• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berkebun dan Memasak Bisa Menjaga Kesehatan Mental

Berkebun dan Memasak Bisa Menjaga Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Berkebun dan memasak adalah salah satu kegiatan yang paling diminati, terutama selama masa pandemi COVID-19. Kedua kegiatan ini memberikan manfaat bagi kesejahteraan diri, terutama mental. Berkebun dan memasak juga bisa membuat berat badan yang sehat dan tingkat tekanan darah yang normal. Selain itu, berkebun dan memasak juga mampu meningkatkan mood dan menjaga kesehatan mental. 

Berkebun atau memasak dapat mencapai kepuasan pribadi, sekaligus memberikan rezeki untuk kamu, teman, dan keluarga. Kedua kegiatan ini bisa menjadi usaha kreatif. Hanya saja, memang untuk melakukan kedua kegiatan ini kembali lagi pada passion masing-masing orang. Jika kamu berminat untuk melakukannya, maka inilah manfaat yang dapat kamu rasakan:

Baca juga: Ajarkan Anak untuk Cinta Alam, Ini Caranya

  • Menghilangkan Stres

Berkebun dan memasak secara positif berkorelasi dengan penurunan gejala depresi dan kecemasan. Kegiatan berkebun dan memasak kerap dilakukan sebagai bentuk rehabilitasi bagi orang yang baru pulih dari cedera, stroke, pasca pembedahan, dan kondisi lainnya. Kegiatan ini juga membantu pasien membangun kembali kesehatan fisik dan mental. 

  • Bisa Membentuk Komunitas

Dengan kegiatan berkebun atau memasak kamu bisa menemukan komunitas baru. Misalnya, kelas berkebun atau memasak. Dengan begitu kamu akan kenal orang baru lebih banyak dengan hobi yang sama. Bertemu dengan orang baru atau membentuk komunitas baik untuk kesehatan mental dan mengatasi gangguan mood. 

  • Membuat Lebih Bahagia

Kegiatan memasak dan berkebun juga membantu meningkatkan kualitas hidup dan penurunan gangguan mood. Saat berkebun, kamu akan menumbuhkan sebuah tanaman, yaitu sesuatu yang nyata dan hidup. Kegiatan ini menjadi suatu hal penuh harapan untuk dilakukan. Begitu juga dengan memasak, bisa membuat hidangan yang lezat dapat menyenangkan diri sendiri atau orang lain. 

Baca juga: Begini Cara Didik Anak Agar Bertanggung Jawab Sejak Dini

  • Meningkatkan Kreativitas

Berkebun dan memasak adalah cara untuk mengekspresikan kreativitas. Kamu bisa membuat inovasi makanan baru dengan bahan-bahan yang ada saat memasak. Kamu juga bisa merangkai bunga yang cantik saat berkebun atau memasak masakan yang sehat dari hasil tanaman di kebun. 

Berkebun dan Memasak Bisa Jadi Program Rehabilitasi

Dalam konteks rehabilitasi, berkebun dan memasak menjadi alat yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental. Kegiatan ini membantu seseorang memperoleh kemampuan untuk merencanakan. Sementara itu, mengevaluasi kemampuan berkebun atau memasak bermanfaat untuk memahami segala bentuk kompromi terhadap kemampuan perencanaan otak. 

Sukses berkebun atau sukses membuat masakan yang lezat membuat kamu mampu meningkatkan suasana hati, konsep diri, dan harga diri yang positif untuk mendorong kesehatan mental. 

Dilansir dari Psychology Today, belajar atau mempelajari kembali cara memasak atau berkebun dapat memberikan kamu kesempatan untuk mengalami penguasaan suatu bidang secara berulang. Setiap kali kamu menyiapkan makanan lezat yangs ehat, kamu memiliki kesempatan untuk merasa dihargai.

Baca juga: Trik Agar Anak Doyan Makan Sayur, Saatnya Berkebun

Akhirnya makan makanan yang lebih sehat yang kamu masak, atau makan dari kebun yang kamu urus, juga mampu meningkatkan kesehatan mental. Hal ini mengingat hubungan antara pola makan dan gangguan mood. Kamu juga bisa mendapatkan keterampilan dari memasak dalam sebuah komunitas. 

Kesimpulannya, berkebun dan memasak bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat dilakukan terutama selama pandemi ini. Jika kamu ingin tahu apakah kegiatan lainnya yang kamu lakukan selama ini baik untuk kesehatan mental, kamu bisa berdiskusi dengan psikolog melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. Can You Cook Your Way to Better Mental Health?
Good Housekeeping. Diakses pada 2020. 7 Benefits of Gardening That Prove It Helps Your Mind and Body