Cara Ampuh Mencegah Wajah Berjerawat saat Puasa

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   07 April 2021
Cara Ampuh Mencegah Wajah Berjerawat saat PuasaCara Ampuh Mencegah Wajah Berjerawat saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Kurangnya cairan tubuh dan pola tidur yang berantakan dapat menjadi penyebab munculnya jerawat saat puasa. Selain itu, kelelahan, malas membersihkan wajah, dan konsumsi makanan yang berlemak saat buka puasa dapat menjadi penyebab lain munculnya jerawat. 

Pastinya puasa memberikan perbedaan besar terhadap rutinitas yang biasanya kamu lakukan. Perubahan ini sedikit banyak dapat memicu munculnya jerawat yang tidak diinginkan. Yuk, simak di sini cara ampuh mencegah wajah berjerawat saat puasa.

Baca juga: Puasa Bikin Awet Muda? Ini Penjelasan Medisnya

Biasakan Tips Ini untuk Cegah Wajah Berjerawat

Sebenarnya cara mencegah wajah berjerawat saat puasa sama dengan momen-momen biasa lainnya. Hanya saja di waktu puasa ada beberapa perubahan seperti pola makan, jam makan, asupan nutrisi, dan aktivitas yang sedikit banyak bisa berpengaruh pada kesehatan kulit dan juga hormon tubuh. Karenanya yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut:

1. Mencuci Wajah dengan Benar

Untuk membantu mencegah jerawat, penting untuk menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan keringat setiap hari dengan cara mencuci wajah. Selain itu, hindari mencuci muka dengan pembersih keras yang membuat kulit kering. Sebaiknya kamu menggunakan pembersih bebas alkohol.

Untuk mengetahui jenis pembersih wajah seperti apa yang cocok dengan wajahmu, kamu harus tahu dulu jenis kulitmu. Kulit berminyak adalah jenis kulit yang paling rentan berjerawat. Ini disebabkan oleh kelenjar sebaceous kulit yang memproduksi terlalu banyak sebum berminyak.

Jenis kulit lain yang dapat menyebabkan jerawat adalah kulit kombinasi. Memiliki kulit kombinasi berarti kamu memiliki area kering dan area berminyak. Area berminyak cenderung berada di dahi, hidung, dan dagu. 

Mengetahui jenis kulit akan membantu kamu memilih produk perawatan kulit yang tepat. Butuh informasi lebih akurat mengenai perawatan sesuai dengan jenis kulit? Tanyakan saja pada dokter melalui Halodoc. Dokter kulit terbaik akan memberikan solusinya untukmu. Buat kamu yang mau membeli produk pembersih wajah atau kecantikan juga bisa melalui Halodoc, ya!

2. Batasi Penggunaan Makeup

Pastilah kamu sangat ingin menutupi wajah berjerawat dengan makeup. Namun, tindakan tersebut dapat menyumbat pori-pori dan memicu munculnya penyakit. Hal yang semestinya harus kamu lakukan adalah menghindari alas bedak yang berminyak, makeup berat, dan gunakan produk yang non komedogenik, murni, dan bebas pewangi.

3. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Ada banyak kotoran dan bakteri di tangan dan setiap kali kamu menyentuh wajah, beberapa kotoran di tangan dapat berpindah ke kulit wajah sehingga bisa menyumbat pori. Solusinya adalah untuk meminimalkan menyentuh wajah dan cuci tangan secara teratur. 

Baca juga: Terlalu Sibuk Bekerja, Begini Cara Menjaga Kesehatan Kulit

4. Batasi Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dapat mengeringkan jerawat tetapi menyebabkan masalah besar dalam jangka panjang. Sering terpapar sinar matahari membuat kulit dehidrasi, yang seiring waktu menyebabkan kulit menghasilkan lebih banyak minyak dan menyumbat pori-pori.

Penting untuk memakai tabir surya untuk membantu mencegah kanker kulit. Namun, banyak tabir surya yang berminyak. Untuk perlindungan matahari dan jerawat, gunakan tabir surya non-komedogenik dan bebas minyak.

5. Hindari Memencet Jerawat 

Memencet jerawat yang mengering atau setengah kering akan sangat menggoda, tetapi akibat dari hobi ini dapat membuat kulit terinfeksi. Memencet jerawat dapat menyebabkan perdarahan, jaringan parut yang parah, serta meningkatkan peradangan dan menyumbat pori-pori di sekitarnya.

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

6. Stres

Stres tidak menyebabkan jerawat, tetapi bisa memperburuknya. Ketika stres, tubuh menghasilkan lebih banyak hormon perangsang minyak. Ada baiknya kamu melakukan beberapa aktivitas yang dapat membantu mengelola stres seperti yoga, boxing, meditasi, atau hobi lain yang dapat mengalihkan pikiran atau melonggarkan beban pikiranmu.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. How to Prevent Pimples.
WebMD. Diakses pada 2021. 10 Tips for Preventing Acne.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan