Bisa Jadi Bekal Anak, Ini Resep Nugget Ayam Isi Wortel Anti Ribet

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Agustus 2023

“Ibu bisa membuat nugget ayam isi wortel anti ribet untuk bekal anak. Selain itu, ada beberapa tips yang juga bisa ibu terapkan agar nugget ayam rumahan ini lebih sehat.”

Bisa Jadi Bekal Anak, Ini Resep Nugget Ayam Isi Wortel Anti RibetBisa Jadi Bekal Anak, Ini Resep Nugget Ayam Isi Wortel Anti Ribet

Halodoc, Jakarta – Bekal sekolah yang sehat dan bergizi dapat memastikan anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Jika asupan nutrisi yang baik, dapat mendukung tumbuh kembang secara optimal. Terlebih lagi, anak-anak butuh energi yang cukup selama jam pelajaran. 

Nah, salah satu bekal untuk menunjang kegiatan belajar anak di sekolah adalah nugget ayam isi wortel yang bisa ibu padukan dengan nasi.

Selain padat nutrisi, makanan ini mudah untuk dibuat, khususnya dengan rekomendasi resep berikut. 

Rekomendasi Resep Nugget Ayam Isi Wortel 

Bahan-Bahan

  • 500 gram fillet dada ayam.
  • 100 gram wortel.
  • 2 butir telur.
  • 4 sdm tepung tapioka.
  • 2 sdt garam.
  • 1 sdt gula singkong  (bisa ganti gula pasir).
  • 1 sdt penyedap non msg.
  • 1/2 sdt merica bubuk.
  • 5 siung bawang putih.

Bahan pencelup:

  • 6 sdm terigu.
  • Air secukupnya. 
  • Tepung panir kasar (sebagai bahan pelapis). 

Langkah Pembuatan

Langkah 1

Haluskan fillet ayam dengan blender atau chopper. Jika menggunakan blender, tambahkan putih telur ke dalamnya. Selanjutnya, serut wortel dengan parutan keju. Haluskan bawang putih, bisa dengan menggunakan blender dan sedikit putih telur. 

Langkah 2

Kemudian, campurkan bersama wortel dan bahan lain ke dalam baskom. Gabungkan dengan fillet ayam yang sudah dihaluskan, aduk hingga tercampur rata.

Oleskan loyang (bisa loyang kotak dengan ukuran 18 cm) dengan margarin, tuangkan adonan dan ratakan permukaannya. Sementara itu, panaskan dandang hingga beruap, lalu kukus nugget selama 20 menit.

Langkah 3

Setelah matang, keluarkan nugget dari cetakan dan potong-potong dengan ketebalan sekitar 0,5-1 cm.

Buat pencelup dengan mencampurkan terigu dengan air hingga sedikit kental. Kemudian, celupkan nugget dan gulingkan di atas panir kasar, lakukan sampai selesai.

Langkah 4

Jika ingin menjadi makanan beku (frozen food), simpan nugget dalam freezer. Ibu bisa langsung menggoreng nugget dengan api sedang hingga matang untuk bekal atau camilan anak.  

Jika ingin mendapatkan hasil nugget yang kenyal, bisa mengurangi atau menghilangkan wortel. Jika tetap ingin menggunakan wortel, batasi maksimal 40 gram.

Selain itu, wortel bisa diganti dengan brokoli sesuai dengan selera untuk mendapatkan tekstur nugget yang diinginkan. 

Tips Makan Nugget Rumahan Agar Lebih Sehat

Agar nugget ayam rumahan semakin sehat untuk bekal anak, berikut adalah sejumlah tips yang bisa ibu terapkan: 

1. Gunakan Bahan Segar

Pilih bahan-bahan segar dan berkualitas untuk membuat nugget. Gunakan daging ayam tanpa kulit dan sayuran segar untuk menambah nilai gizi. Jika bingung, ibu bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi di Halodoc terlebih dahulu. 

2. Kurangi Penggunaan Minyak

Saat menggoreng nugget, gunakan minyak sehat seperti minyak zaitun atau minyak kelapa dalam jumlah yang terbatas untuk mengurangi lemak jenuh.

3. Tambahkan Sayuran

Campurkan lebih banyak sayuran ke dalam adonan nugget untuk meningkatkan kandungan serat dan nutrisinya. Selain wortel, brokoli atau bayam adalah beberapa pilihan yang bagus.

4. Panggang atau Kukus

Cobalah untuk memanggang atau mengukus nugget daripada menggorengnya. Ini akan mengurangi jumlah lemak yang dikonsumsi dan menjaga tekstur yang kenyal.

Itulah resep nugget ayam isi wortel beserta tips untuk mengonsumsinya secara lebih sehat.

Selain nugget ayam, ibu juga dapat mencoba rekomendasi resep lain untuk bekal anak, seperti: 

Referensi: 
Cookpad. Diakses pada 2023. Nugget Ayam Wortel. 
Nurture Life. Diakses pada 2023. 15 Vegetables for Kids and Picky Eaters. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan