Bisakah Kura-Kura dan Ikan Hias Hidup di Tempat yang Sama?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Juni 2021
Bisakah Kura-Kura dan Ikan Hias Hidup di Tempat yang Sama? Bisakah Kura-Kura dan Ikan Hias Hidup di Tempat yang Sama?

Halodoc, Jakarta – Akuarium atau kolam ikan mungkin kurang atraktif jika diisi dengan kura-kura saja. Oleh karenanya, kamu mungkin ingin menambahkan beberapa ekor ikan hias supaya lebih menarik. Namun, kamu pasti menjadi bertanya-tanya, apakah kura-kura dan ikan hias bisa hidup berdampingan di dalam tempat yang sama?

Tak sedikit orang yang menganggap kalau kura-kura adalah binatang yang jinak, sehingga dinilai bisa hidup berdampingan dengan ikan. Namun, sebelum kamu menyatukan keduanya, sebaiknya ketahui hal ini terlebih dahulu!

Baca juga: Sebelum Memelihara Kura-Kura, Perhatikan 5 Hal Ini

Bisakah Kura-Kura dan Ikan Hias Hidup di Tempat yang Sama? 

Ternyata, kura-kura tidak disarankan untuk disimpan bersama dengan ikan hias. Alasannya, ikan merupakan makanan alami bagi kura-kura. Terlebih jika ukurannya kecil, besar kemungkinan ikan tersebut pasti akan dimakan kura-kura. Perlu diketahui bahwa kura-kura adalah binatang omnivora. Apalagi kelompok kura-kura air dan semi-aquatic, mereka cenderung mempunyai sifat karnivora. 

Kura-kura yang punya sifat karnivora sangat suka mengonsumsi daging-dagingan, termasuk ikan. Di habitat aslinya, ikan adalah makanan pokok kura-kura. Karena alasan inilah ikan hias sebenarnya tidak dianjurkan untuk ditempatkan bersama kura-kura di dalam kolam atau akuarium. Kendati demikian, tak sedikit orang yang berhasil memelihara kura-kura bersama ikan hias dalam satu kolam. Kalau kamu ingin mencobanya, berikut tipsnya!

Tips Jika Ingin Mencampur Kura-Kura dengan Ikan Hias

Jika kamu tetap ingin memelihara kura-kura dan ikan hias dalam satu tempat, berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Gunakan Akuarium atau Kolam yang Berukuran Besar

Syarat utama untuk memelihara kura-kura dan ikan di satu tempat adalah harus menggunakan akuarium atau kolam yang berukuran besar. Tujuannya supaya kura-kura dan ikan yang hidup di dalamnya dapat bergerak dengan bebas. Terutama untuk ikan hias, kolam yang luas memungkinkan mereka untuk kabur sejauh mungkin ketika hendak dimangsa oleh kura-kura. Setidaknya pilih akuarium yang ukuran panjangnya lebih dari 1 meter. 

2. Pelihara Kura-Kura yang Karakteristiknya Jinak

Pilihlah kura-kura yang punya karakteristik jinak, seperti kura-kura pipi putih, kura-kura brazil dan kura-kura dada merah. Ikan hias mungkin bisa lebih aman apabila dicampur dengan salah satu dari ketiga spesies kura-kura ini.

Baca juga: Ketahui 9 Makanan Bernutrisi Tinggi untuk Kura-Kura Brazil

3. Pilih Ikan Hias yang Berukuran Lebih Besar

Tips lainnya, sebaiknya kamu pilih ikan hias yang berpostur lebih besar atau sama dengan kura-kura. Pasalnya, ikan yang berukuran lebih kecil pasti akan dimangsa oleh kura-kura. Kura-kura biasanya akan takut untuk menggigit ikan yang ukurannya jauh lebih besar. Selain itu, ikan yang berukuran besar umumnya mampu berenang yang lebih cepat, sehingga dapat menghindar ketika hendak dimangsa kura-kura.

4. Jangan Memelihara Ikan Tipe Predator

Banyak jenis ikan hias yang memiliki sifat buas dan penyerang, terutama ikan-ikan dari kelompok karnivora dan predator. Sebaiknya, hindari memilih ikan hias yang punya sifat predator untuk dipelihara bersama dengan kura-kura. Sebab, hal ini justru bisa melukai kura-kura jika ukuran ikannya lebih besar. 

Baca juga: Ketahui Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi pada Kura-Kura

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba. Jika masih punya pertanyaan lain seputar kura-kura dan ikan hias, kamu bisa lho bertanya ke dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Kini, bicara dengan dokter hewan bisa lebih mudah dan praktis melalui smartphone kamu!

Referensi:
Turtle Holic. Diakses pada 2021. Can You Have Turtles And Fish In The Same Tank?
All Turtles. Diakses pada 2021. Can Turtles Live With Fish & Other Turtles?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan