Begini Cara Didik Anak Agar Bertanggung Jawab Sejak Dini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Begini Cara Didik Anak Agar Bertanggung Jawab Sejak Dini

Halodoc, Jakarta - Orangtua harus selalu mengajarkan semua hal yang baik pada anaknya, termasuk juga tanggung jawab. Dengan mengajarkannya cara bertanggung jawab sejak dini, dirinya akan terbiasa melakukannya ketika besar. Hal tersebut karena di skala keluarga dirinya akan memulai itu semua.

Cara Mendidik Anak Bertanggung Jawab Sejak Kecil

Anak-anak adalah momen yang tepat untuk mengajarkannya tanggung jawab. Walau begitu, usia yang tepat untuk mengajarkan hal tersebut adalah sekitar 2 hingga 3 tahun. Pada anak yang terlalu muda, dirinya tidak suka sesuatu yang terbilang rumit termasuk dalam menerima tanggung jawab.

Ketika dinilai sudah siap, anak kamu akan menjadi lebih mandiri dan membuat keputusan atas dirinya sendiri. Saat inilah momen yang tepat untuk mendorong dirinya menerima tanggung jawab dengan menetapkan tugas yang kamu pastikan ia dapat menyelesaikannya. Lama-kelamaan, kamu dapat memberikannya hal yang lebih besar.

Bagaimana cara yang tepat untuk mengajarkan anak bertanggung jawab? Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan:

  1. Tetapkan Tugas yang Sesuai Usianya

Hal pertama yang dapat kamu lakukan agar anak belajar bertanggung jawab adalah dengan menetapkan tugas yang sesuai dengan usianya dan kamu tahu dirinya dapat menyelesaikannya. Poin yang penting adalah berikan dirinya instruksi yang jelas tentang sesuatu yang akan dilakukannya agar ia tahu hal yang harus dilakukan.

Kamu dapat meminta dirinya untuk melakukan sesuatu yang mudah, seperti menaruh pakaian kotor di tempatnya dan membantu kamu merapikan tempat tidur. Dengan melakukan hal-hal tersebut, kemandirian dan kepercayaan dirinya juga akan meningkat seiring waktu.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait cara mengajarkan anak bertanggung jawab, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi ini.

Baca juga: Cara Mudah Mengajarkan Anak Agar Bisa Mengambil Keputusan Sendiri

  1. Tunjukkan dan Ajarkan

Setelah itu, kamu dapat menunjukkan cara melakukannya dan mengajarkannya jika masih ada kesalahan. Kamu harus menjelaskannya dengan cara sederhana dan mudah untuk dipahami. Seperti saat meletakkan baju kotor, beritahu dirinya untuk membuka tempat tersebut dan menutupnya kembali.

Jika kamu melihat anak kesulitan dan membutuhkan waktu yang lebih banyak saat melakukannya, cobalah untuk memberikan tanggung jawab yang lebih mudah lagi. Jangan selalu memaksakan apa yang kamu anggap dirinya bisa lakukan harus dipatuhi, cobalah untuk memberi waktu agar dirinya dapat mencerna.

Baca juga: Ajarkan Tanggung Jawab pada Anak dengan Berkebun

  1. Dahulukan Bekerja sebelum Bermain

Kamu juga dapat mengajarkannya agar mendahului melakukan suatu pekerjaan sebelum bermain. Dengan menanamkan konsep tersebut, dirinya akan mendahulukan tanggung jawab yang diberikan agar tidak mengganggu jadwal ia untuk bermain. Anak akan terbiasa dengan hal tersebut hingga dirinya besar kelak.

Dengan bersikap ramah dan berterus terang, serta mengakui apabila kamu juga lebih suka bermain. Dengan begitu, kamu dapat menunjukkannya apabila dirimu sebagai orangtua tidak suka memerintah melainkan hanya memberikan tanggung jawab yang memang seharusnya dilakukan oleh diri sendiri.

  1. Buat Pekerjaan Rumah Menjadi Hal yang Menyenangkan

Dengan membuat pekerjaan rumah menjadi seperti hal yang sangat menyenangkan, anak akan lebih terpacu melakukannya tanpa terpaksa. Anak akan lebih suka menghabiskan waktu untuk membantu kamu melakukan pekerjaan rumah. Akhirnya, dirinya menganggap apabila pekerjaan rumah adalah hal yang mengasyikkan.

Baca juga: Inilah 6 Jenis Pola Asuh Anak yang Bisa Diterapkan Orangtua

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat anak belajar bertanggung jawab. Dengan menanamkan hal tersebut sejak dini, kamu dapat membuat dirinya terbiasa hingga terbawa saat besar. Dengan sesuatu yang positif tersebut, niscaya dirinya akan lebih siap dalam menghadapi persaingan dunia kerja.

Referensi:
Baby Centre. Diakses pada 2019. How to teach your child to be responsible
Parents. Diakses pada 2019. How to Teach Kids to Accept Responsibility for Their Actions