Bolehkah Ibu Hamil yang Sakit Pinggang Tetap Berolahraga?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Desember 2020
Bolehkah Ibu Hamil yang Sakit Pinggang Tetap Berolahraga? Bolehkah Ibu Hamil yang Sakit Pinggang Tetap Berolahraga?

Halodoc, Jakarta - Saat hamil, ibu akan banyak mengalami perubahan, terlebih fisik. Adanya janin yang terus bertumbuh dan berkembang akan membuat ibu mudah mengalami berbagai keluhan fisik, salah satunya adalah sakit pinggang.

Namun, ketika hamil, ibu dituntut untuk tetap aktif bergerak demi menunjang kesehatan fisik ibu dan janin di dalam kandungan. Kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga akan membuat ibu rentan mengalami keluhan kehamilan, hingga persalinan tiba. 

Namun, bagaimana jika ibu hamil sedang mengalami sakit pinggang? Bolehkah tetap berolahraga? Adakah dampaknya jika ibu hamil yang sedang mengalami gangguan kesehatan ini melakukan olahraga rutin? Simak pembahasannya di bawah ini.

Baca juga: Aktivitas yang Aman Dilakukan Ibu yang Hamil Muda

Olahraga Membantu Mencegah dan Mengatasi Sakit Pinggang

Sebenarnya, olahraga teratur ketika hamil bisa membantu memperbaiki postur tubuh sekaligus mengurangi rasa tidak nyaman, seperti kelelahan dan sakit pinggang. Tidak hanya itu, tetap aktif ketika hamil juga bisa membantu mengurangi stres, mencegah terjadinya diabetes gestasional, hingga meningkatkan kelancaran proses persalinan. 

Jadi, jika sebelum hamil ibu sudah aktif berolahraga, tetap lanjutkan aktivitas fisik ini. Namun, perhatikan intensitasnya, jangan sampai terlalu berat dan membuat tubuh ibu kelelahan. Durasi juga berperan ya, bu, olahraga ringan dengan waktu singkat sudah cukup, asal dilakukan secara rutin. 

Bahkan, olahraga bisa membantu mengatasi sakit pinggang saat hamil, lho! Aktivitas fisik seperti jalan cepat, berenang, hingga yoga disinyalir mampu mengurangi rasa nyeri pada pinggang saat hamil. 

Baca juga: Alasan Olahraga Berat Perlu Dihindari Bumil

Salah satu pose yang sangat bermanfaat ketika hamil adalah segitiga atau triangle pose. Berikut ini langkah melakukan gerakan ini yang bisa ibu ikuti: 

  • Berdiri dengan kaki dilebarkan, hadapkan kaki kanan ke luar, sementara itu tumit kanan sejajar dengan lengkungan kaki kiri. 
  • Angkat kedua tangan hingga setinggi bahu, arahkan keduanya ke samping dan hadapkan telapak tangan ke lantai.
  • Tekuk badan secara perlahan ke depan, dari bagian pinggul ke kaki kanan. Letakkan tangan kanan pada tulang kering atau bagian pergelangan kaki. 
  • Ulurkan lengan kiri ke arah langit-langit, hadapkan telapak tangan ke depan, sementara itu arah pandang ke langit- langit.
  • Tahan gerakan ini selama 10-30 detik, lalu ulangi gerakan dengan sisi kaki satu lagi. 

Selain yoga, ibu juga bisa melakukan latihan pernapasan guna mengatasi sakit punggung saat hamil. Ketika hamil, organ tubuh akan menjadi lebih padat karena bayi yang semakin bertambah besar ukuran serta beratnya. Kondisi ini berdampak pada diafragma yang lantas tidak mampu menjalankan fungsinya dengan optimal. 

Baca juga: Naik Turun Tangga Bisa Menyebabkan Keguguran?

Apabila kondisi ini dibiarkan, pergerakan tulang rusuk menjadi tidak optimal, sehingga ibu akan mengalami sakit punggung. Tidak hanya itu, teknik pernapasan yang benar bisa membantu tulang rusuk bergerak lebih maksimal. 

Teknik pernapasan dalam sangat baik untuk ibu hamil. Caranya, tariklah napas dalam tanpa suara melalui hidung. Cara ini akan membantu mengalirkan udara ke bagian tulang rusuk samping, punggung bagian bawah dan tengah, dan membantu relaksasi otot yang tegang. 

Jika ibu kurang yakin, tanyakan saja dulu pada dokter ahli kandungan. Jadi, ibu bisa melakukan olahraga yang tepat, meskipun sedang mengalami sakit pinggang. Tanyakan semua keluhan ibu pada dokter lewat aplikasi Halodoc, karena dokter akan siap membantu memberikan solusi untuk semua masalah ibu kapan saja. 



Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2020. Exercise During Pregnancy.
Parents.com. Diakses pada 2020. 3 Pregnancy Back Pain Exercises.
Today’s Parents. Diakses pada 2020. 8 natural ways to relieve back pain during pregnancy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan