Ini 5 Pilihan Obat untuk Mengatasi Maag saat Puasa

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Maret 2024

“Kondisi perut kosong di atas 12 jam dapat memicu sakit maag. Kamu bisa mengonsumsi obat maag seperti Inpepsa Suspensi, Mylanta Sirup, Polysilane Suspensi, Promag Tablet, hingga Sanmag Suspensi di Toko Kesehatan Halodoc.”

Ini 5 Pilihan Obat untuk Mengatasi Maag saat PuasaIni 5 Pilihan Obat untuk Mengatasi Maag saat Puasa

DAFTAR ISI

Halodoc, Jakarta – Selama Ramadan banyak rutinitas yang berubah, termasuk pola makan. Maag yang kambuh saat sedang berpuasa tentu membuatmu merasa tidak nyaman hingga terganggunya aktivitas lain. Sebab itulah, kamu harus mengonsumsi obat untuk mengatasi maag. 

Mau tahu rekomendasi obat maag yang ampuh? Simak ulasannya disini!

Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Maag

Ada beberapa obat yang bisa digunakan untuk mengatasi maag, di antaranya:

1. Inpepsa Suspensi 200 ml

Inpepsa adalah sediaan suspensi yang mengandung sukralfat dan dapat mengatasi sakit maag yang sedang dialami. Obat ini juga digunakan sebagai pengobatan jangka pendek dan jangka panjang untuk kasus tukak lambung, gastritis kronis, dan tukak usus. 

Mekanisme kerja dari sukralfat adalah membentuk sawar yang berperan sebagai pelindung untuk mukosa lambung, sehingga iritasi akibat asam lambung bisa berkurang. 

Orang dewasa bisa mengonsumsinya 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan. Untuk dosis pemberiannya yaitu 2 sendok takar (10 ml) 4 kali sehari.

Kisaran harga: Rp142.100 per botol.

Dapatkan Inpepsa Suspensi 200 ml di Toko Kesehatan Halodoc. Obatnya dikirim dari apotek tepercaya!

Gratis ongkir (s.d.) Rp. 22rb, dengan minimum transaksi Rp. 80rb, berlaku untuk semua produk di Toko Kesehatan Halodoc. Periodenya berlaku: 25 Feb – 9 Apr 2024.

2. Mylanta Sirup 50 ml

Obat untuk mengatasi maag selanjutnya adalah Mylanta sirup. Obat ini mengandung Aluminium hidroksida, Magnesium hidroksida, dan simetikon. 

Kombinasi ketiga zat aktif ini bekerja meredakan nyeri lambung dengan menetralkan asam di lambung, sehingga iritasi berkurang. 

Berikut ini adalah dosis pemberian Mylanta sirup:

  • Anak 6-12 tahun: ½-1 sendok takar (2,5-5 ml) diminum 3-4 kali sehari.
  • Anak lebih dari 12 tahun dan dewasa: 1-2 sendok takar (5-10 ml) diminum 3-4 kali sehari. 

Kamu bisa mengonsumsinya 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan. Jangan gunakan obat ini pada anak dengan usia di bawah 6 tahun. 

Selain mengonsumsi obat maag, kamu juga bisa mencoba menu buka puasa sehat. Ini rekomendasinya: “Cegah Maag Kambuh, Coba 4 Menu Buka Puasa Ini!

Rentang harga: Rp18.100 – Rp18.300 per botol.

Dapatkan Mylanta Sirup 50 ml di Toko Kesehatan Halodoc. Praktis, tak perlu keluar rumah, dan obatnya dikirim dari apotek tepercaya.

3. Polysilane Suspensi 100 ml

Polysilane adalah obat yang digunakan untuk mengatasi maag dan perut kembung. Kandungan obat ini antara lain Aluminium hidroksida, Magnesium hidroksida, dan Dimetilpolisiloksan. 

Dokter juga sering mengindikasikan obat ini untuk mengatasi gejala pada kondisi gastritis, tukak usus 12 jari, tukak lambung, naiknya asam lambung, dan nyeri ulu hati. 

Polysilane sirup tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh anak di bawah 6 tahun. Sedangkan untuk yang usianya di atas itu bisa mengikuti dosis penggunaan ini:

  • Anak 6-12 tahun: 2,5-5 ml diminum 3-4 kali sehari.
  • Anak lebih dari 12 tahun dan dewasa: 5-10 ml diminum 3-4 kali sehari. 

Obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terus menerus hingga lebih dari 2 minggu. Jika kamu juga mengonsumsi obat lambung lainnya seperti simetidin atau antibiotik tetrasiklin, berikan jarak 1-2 jam. 

Rentang harga: Rp27.900 – Rp31.000 per botol.

Dapatkan Polysilane Suspensi 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc. Pesanan kamu akan sampai dalam satu jam!

4. Promag 10 Tablet

Gejala-gejala yang berhubungan dengan asam lambung berlebih, tukak lambung, nyeri ulu hati, kembung, dan tukak usus 12 jari dapat diatasi dengan Promag tablet. 

Sebaiknya kamu mengonsumsi obat ini segera saat gejala mulai muncul. Setelah itu, baru dilanjutkan 2 jam jam sebelum atau sesudah makan. Ikuti dosis pemberian berikut ini:

  • Anak 6-12 tahun: ½-1 tablet dikunyah 3-4 kali sehari.
  • Anak lebih dari 12 tahun dan dewasa: 1-2 tablet dikunyah 3-4 kali sehari. 

Rentang harga: Rp9.600 – Rp9.700 per strip. 

Dapatkan Promag 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 100% produknya asli!

5. Sanmag Suspensi 120 ml

Sanmag suspensi adalah obat maag yang mengandung Aluminium hidroksida, Magnesium trisilicate, dan simethicone. Obat ini tersedia dalam bentuk sirup yang ampuh menangani gejala naiknya asam lambung, tukak lambung, gastritis, tukak usus 12 jari, dan nyeri ulu hati. 

Dengan adanya kombinasi Aluminium hidroksida dan Magnesium trisilicate mampu menetralkan asam di lambung, sehingga nyeri lambung bisa berkurang. 

Kembung dan Rasa penuh di lambung juga dapat diobati dengan obat ini karena mengandung simethicone sebagai anti kembung. 

Kamu bisa mengonsumsi 1-2 sendok takar (5-10 ml) sebanyak 3-4 kali sehari. Berikan obat ini saat kondisi perut masih kosong atau 2 jam setelah makan. 

Rentang harga: Rp36.500 – Rp37.300 per botol.

Dapatkan Sanmag Suspensi 120 ml di Toko Kesehatan Halodoc. GRATIS ongkir dan 100% produknya asli!

Itulah rekomendasi obat yang dapat mengatasi maag saat puasa. Sekarang, kamu bisa dapatkan obat-obatan dengan praktis dan cepat melalui Toko Kesehatan Halodoc. Produknya akan dikirim dari apotek tepercaya. 

Referensi:
Cleveland and Clinic. Diakses pada 2024. Fasting and Digestive Disorders. 
Healthline. Diakses pada 2024. 9 Potential Intermittent Fasting Side Effects.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan