di  Toko Kesehatan Halodoc.

Produk kesehatannya 100% asli dan tepercaya, diantar dalam waktu 1 jam, privasi dalam kemasan terjaga dengan baik.

Referensi: 
Rivas Digestive Center. Diakses pada 2024. 5 Tips to Control Acid Reflux Symptoms.
WebMD. Diakses pada 2022. Indigestion (Dyspepsia)
WeFast. Diakses pada 2023. Will You Experience Acid Reflux While Fasting?
WebMD. Diakses pada 2023. What Is Acid Reflux Disease?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan