• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Aman Mengonsumsi Obat Amoxicillin
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Aman Mengonsumsi Obat Amoxicillin

Cara Aman Mengonsumsi Obat Amoxicillin

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 Juni 2021
Cara Aman Mengonsumsi Obat Amoxicillin

“Amoxicillin merupakan obat yang berfungsi untuk membantu mengatasi berbagai jenis infeksi yang terjadi karena bakteri. Obat yang termasuk dalam kategori antibiotik ini bisa hadir dalam bentuk sirup dan tablet.”

Halodoc, Jakarta – Amoxicillin atau disebut juga amoksisilin bekerja dengan menghambat pertumbuhan bakteri yang mengakibatkan infeksi pada organ paru-paru, kulit, saluran kemih, juga pada bagian hidung, tenggorokan, dan telinga. 

Obat ini  tidak diresepkan untuk mengatasi masalah kesehatan yang terjadi karena virus. Setiap sediaan obat memiliki kandungan amoxicillin trihydrate dengan jumlah yang berbeda. Tidak hanya dalam bentuk tunggal, obat ini juga hadir dalam bentuk gabungan dengan clavulanate.

Amoxicillin termasuk dalam kategori obat antibiotik penisilin yang hanya bisa dikonsumsi dengan resep dokter. Obat ini berada pada kategori B untuk kondisi hamil dan menyusui. Studi yang dilakukan pada binatang percobaan tidak menunjukkan adanya risiko terhadap janin, tetapi belum ada studi yang dilakukan langsung pada ibu hamil. 

Baca juga: Kecil tetapi Berbahaya, Inilah 5 Penyakit yang Disebabkan Bakteri

Meski begitu, amoxicillin mampu terserap dalam ASI. Artinya, konsumsinya pada wanita yang sedang menyusui dilarang keras tanpa resep dan arahan dari dokter. Jadi, pastikan kamu memberitahu dokter jika sedang menyusui. 

Cara Aman Mengonsumsi Amoxicillin

Oleh karena merupakan obat resep, tentu kamu tidak bisa membeli obat ini secara bebas di apotek. Jadi, kamu perlu bertanya dulu pada dokter apakah memang kamu memerlukan obat ini. Nantinya, jika memang dokter meresepkan, kamu bisa langsung membelinya tanpa harus keluar rumah melalui fitur pharmacy delivery yang ada di aplikasi Halodoc. 

Jika dokter memberikan resep obat amoxicillin dalam bentuk injeksi atau suntik, pemberiannya pun harus dilakukan langsung oleh dokter atau petugas medis dengan pengawasan dokter secara langsung. 

Baca juga: Kenali Perbedaan antara Injeksi Intravena dan Intramuskular

Sementara itu, amoxicillin dalam bentuk tablet bisa dikonsumsi setelah atau sebelum makan. Meski begitu, sebaiknya konsumsi obat setelah makan guna menghindari terjadinya sakit maag. Kamu juga tidak disarankan untuk membelah, mengunyah, atau menghancurkan tablet obat ini. Telan obat secara utuh, gunakan bantuan air mineral untuk memudahkannya. 

Selanjutnya, perhatikan jeda waktu saat kamu mengonsumsi amoxicillin. Pastikan ada jarak yang cukup antara waktu konsumsi pertama dengan berikutnya. Lebih baik lagi jika kamu mengonsumsi amoxicillin pada waktu yang sama setiap hari agar obat bisa bekerja maksimal.

Lantas, bagaimana jika lupa mengonsumsi? Segera minum obat begitu kamu ingat dan berikan jeda yang tidak terlalu dekat untuk dosis berikutnya. Jika jeda terlalu dekat, abaikan saja dan jangan pernah menggandakan dosisnya. 

Baca juga: Efek Samping Konsumsi Obat Antibiotik dalam Waktu Lama

Kemudian, untuk amoxicillin yang diberikan dalam bentuk sirup, pastikan kamu mengocok botol terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Biasanya akan diberikan sendok takar dalam kemasan, gunakan untuk memudahkan kamu menakar dosis yang diberikan. Hindari menggunakan sendok takar lain karena bisa menimbulkan perbedaan dosis. 

Perlu kamu ketahui bahwa amoxicillin merupakan obat antibiotik, jadi jangan berhenti mengonsumsi sebelum pengobatan dinyatakan selesai oleh dokter, meski gejala telah berkurang. Menghentikan penggunaan antibiotik sebelum waktu yang dianjurkan akan meningkatkan risiko kekambuhan infeksi dan bakteri yang justru kebal terhadap antibiotik.

Beberapa obat mungkin akan menimbulkan reaksi atau tidak bisa bekerja dengan maksimal saat diminum bersamaan, jadi sebaiknya beritahukan pada dokter obat apa saja yang sedang kamu konsumsi, gak terkecuali obat herbal. Terakhir, terkait penyimpanan, pastikan kamu menyimpan obat ini pada suhu ruang menggunakan wadah tertutup. Hindari paparan sinar matahari langsung dan jauhkan dari anak-anak.

Referensi :
Drugs. Diakses pada 2021. Amoxicillin. 
MIMS Indonesia. Diakses pada 2021. Amoxicillin. 
WebMD. Diakses pada 2021. Amoxicillin.