• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Buah yang Aman Dikonsumsi saat Asam Lambung Kambuh

7 Buah yang Aman Dikonsumsi saat Asam Lambung Kambuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral dikenal sebagai jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi secara rutin untuk kesehatan. Namun, ada saat-saat tertentu di mana kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah. Contohnya, saat asam lambung kambuh. 

Buah-buahan yang asam malah dapat memperburuk kondisi tersebut. Namun, ada juga beberapa buah-buahan yang masih aman untuk dikonsumsi saat asam lambung kambuh. Yuk, cari tahu penjelasannya di bawah ini.

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan rasa terbakar di dada (heartburn). Kondisi ini disebabkan oleh melemahnya otot bawah kerongkongan atau lower esophageal sphincter (LES) yang berfungsi sebagai pintu otomatis yang membuka dan menutup saluran kerongkongan. 

Bila kamu mengidap GERD, kamu tidak boleh makan sembarangan. Pasalnya, beberapa jenis makanan tertentu dapat memicu kambuhnya asam lambung atau memperburuk kondisinya. Nah salah satu jenis makanan yang harus dihindari pengidap GERD adalah buah-buahan asam, seperti jeruk, lemon, dan juga air perasan buah tersebut. 

Baca juga: Idap Asam Lambung, Hindari 6 Minuman Ini

Namun, bukan berarti pengidap GERD tidak bisa mengonsumsi buah-buahan sama sekali. Karena bagaimanapun, buah-buahan dapat memberikan nutrisi baik yang diperlukan untuk kesehatan tubuh. Berikut ini buah-buahan yang aman untuk dikonsumsi pengidap asam lambung:

1. Pisang

Pisang merupakan sumber kalium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien. Serat dalam pisang dapat memperbaiki pencernaan dan mengurangi asam lambung. Menurut AARP dan Yayasan Internasional untuk Gangguan Gastrointestinal, pisang juga memiliki kadar asam yang rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi saat asam lambung kambuh.

2. Pepaya

Buah tropis yang rasanya manis ini dapat memberikan manfaat kesehatan, di antaranya adalah melawan penyakit jantung, diabetes, kanker, masalah tulang, dan asma. Pepaya juga mengandung vitamin K, beta-karoten, kalsium, dan merupakan sumber vitamin A yang kaya. Pepaya juga memiliki kandungan enzim yang disebut papain yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi heartburn.

3. Semangka

Buah yang sangat segar dikonsumsi di musim panas ini kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Karena kandungan airnya yang tinggi, semangka dapat membantu melancarkan pencernaan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Buah ini juga dapat menetralkan asam lambung dan mengurangi refluks.

Baca juga: 7 Makanan Sehat Bagi Pengidap Asam Lambung

4. Ara

Buah ara mengandung gula alami, mineral, kalium, kalsium, dan zat besi. Kandungan seratnya membantu dalam pergerakan usus dan gangguan pencernaan. Sembelit juga diketahui dapat dicegah dengan mengonsumsi buah ara.

5. Apel

Apel sudah dikenal sebagai buah yang dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya, antara lain vitamin A, C, D, B-16 dan B12. Kalsium, zat besi, dan magnesium juga ditemukan dalam apel. Buah ini dapat menjaga pencernaan tetap sehat dan melancarkan buang air besar. Apel, bahkan dapat mengurangi asam dan menenangkan perut saat asam lambung kambuh.

6. Persik

Buah kecil yang satu ini memiliki banyak nutrisi baik, seperti kalsium, zat besi, magnesium, vitamin A, B6, B12, dan C. Persik juga dikenal dapat membantu mengatasi diabetes, masalah kulit, dan kanker kolorektal. Kandungan asamnya yang rendah juga menjadikan buah ini aman untuk dikonsumsi pengidap refluks asam.

7. Melon

Melon juga salah satu buah yang memiliki kadar asam yang rendah. AARP menunjukkan bahwa melon memiliki keseimbangan pH 6,1 yang berarti buah tersebut hanya bersifat agak asam. Selain membantu mengurangi refluks asam, melon mungkin juga efektif untuk membantu mencegah kamu terkena GERD.

Baca juga: 9 Cara Ampuh Cegah Asam Lambung Naik

Itulah buah-buahan yang dapat kamu konsumsi meski asam lambung sedang kambuh. Untuk pengobatan asam lambung yang tepat, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa minta saran kesehatan atau rekomendasi obat dari dokter terpercaya kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
NDTV. Diakses pada 2020. 6 Fruits To Combat Acid Reflux Stress.
Livestrong. Diakses pada 2020. Fruits and Vegetables That Are Safe to Eat With GERD.