• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbahayakah Sering Keringat Dingin di Malam Hari?

Berbahayakah Sering Keringat Dingin di Malam Hari?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Keringat adalah cairan yang keluar dari tubuh manusia setelah melakukan aktivitas, terutama berolahraga. Jika seseorang mengeluarkan keringat, berarti fungsi biologis dari tubuhnya masih normal dan sehat. Namun, bagaimana jika seseorang mengalami keringat dingin? Gangguan tersebut terjadi ketika tubuh kedinginan tetapi mengeluarkan keringat.

Gangguan tersebut terjadi karena rasa panik dan stres. Lalu, apakah keringat dingin yang terjadi, terutama pada malam hari, dapat menjadi pertanda apabila tubuh mengalami masalah yang berbahaya? Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang gangguan-gangguan yang berhubungan dengan keringat dingin pada malam hari baca selengkapnya di sini!

Baca juga: Awas, Keringat Dingin Bisa Menandai 5 Penyakit Ini

Bahaya Mengalami Keringat Dingin di Malam Hari

Seseorang yang mengalami keringat di malam hari dengan keringat dingin dapat menjadi dua hal yang berbeda. Jika kamu mengidap keringat malam, saat terbangun kamu akan sadar apabila seluruh tubuh, pakaian, seprai, hingga selimut dapat basah oleh keringat dingin. Selain itu, gangguan ini hanya terjadi ketika seseorang tidur.

Jika seseorang mengidap keringat dingin, biasanya bagian yang terasa basah tidak di seluruh tubuh. Hal ini hanya terjadi pada telapak tangan, telapak kaki, dan ketiak. Selain itu, keringat dingin dapat terjadi kapan pun, bahkan pada malam hari. Namun, apakah seseorang yang mengalami keringat dingin pada malam hari dapat langsung dihubungkan dengan gangguan berbahaya?

Salah satu penyebab seseorang mengalami keringat dingin adalah hiperhidrosis. Seseorang yang mengalami gangguan ini akan mendapati dirinya banyak berkeringat setelah olahraga atau cuaca yang panas. Namun, jika hiperhidrosis yang berhubungan dengan keringat dingin dapat terjadi tanpa adanya peringatan atau kegiatan apa pun sebelumnya.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah gangguan keringat dingin jika terjadi bersamaan dengan gejala lainnya. Beberapa penyakit yang terbilang parah hingga dapat menyebabkan pengidapnya kehilangan nyawa dapat menimbulkan gejala keringat dingin. Berikut adalah beberapa penyakit berbahaya yang dapat terjadi ketika seseorang kerap mengalami keringat dingin:

  1. Sepsis

Salah satu penyebab seseorang mengalami keringat dingin dan mungkin di malam hari adalah karena tubuh mengalami infeksi atau sepsis. Hal ini disebabkan oleh bakteri atau virus yang menyerang jaringan tubuh. Salah satu gejala dari sepsis adalah terjadinya keringat dingin, yaitu demam tinggi dan disertai keluarnya keringat. Gejala lainnya adalah pernapasan yang cepat, sulit bernapas, hingga hilang kesadaran. Jika kamu mengalaminya, ada baiknya memeriksakan diri.

Baca juga: Sering Berkeringat Dingin, Bahayakah?

  1. Serangan Jantung

Kamu juga dapat mengalami keringat dingin sebagai gejala dari serangan jantung. Seseorang dapat mengalami penyakit ini kapan saja, tidak terkecuali pada malam hari. Beberapa gejala lainnya yang perlu diperhatikan agar dapat memastikan jika seseorang mengalami serangan jantung adalah kesulitan bernapas, rasa sakit pada dada, dan tubuh yang terasa akan pingsan. Masalah ini sangat fatal, maka dari itu penting untuk memeriksakannya secara dini.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui tentang gangguan keringat dingin yang terjadi pada malam hari. Seseorang yang mengidap keringat dingin mempunyai kemungkinan disebabkan oleh masalah kesehatan yang fatal. Dengan begitu, penting untuk memastikan gangguan yang terjadi dengan melihat gejala lainnya.

Baca juga: Kenali Penyebab Keringat Berlebih di Malam Hari

Selain itu, kamu dapat bertanya tentang gangguan keringat dingin yang terjadi pada dokter dari Halodoc. Caranya mudah sekali, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan kemudahan akses kesehatan yang tidak terhingga.

Referensi:
Health Line. Diakses pada 2020. What Causes Cold Sweats and What Can You Do About It?
Very Well Health. Diakses pada 2020. Causes and Treatment of Cold Sweats.