• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisa Picu Kematian, Inilah Pencegahan Gangguan pada Paru
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisa Picu Kematian, Inilah Pencegahan Gangguan pada Paru

Bisa Picu Kematian, Inilah Pencegahan Gangguan pada Paru

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 08 Desember 2022

“Gangguan paru yang tak mendapat perawatan tepat nyatanya dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, sebaiknya ketahui berbagai pencegahan gangguan pada paru agar terhindar dari komplikasi yang tidak diinginkan.”

Bisa Picu Kematian, Inilah Pencegahan Gangguan pada ParuBisa Picu Kematian, Inilah Pencegahan Gangguan pada Paru

Halodoc, Jakarta – Ki Ageng Rangga Sasana atau Lord Rangga yang berawal terkenal karena perkumpulan Sunda Empire, meninggal dunia pada Rabu (7/12) kemarin. Meskipun belum ada informasi lanjut mengenai penyebab ia meninggal, tetapi Lord Rangga pernah mengidap gangguan pada paru pada tahun 2020 lalu.

Gangguan pada paru-paru sendiri dapat menyebabkan komplikasi yang cukup berbahaya pada kesehatan, salah satunya kematian. Sebaiknya ketahui berbagai upaya pencegahan yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan pada paru berikut ini!

Waspada Gejala Penyakit Paru

Penyakit paru-paru dapat menyebabkan kematian pada 4 juta masyarakat setiap tahunnya. Namun, masih banyak masyarakat yang sayangnya tidak mengetahui bahayanya gangguan pada paru-paru. Umumnya masyarakat lebih terbuka terhadap informasi mengenai penyakit kanker, stroke, hingga jantung.

Ada berbagai keluhan kesehatan yang menjadi tanda gangguan pada paru, seperti:

  • Batuk

Waspada jika kamu mengalami batuk yang tidak membaik dalam waktu empat minggu atau lebih. Ini menandakan adanya gangguan pada sistem pernapasan.

  • Napas yang Pendek

Jika kamu merasakan adanya gangguan pernapasan yang membuat napas menjadi lebih pendek, segera lakukan pemeriksaan pada dokter untuk memastikan kondisi kesehatan.

  • Muncul Lendir

Lendir atau dahak diproduksi oleh saluran udara sebagai pertahanan infeksi atau iritasi. Namun, jika produksi lendir terjadi lebih dari satu bulan, kondisi ini bisa menjadi tanda gangguan paru.

  • Mengi

Pernapasan yang berisik atau mengi menjadi tanda adanya objek yang menghalangi saluran udara paru-paru sehingga terjadi penyempitan. 

  • Batuk Berdarah

Jika kamu mengalami batuk berdarah, kondisi ini bisa terjadi akibat gangguan pada paru-paru atau sistem pernapasan bagian atas.

  • Nyeri Dada Kronis

Jika kamu merasakan nyeri dada yang tidak membaik, sebaiknya lakukan pemeriksaan karena bisa menjadi tanda gangguan pada paru-paru.

Langkah Mencegah Gangguan pada Paru

Paru-paru menjadi organ yang sangat penting dalam tubuh. Untuk itu, sangat penting mengetahui berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru agar terhindar dari berbagai gangguan.

Berikut ini pencegahan gangguan pada paru, seperti:

  1. Berhenti Merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru. Asap rokok dapat mempersempit saluran udara sehingga mempersulit pernapasan. Hal ini dapat menyebabkan peradangan kronis hingga pembengkakan pada paru-paru yang memicu bronkitis kronis.

Menghirup asap rokok dalam jangka waktu yang cukup panjang juga berisiko memicu perubahan sel atau jaringan pada paru. Kondisi ini dapat menimbulkan sel kanker pada paru yang menyebabkan penyakit kanker paru.

  1. Olahraga

Rutin berolahraga bisa membuat kondisi paru-paru menjadi lebih sehat. Jadi, jangan lupa untuk melakukan olahraga setiap hari agar kamu terhindar dari berbagai gangguan pada paru-paru.

  1. Lakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Jika kamu pernah memiliki riwayat penyakit paru atau keluarga dengan penyakit ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan paru secara rutin. Penyakit paru yang diketahui lebih dini membuat dokter lebih mudah melakukan pengobatan.

  1. Rutin Bersihkan Rumah

Selain membuat aktivitas fisik, rutin membersihkan rumah juga menghindari debu atau kuman bersarang. Polutan yang terhirup dapat menyebabkan gangguan pada paru.

Bersihkan kasur, karpet, hingga gorden secara rutin agar kebersihannya tetap terjaga dengan baik.

  1. Minum Air Putih Secukupnya

Dalam paru-paru terdapat lapisan tipis lendir. Ketika kamu mengonsumsi cukup air putih, maka lapisan ini akan tetap tipis dan membantu paru-paru untuk berfungsi dengan baik.

Itulah berbagai cara pencegahan gangguan pada paru. Segera lakukan pemeriksaan kesehatan jika kamu mengalami keluhan kesehatan yang terkait dengan gangguan paru.

Lakukan perawatan dan pengobatan sesuai dengan saran dokter. Sementara itu, saat kamu membutuhkan obat yang telah diresepkan dokter, langsung saja cek kebutuhan medis yang diperlukan menggunakan Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
American Lung Association. Diakses pada 2022. Warning Signs of Lung Disease.
American Lung Association. Diakses pada 2022. Protecting Your Lungs.
Web MD. Diakses pada 2022.Ways to Keep Your Lungs Healthy.