Berbagai Jenis Makanan yang Menyehatkan Burung Kutilang

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   13 Agustus 2021
Berbagai Jenis Makanan yang Menyehatkan  Burung KutilangBerbagai Jenis Makanan yang Menyehatkan  Burung Kutilang

“Di alam liar, burung kutilang dikenal sebagai hewan omnivora, artinya ia bisa makan apa saja yang ia temukan. Namun, buah-buahan lunak seperti pepaya dan pisang adalah makanan sehat yang jadi favorit mereka. Selain itu, mereka juga bisa diberikan serangga sebagai sumber nutrisi. Untuk burung kutilang peliharaan pun, pakan pabrikan bisa diberikan untuk memastikan mereka tetap sehat.” 

Halodoc, Jakarta -Pengetahuan manusia tentang nutrisi untuk burung terus berkembang. Ini karena banyak jenis burung kini dijadikan hewan peliharaan, maka kesadaran untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidupnya melalui makanan pun terbentuk. Seperti semua hewan lain, burung membutuhkan keseimbangan yang tepat dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.

Spesies burung yang berbeda seringkali membutuhkan makanan yang berbeda. Salah satunya adalah burung kutilang yang merupakan burung favorit karena memiliki suara yang merdu. Ingat, nutrisi yang buruk adalah penyebab umum dari banyak masalah kesehatan pada burung kutilang. Kesehatan burung bersuara merdu ini juga tergantung pada seberapa baik mereka diberi makan, jadi kamu harus tahu makanan yang tepat untuk mereka. 

Baca juga: Inilah Fakta Menarik tentang Burung Kutilang

Makanan Terbaik untuk Burung Kutilang

Nutrisi yang tepat biasanya diabaikan, padahal ia sangat penting. Kamu juga harus mendiskusikan kebutuhan nutrisi burung dengan dokter hewan sebab kebanyakan orang menganggap mereka telah memberi makan burung ini dengan makanan yang tepat padahal sebenarnya tidak. 

Secara umum, kutilang tergolong sebagai burung omnivora, sehingga ia mampu mengonsumsi jenis makanan apa saja yang tersedia pada habitat hidupnya di alam liar. Ia bisa makan biji-bijian, buah-buahan dengan tekstur lunak, bahkan serangga. Namun, berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membuatnya sehat:

Pepaya

Para petani menganggap bahwa burung kutilang liar adalah hama karena mereka gemar memakan buah-buahan, salam satunya pepaya.  Buah pepaya adalah salah satu favorit mereka karena buah ini tergolong lunak sehingga mudah dicerna. Tak hanya itu, buah ini juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan air.

Kamu bisa memberi sedikit potongan buah pepaya yang sudah dibelah, tetapi pastikan sudah membuang bijinya karena burung tidak menyukai bagian bijinya. Biji pepaya juga membuat kandang jadi semakin kotor. 

Pisang

Tak hanya pepaya, pisang juga merupakan salah satu buah kesukaan burung ini. Buah pisang tinggi akan kandungan vitamin dan mineral untuk menjaga kebugaran tubuh kutilang sehingga kamu bisa memberikannya lebih sering.

Umumnya, jenis pisang yang diberikan untuk burung kicau adalah jenis pisang kepok. Ada juga sebagian orang yang meyakini bahwa pisang kepok dapat meningkatkan kualitas suara burung kicauan. 

Pastikan membeli pisang kepok yang matang sebab pisang kepok yang masih mentah cenderung punya tekstur keras yang kurang diminati. Namun, kamu juga bisa tetap memberikan pisang kepok yang kurang matang dengan cara dihaluskan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada burung kutilang. 

Serangga

Jika ingin memberikan asupan protein kepada burung ini, maka kamu bisa memberikan pakan serangga. Selain itu, serangga juga diyakini mampu menambah stamina burung, sehingga suaranya bisa semakin bagus. 

Di alam liar, burung kutilang biasa memakan jenis serangga apa saja yang ia temukan, seperti kupu-kupu, ulat, belalang, jangkrik, dan lainnya. Sementara untuk burung kutilang peliharaan bisa makan ulat hongkong, jangkrik, atau kroto segar yang bisa dibeli di toko perlengkapan hewan. Namun, jenis makanan ini hanya perlu diberikan beberapa hari sekali saja. Selain itu, hindari memberikan pakan serangga liar karena ini bisa menjadi racun bagi burung.

Pakan Pabrikan (Voer)

Jika kamu kesulitan menemukan makanan segar, seperti buah-buahan atau serangga, maka memberikan pakan pabrikan atau voer sebagai pakan harian juga bisa jadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung kutilang peliharaan.

Sama halnya dengan pakan biasa, voer ini adalah kombinasi dari berbagai jenis makanan burung, seperti ekstrak buah-buahan, serangga, madu, dan bahan tambahan lain yang dicampur jadi satu. Bahkan beberapa pakan pabrikan juga menggunakan aroma pisang yang merupakan makanan favorit burung kutilang sehingga mereka lebih lahap mengonsumsinya. Selain itu, kamu juga perlu memberikan sedikit demi sedikit saja untuk menyesuaikan selera makan dari burung kutilang.

Air Minum

Tidak hanya makanan saja yang yang perlu diperhatikan, asupan air minum juga harus selalu tersedia setiap saat di dalam kandang burung kutilang. Hal ini bermanfaat mencegah burung dehidrasi sekaligus melancarkan pencernaannya.

Jangan lupa juga untuk selalu mengganti dan membersihkan wadah air minum burung kutilang setiap hari. Pasalnya, wadah ini rentan kotor karena juga dipakai burung untuk mereka mandi. Dengan menjaga kebersihan wadah minum, dapat mencegah kutilang dari berbagai risiko penyakit.

Baca juga: 5 Tips Agar Burung Kutilang Berkicau Merdu

Itulah beberapa makanan terbaik untuk burung kutilang. Namun, jika kamu memelihara hewan lain di rumah seperti anjing atau kucing, kini kamu bisa beli pakan hewan di Halodoc. Apalagi dengan layanan antar, kamu bisa mendapatkan pakan hewan tanpa perlu keluar rumah dan pesanan kamu akan tiba kurang dari satu jam. Praktis bukan? Yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem. Diakses pada 2021. Burung Kutilang (Pycnonotus aurigaster) Cucak Terpopuler.
Pet Pintar. Diakses pada 2021. Mau Cepat Gacor? Ini 6 Jenis Makanan Burung Kutilang Yang Bagus Dan Berkualitas.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan