Berbagai Tips Mencegah Kusta yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Januari 2023

“Kusta adalah salah satu penyakit yang rentan terjadi pada anak-anak dan dapat menyebabkan gangguan berbahaya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah gangguan ini, salah satunya mendapatkan vaksin.”

Berbagai Tips Mencegah Kusta yang Perlu DiketahuiBerbagai Tips Mencegah Kusta yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Pada tahun 2020, Indonesia masih menjadi salah satu penyumbang kasus kusta terbesar di dunia menurut WHO. Tercatat sebanyak 9.061 kasus baru dari penyakit ini ditemukan di Indonesia. Meski sebetulnya mengalami penurunan, sayangnya angka ini masih jauh dari target pemerintah.

Faktanya, kusta adalah penyakit yang rentan terjadi pada anak. Mengutip data dari Kementerian Kesehatan pada 13 Januari 2021, angka kasus gangguan ini pada anak-anak mencapai 9,14 persen. Maka dari itu, setiap orang tua perlu tahu cara mencegah kusta sebelum menyerang anak.

Cara Pencegahan Kusta yang Perlu Diterapkan

Kusta atau disebut juga leprosy, adalah gangguan infeksi kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae.

Gangguan ini dapat memengaruhi kulit dan saraf tangan, kaki, mata, hingga lapisan hidung. Kusta juga dapat menyerang bagian organ dalam tubuh.

Gangguan ini rentan menyerang anak-anak karena sistem imunitasnya yang masih lemah. 

Pada anak yang mengalaminya perlu segera mendapatkan pengobatan, sebab kusta dapat menyebabkan banyak masalah, seperti kelainan bentuk tangan dan kaki, kebutaan, hingga gagal ginjal.

Lalu, bagaimana sih cara pencegahan kusta yang efektif dilakukan?

Sejauh ini masih belum diketahui cara penularan kusta, tetapi bakteri penyebabnya dipercaya bisa menyebar melalui saluran pernapasan.

Jadi, kamu bisa tertular saat menghirup tetesan air liur orang yang terinfeksi saat batuk atau bersin.

Risiko tertular penyakit ini lebih mungkin terjadi saat kamu melakukan kontak yang dekat dan lama dengan seseorang yang terinfeksi.

Bahkan, ibu hamil yang terinfeksi dapat menyebabkan terjangkitnya infeksi ini pada janin di dalam kandungan.

Untungnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kusta, yaitu:

1. Pemberian obat

Tindakan ini akan mengggunakan obat yang bertujuan mencegah penyakit atau infeksi. Ada beberapa jenis obat yang bisa dilakukan seperti memberikan dapson, acedapsone, atau single-dose rifampicin (SDR).

Obat ini bisa diberikan pada seseorang yang melakukan kontak dengan pengidap kusta dan harus dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

2. Penguatan imun

Cara pencegahan kusta ini dilakukan dengan memberikan vaksin yang mengandung antibodi pada seseorang yang rentan mengalaminya.

Tindakan ini dapat memberikan perlindungan yang aktif dan pasif.

Untuk kekebalan aktif, perlindungannya didapatkan dengan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi sendiri.

Lalu, kekebalan pasif didapatkan melalui pemberian antibodi yang dibentuk oleh metode tambahan lainnya.

Cara paling ampuh untuk pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari kontak dengan seseorang yang mengidapnya.

Terlebih pada anak-anak yang masih memiliki sistem imunitas lemah. Dukung juga sistem imun tetap prima dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga.

Jika ada seseorang di rumah yang mengidap gangguan ini, alangkah lebih baiknya untuk bertanya pada dokter terkait mendapatkan tindakan chemoprophylaxis atau immunoprophylaxis.

Dengan begitu, perlindungan bisa dilakukan secara efektif sehingga risikonya bisa diturunkan.

Apabila masih memiliki kebingungan terkait cara mencegah kusta, fitur tanya dokter dan janji medis dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya.

Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan interaksi dengan ahli medis kapan dan di mana saja sesuai keinginan. Tunggu apa lagi? Ayo download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Leprosy Information Services. Diakses pada 2023. Prevention of leprosy.
Everyday Health. Diakses pada 2023. What Is Leprosy? Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment, and Prevention.
Medical Microbiology 4th edition. Diakses pada 2023. Immunoprophylaxis.
Dinkes Situbondo. Diakses pada 2023. OJT Survei Resistensi Obat Kusta.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan