• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Hal Ini Menunjukan Tanda Kehamilan yang Sehat

5 Hal Ini Menunjukan Tanda Kehamilan yang Sehat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Momen kehamilan merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh pasangan setelah menikah. Setelah hamil, ibu juga perlu mengaetahui beberapa macam tanda kehamilan sehat, agar ibu tahu bahwa buah hati berada dalam keadaan normal dan sehat. Berikut tanda-tanda kehamilan sehat yang perlu ibu ketahui!

Baca juga: Waspada, Ini Kelainan dalam Kehamilan

  • Mual dan Muntah

Mual dan muntah pada pagi hari bisa menjadi tanda bahwa ibu tengah mengandung. Bukan hanya itu saja, mual dan muntah juga menjadi tanda kehamilan sehat. Bukan hanya terjadi atau dirasakan pada pagi hari, tanda kehamilan sehat yang satu ini juga bisa terjadi saat siang atau malam hari, yang akan berangsur menghilang saat usia kandungan menginjak 12 minggu.

Saat terjadi di awal kehamilan, mual dan muntah disebabkan oleh adanya perubahan hormon. Namun, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan ya, bu! Karena banyak juga yang tidak mengalami tanda kehamilan ini, tapi janin dan ibu berada dalam kondisi yang sehat. Hal yang perlu diwaspadai justru saat muntah dan mual tak kunjung hilang saat kehamilan lebih dari 12 minggu.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan dehidrasi pada ibu hamil, karena tubuh kesulitan untuk mencerna makanan. Jika ibu mengalaminya, segera temui dokter di rumah sakit terdekat untuk segera mendapatkan penanganan ya, bu! Jika dibiarkan, bukan hanya ibu saja yang mengalami dampaknya, tapi juga janin dalam kandungan.

Baca juga: Kapankah Tanda-Tanda Kehamilan Mulai Muncul?

  • Mood Swing

Emosi yang meledak-ledak dan cepat sekali berubah pada ibu hamil dipicu oleh perubahan hormon, rasa lelah, serta stres, yang kemudian memengaruhi zat kimia dalam otak. Saat menerima respons tersebut, ibu hamil akan langsung mengalami perubahan mood menjadi bahagia, gugup, atau bahkan depresi. Jika pergantian suasana hati ini sampai mengganggu aktivitas harian, serta bertahan lebih dari dua minggu, jangan lupa untuk segera menemui dokter di instalasi kesehatan terdekat.

Pasalnya, gangguan emosional yang tidak ditangani sampai tuntas pada ibu hamil akan memengaruhi kesehatan janin, serta memicu kelahiran prematur dan depresi pasca persalinan. Oleh karena itu, penting hukumnya untuk mendapatkan bantuan medis terkait guna menekan gejala yang muncul.

  • Nyeri Payudara

Perubahan ukuran payudara merupakan salah satu tanda kehamilan sehat, yang mulai terjadi sejak trimester pertama kehamilan. Selain payudara membesar, payudara akan terasa sedikit nyeri, serta sensitif ketika disentuh. Hal tersebut karena naiknya hormon estrogen dan progesteron, yang akan hilang saat tubuh sudah beradaptasi dengan peningkatan hormon tersebut. Bukan itu saja, area areola akan berubah menjadi membesar.

  • Gerakan Janin

Tendangan janin yang ibu rasakan merupakan tanda bahwa bayi dalam keadaan sehat. Pergerakan janin sebenarnya sudah bisa dirasakan di trimester awal kehamilan. Namun, pergerakan tersebut akan semakin kuat saat mendekati akhir trimester kedua kehamilan. Gerakan janin juga merupakan respons janin terhadap suara dan sentuhan. Jika pergerakan janin mengalami penurunan, ibu dapat segera melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

  • Buang Air Kecil

Meningkatnya frekuensi buang air kecil menjadi salah satu tanda kehamilan sehat.  Hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya volume darah semasa kehamilan, sehingga ginjal harus bekerja lebih ekstra, dan menghasilkan urine lebih banyak. Kehamilan juga akan membuat kantung kemih terisi lebih cepat. Akibatnya, ibu hamil akan mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil.

Baca juga: Tips Berhubungan Intim Sesuai Trimester Kehamilan

Tanda kehamilan sehat yang terakhir adalah, ibu hamil menjadi lebih sensitif pada bau atau makanan tertentu. Jika sudah tidak cocok dengan hidung atau mulut, kondisi tersebut memicu mual, muntah, serta penurunan nafsu makan. Penyebab sendiri masih belum jelas, tapi diperkirakan kondisi tersebut terjadi karena adanya perubahan hormon pada ibu hamil.

Referensi:

Health. Diakses pada 2020. 3 Annoying Symptoms That Are Actually Signs of a Healthy Pregnancy.
Hello Motherhood. Diakses pada 2020. Signs & Symptoms of a Healthy Pregnancy.
First Cry Parenting. Diakses pada 2020. Signs of a Healthy and Unhealthy Baby in the Womb.