• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berapa Lama Waktu Penyembuhan Campak?

Berapa Lama Waktu Penyembuhan Campak?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Campak adalah infeksi virus yang paling sering terjadi pada anak-anak. Penyakit tersebut bisa menimbulkan sejumlah gejala yang tidak nyaman, bahkan terkadang menyebabkan komplikasi serius.

Infeksi virus campak juga sangat menular, sehingga anak atau orang dewasa yang terkena penyakit tersebut dianjurkan untuk mengisolasi diri di rumah sampai benar-benar sembuh sepenuhnya. Ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati campak. Lantas, berapa lama waktu yang diperlukan untuk sembuh dari campak?

Tahapan Infeksi Virus Campak

Campak disebabkan oleh virus yang berkembang biak di hidung dan tenggorokan anak atau orang dewasa yang terinfeksi. Penyebaran virus tersebut bisa terjadi bila pengidap campak batuk, bersin atau berbicara, lalu percikan liur (droplets) yang menyembur ke udara terhirup oleh orang lain. Kamu juga bisa tertular virus campak bila memasukkan jari ke dalam mulut atau hidung, atau menggosok mata setelah menyentuh permukaan barang yang terkontaminasi oleh liur pengidap.

Saat tertular virus, masa inkubasi virus tersebut hingga menimbulkan gejala adalah sekitar 10-14 hari. Kemudian, campak biasanya dimulai dengan gejala berupa demam ringan hingga sedang, dan sering disertai batuk, pilek, mata meradang (konjungtivitis), dan sakit tenggorokan. Gejala campak yang relatif ringan ini bisa berlangsung selama 2-3 hari.

Setelah itu, muncul ruam berupa bintik-bintik merah kecil yang beberapa di antaranya sedikit menonjol. Ruam yang menjadi gejala khas campak tersebut biasanya muncul dalam 14 hari setelah terpapar virus dan bisa bertahan hingga 7 hari. Ruam biasanya pertama kali muncul di kepala dan perlahan menyebar ke bagian tubuh lainnya, disertai dengan demam tinggi. Setelah beberapa hari, ruam campak berangsur-angsur mereda, pertama ruam pada wajah yang menghilang dan terakhir dari paha dan kaki.

Segera hubungi dokter bila kamu atau anak kamu merasa mungkin terkena campak. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter dan membeli obat-obatan yang kamu perlukan.

Baca juga: Mirip, Ini Bedanya Campak, Cacar Air, dan Rubella

Waktu Penyembuhan Campak

Meskipun campak menimbulkan gejala yang tidak nyaman, tapi virus dan gejalanya biasanya bisa menghilang dalam waktu sekitar 2-3 minggu.

Setelah kamu terkena campak, tubuh akan membangun kekebalan terhadap virus, sehingga sangat kecil kemungkinannya kamu bisa mengalami penyakit tersebut lagi.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Campak Diperiksakan ke Dokter?

Tidak ada pengobatan khusus untuk campak. Karena disebabkan oleh virus, campak juga tidak bisa diobati dengan antibiotik. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah campak atau mengurangi tingkat keparahannya:

  • Pemberian Vaksin Campak

Orang-orang yang belum mendapatkan vaksin campak, termasuk bayi, bisa diberikan vaksinasi campak dalam waktu 72 jam setelah terpapar virus untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit tersebut.

  • Pemberian Imun Serum Globulin

Wanita hamil, bayi dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah yang terkena campak bisa mendapatkan suntikan protein (antibodi) yang disebut imun serum globulin. Bila diberikan dalam waktu 6 hari setelah terpapar virus, antibodi ini bisa mencegah atau meredakan gejala campak.

Selain itu, dokter juga menyarankan kamu untuk melakukan cara-cara berikut agar cepat sembuh:

  • Minum acetaminofen atau ibuprofen untuk menurunkan demam.
  • Banyak beristirahat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan. 
  • Minum banyak cairan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat demam dan berkeringat.
  • Gunakan alat pelembap ruangan atau humidifier untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan.
  • Minum suplemen vitamin A untuk mengurangi keparahan campak, terutama bagi anak-anak yang kurang vitamin A.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dihindari saat Kena Campak

Nah, itulah penjelasan mengenai waktu yang diperlukan untuk sembuh dari campak. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan solusi kesehatan terlengkap dengan mudah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About the Measles.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Measles.
National Health Service. Diakses pada 2020. Measles.