Berbagai Jenis Behel Gigi dan Cara Perawatannya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Februari 2022

“Tertarik untuk menggunakan behel? Sebaiknya ketahui dulu jenis-jenisnya. Saat ini, ada banyak jenis behel yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan.”

Berbagai Jenis Behel Gigi dan Cara PerawatannyaBerbagai Jenis Behel Gigi dan Cara Perawatannya

Halodoc, Jakarta – Behel atau kawat gigi adalah alat yang membantu memperbaiki masalah pada gigi. Misalnya gigi berjejal, gigi bengkok, atau gigi yang tidak sejajar. Banyak orang memasang kawat gigi ketika mereka remaja, tetapi orang dewasa juga bisa memasangnya.

Meski fungsinya sama, behel memiliki cukup banyak jenis. Kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan atau keinginan. Yuk, simak lebih lanjut!

Jenis-Jenis Behel

Behel adalah cara paling populer untuk meluruskan gigi dan memperbaiki gigitan yang tidak sejajar pada anak-anak. Meski disebut “kawat gigi”, tidak semua jenis behel memakai kawat.

Saat ini, ada banyak pilihan behel yang tersedia. Berikut ini di antaranya:

1. Behel Logam/Tradisional

Behel ini terbuat dari logam. Berupa braket yang dipasang di bagian depan gigi atau pita yang pas di sekitar setiap gigi. Disertai kabel fleksibel atau kabel lengkung yang menahan braket atau pita bersama-sama.

Beberapa juga dilengkapi dengan karet atau ikatan logam yang menghubungkan braket ke kawat. Karet ini menciptakan lebih banyak tekanan untuk membantu meluruskan dan menyelaraskan gigi.

Terkadang, dokter gigi akan meminta untuk memakai alat yang disebut tutup kepala di malam hari. Ini memberikan tekanan tambahan untuk membantu meluruskan gigi. Kamu bisa memakainya dan melepasnya.

2. Behel Keramik

Braket pada kawat gigi tradisional sekarang juga dibuat dari keramik sewarna gigi, sehingga tidak terlalu terlihat mencolok. Ini juga dapat dibuat dengan baja tahan karat, bahan bening, atau emas.

3. Behel Lingual

Behel jenis ini dipasang di bagian belakang gigi, menghadap ke lidah. Ini cocok bagi kamu yang ingin memakai behel, tapi tidak ingin terlihat memakainya.

4. Clear Aligner

Kamu mungkin juga mendengarnya disebut sebagai kawat gigi tak terlihat. Behel jenis ini terbuat dari bahan plastik bening yang dirancang pas di gigi. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan tekanan untuk menggerakkan gigi dengan lembut ke posisi yang benar dan meluruskan senyum.

Berbeda dengan behel jenis lain, clean aligner harus dilepas saat makan, menyikat gigi, atau menggunakan benang gigi. Namun, ini harus dikenakan setidaknya dalam 22 jam setiap hari agar bisa berfungsi.

Dokter gigi juga dapat memasangkan bahan tambahan sewarna gigi pada gigi untuk menahan aligner pada tempatnya.

Tips Perawatan Penting 

Untuk merawat gigi selama penggunaan behel, penting untuk rutin menyikat gigi dan menggunakan benang gigi. Dokter gigi biasanya merekomendasikan penggunaan sikat gigi berukuran kecil untuk menyikat gigi pasca pemasangan behel.

Sikat berukuran kecil dapat dengan mudah menjangkau semua area, memungkinkan penyikatan yang lebih halus dan menyeluruh. Bulu nilon yang dipoles dengan permukaan sikat yang lembut dan rata biasanya lebih disukai. Namun, sikat khusus dengan detail yang lebih halus mungkin direkomendasikan oleh dokter gigi.

Menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride sangat penting karena fluoride melindungi gigi dari kerusakan gigi. Menjaga kebersihan mulut yang baik dalam kondisi normal mungkin memerlukan penyikatan dua kali sehari.

Namun, ketika behel sedang digunakan, biasanya disarankan agar menyikat dilakukan setidaknya lima kali sehari. Dengan setiap sesi menyikat berlangsung setidaknya lima menit.

Selain itu, perhatikan juga jenis makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan bertekstur keras, lengket, dan makanan manis.

Tak kalah penting juga untuk pergi ke dokter gigi secara berkala. Seberapa sering perlu ke dokter gigi akan ditentukan oleh dokter, tergantung kondisi masing-masing orang. Dokter gigi akan melakukan pengecekan terhadap behel. Bila perlu juga menyesuaikannya agar tetap bisa berfungsi dengan baik.

Itulah pembahasan mengenai jenis-jenis behel dan perawatannya. Pastikan untuk mengingat tips perawatannya, ya! Jika mengalami masalah gigi dan dokter meresepkan obat, kamu bisa download Halodoc untuk cek kebutuhan medis kamu dengan mudah.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Braces.
Healthline. Diakses pada 2022. Braces in Adults.
News Medical Life Sciences. Diakses pada 2022. Taking Care of Your Teeth with Braces.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan