7 Camilan Sehat yang Mampu Menambah Berat Badan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Juli 2023

“Cara menambah berat badan bisa dilakukan dengan mengonsumsi camilan yang tinggi kalori. Contohnya seperti roti panggang alpukat, yoghurt, smoothie, keju, dan buncis panggang.”

7 Camilan Sehat yang Mampu Menambah Berat Badan7 Camilan Sehat yang Mampu Menambah Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Meningkatkan bobot tubuh sebaiknya dilakukan dengan cara yang tepat. Salah satunya dengan mengonsumsi camilan penambah berat badan, seperti roti panggang alpukat, yoghurt, smoothie, dan keju.

Cara menambah berat badan ini tidak hanya membantu meningkatkan massa lemak dalam tubuh, tapi juga mendorong kebiasaan sehat. Caranya berfokus pada kuantitas dan kualitas dari kudapan.

Rekomendasi Cara Menambah Berat Badan dengan Camilan

Pastikan memilih menu dengan tinggi lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Selain itu, penuhi juga asupan karbohidrat kompleks dan protein. Intinya, camilan penambah berat badan harus padat nutrisi dan tinggi kalori.

Beberapa jenis makanan sehat sebagai cara menambah berat badan, antara lain:

1. Roti panggang rasa alpukat

Makanan sehat yang pertama adalah Kombinasi roti panggang dan buah alpukat. Kudapan ini mengandung berkisar 300 kilokalori. Di dalam juga juga terdapat lemak tak jenuh tunggal yang mampu meningkatkan kesehatan jantung. Caranya, hancurkan setengah buah alpukat dan oleskan di atas roti gandum panggang.

2. Yoghurt, beri, dan madu

Kalori dalam yoghurt berbeda-beda, tergantung dari jenisnya. Dalam satu cangkir yoghurt Yunani, misalnya, mengandung sekitar 238 kilokalori. Sementara yoghurt biasa mengandung 149 kilokalori. 

Yoghurt, beri, dan madu merupakan camilan penambah berat badan yang bisa dikonsumsi di sela-sela waktu makan. Caranya, campurkan beri ke dalam mangkuk berisi yoghurt. Tuangkan madu sebagai pemanisnya.

3. Bola-bola tinggi protein

Cara menambah berat badan selanjutnya dapat dilakukan dengan mengonsumsi camilan bola-bola tinggi protein. Cara membuat camilan ini, yakni dengan mencampurkan 1 ½ cangkir oat, 3 sendok makan madu, dan ⅔ cangkir krim selai kacang. 

Kemudian, bentuk adonan menjadi bola-bola dan simpan dalam freezer. Di dalam bahan-bahan tersebut mengandung protein, lemak, dan karbohidrat.

Selain mengonsumsi camilan, kamu bisa klik artikel ini untuk mengetahui: Ternyata Mudah, Ini 11 Cara Menambah Berat Badan Secara Alami.

4. Pita nachos

Cara membuatnya dengan gandum. Kemudian, taburi dengan hummus dan tambahkan potongan tomat, mentimun, bawang merah, dan keju yang sudah dihancurkan. Dalam satu porsi, makanan ini mengandung 306 kilokalori.

5. Smoothie, tahu, dan bluberi

Cara membuatnya dengan menyiapkan tofu yang sudah dikukus dan dipotong bentuk dadu. Kemudian, campurkan di dalam smoothie yang terdiri dari yoghurt dan bluberi. Di dalamnya mengandung protein dan kalori dalam jumlah tinggi, dengan citarasa manis dan asam.

6. Buncis panggang

Cara membuatnya dengan membersihkan buncis di bawah air yang mengalir. Kemudian, sebarkan sayuran tersebut di atas loyang. Tambahkan minyak zaitun dan rempah-rempah, seperti lada hitam atau bubuk bawang putih. 

Selanjutnya, panggang pada suhu 300 derajat Celsius selama sekitar 20 menit. Setelah matang, bungkus buncis dengan roti dan taburan keju yang sudah dihancurkan.

7. Keju dan keripik gandum

Cara menambah berat badan yang terakhir adalah mengonsumsi keju dan keripik gandum. Untuk membuat keripik gandum, pertama-tama, siapkan telur, bawang putih, dan bawang merah. Kemudian, campur semua bahan jadi satu dan masukkan dalam oven selama beberapa menit.

Selanjutnya, siapkan keju dan lelehkan. Kamu bisa mengonsumsi keripik gandum dengan topping keju leleh di atasnya. Makanan ini memiliki kandungan kalori berkisar 80 sampai 120 kilokalori per ons.

Jika berat badan tak kunjung meningkat, hal ini mungkin saja dipicu oleh gangguan kesehatan tertentu. Klik artikel ini untuk mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya: Badan Terlalu Kurus? Ini 11 Penyebab dan Cara Mengatasinya.

Selain mengonsumsi camilan penambah berat badan di atas, kamu juga bisa mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, agar proses meningkatkan bobot tubuh jadi lebih mudah.

Jika memiliki kendala dalam pelaksanaannya, segera temui dokter spesialis gizi klinik untuk mendapatkan solusi yang tepat. Kamu juga bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk berdiskusi dengan dokter tepercaya. Klik gambar berikut untuk tahu lebih lanjut:

chat dengan dokter untuk tahu cara menambah berat badan dengan efektif
Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2023. 11 High-Calorie Snacks for Smarter Weight Gain.
Medical News Today. Diakses pada 2023. 10 high calorie snacks for weight gain.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan