Cara Cerdas Memilih Sabun Bayi untuk Kulit Sensitif

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Oktober 2021
Cara Cerdas Memilih Sabun Bayi untuk Kulit SensitifCara Cerdas Memilih Sabun Bayi untuk Kulit Sensitif

“Setiap bayi terlahir dengan keunikan dan ciri khasnya. Beberapa memiliki kulit normal, kering, dan ada pula yang memiliki kulit sangat sensitif. Tentu saja, ibu perlu melakukan perawatan lebih untuk bayi dengan tipe kulit sensitif, salah satunya dengan memilih sabun bayi untuk kulit sensitif yang tepat.”

Halodoc, Jakarta – Bayi yang baru lahir memang cenderung memiliki kulit yang sensitif. Namun, beberapa bayi memang terlahir dengan kulit jenis tersebut. Inilah mengapa, sebagai orangtua, ibu harus cermat mengenali ciri kulit sensitif pada bayi. Jadi, ibu lebih tahu saat harus memilih produk untuk Si Kecil, salah satunya sabun bayi untuk kulit sensitif. 

Ciri Kulit Sensitif pada Bayi

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kulit bayi yang sensitif membutuhkan perawatan ekstra. Tak hanya pada bayi yang lahir normal, kulit sensitif juga cenderung terjadi pada bayi yang lahir prematur. Alasannya tentu saja karena bagian epidermis kulit bayi prematur belum berkembang sempurna seperti bayi yang lahir normal. Lalu, bagaimana cirinya?

  • Muncul Bintik Merah atau Ruam

Bintik kemerahan pada bayi memang normal terjadi. Kondisi ini muncul karena reaksi tubuh dalam melawan zat asing yang berasal dari luar. Meski begitu, apabila ibu menyadari ruam semakin banyak di tubuh Si Kecil, bisa jadi ia mengalami alergi dari salah satu kandungan zat kimia pada produk tertentu. 

Bila hal ini terjadi pada sang buah hati, segera tanyakan penanganan pertama yang bisa dilakukan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Jadi, pastikan ibu sudah download aplikasi Halodoc di ponsel ibu, ya!

Baca juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Bayi yang Baru Lahir

  • Kulit Bayi Terasa Sangat Kering

Ciri selanjutnya adalah kulit bayi terasa sangat kering. Ini artinya, ibu perlu rutin mengoleskan produk pelembap khusus bayi untuk menjaga kulitnya tetap lembap. Kulit yang kering sangat rentan mengalami iritasi, selain mengoleskan pelembap, pastikan Si Kecil mendapatkan cukup asupan cairan, ya!

  • Bayi Rentan Mengalami Masalah Kesehatan Kulit

Nah, jika Si Kecil sering terserang masalah kesehatan kulit, misalnya eksim, ruam popok, kurap, biang keringat, atau lainnya, ini tanda kalau ia memiliki kulit yang sensitif. Memang benar, gangguan kulit ini akan terus membaik dengan sendiri seiring dengan kekebalan tubuh yang terus berkembang. Namun, tetap lakukan perawatan untuk mengurangi gejalanya, ya bu. 

Memilih Sabun Bayi untuk Kulit Sensitif

Memiliki bayi dengan kulit sensitif tentu membuat ibu harus lebih berhati-hati saat memilihkan produk perawatan kulit untuknya, salah satunya adalah sabun mandi. Berikut cara memilih sabun bayi untuk kulit sensitif yang perlu ibu ketahui:

  • Hindari Kandungan Deterjen SLS

Sodium Lauryl Sulfate atau SLS adalah salah satu zat kimia jenis deterjen yang kerap dijumpai dalam banyak produk pembersih, termasuk pada sabun bayi. Senyawa kimia inilah yang berperan dalam menghasilkan banyak busa pada sabun bayi. Sayangnya, kandungan ini justru memicu terjadinya kulit kering dan teriritasi. Jadi, sebaiknya hindari produk sabun bayi yang memiliki kandungan SLS.

Baca juga: Jangan Percaya Mitos Tentang Kulit Sensitif Ini

  • Hindari Memilih Sabun Antibakteri

Banyaknya kuman di luar mengancam kesehatan Si Kecil, tak heran jika ibu cenderung memilih sabun yang memiliki sifat antibakteri. Namun, ibu perlu tahu kalau sabun bayi dengan sifat tersebut ternyata memiliki kandungan triclosan. Kandungan ini justru lebih sering dijumpai pada sabun untuk orang dewasa, bukan sabun bayi. Jika ibu ingin menggunakan sabun antibakteri, pastikan kandungannya lebih alami. 

  • Hindari Pewangi Tambahan pada Sabun

Sabun bayi untuk kulit sensitif seharusnya tidak memiliki kandungan pewangi. Memang benar, sabun bayi memiliki aroma yang menenangkan. Namun, jika aromanya terlalu menyengat, waspada dengan adanya pewangi sintetis pada produk tersebut. Sayangnya, pewangi tambahan bisa memicu munculnya iritasi, kulit menjadi kering, dan ruam, terlebih jika sang buah hati memang memiliki masalah kulit. 

  • Bebas Alkohol

Selanjutnya, pastikan sabun bayi yang ibu gunakan pada Si Kecil tidak memiliki kandungan alkohol. Sabun bayi, pada beberapa produk, memang ditambahkan dengan alkohol, tetapi pastikan jenisnya adalah cetearyl alcohol yang memang sering dipakai untuk berbagai produk perawatan bayi

Baca juga: Bayi Punya Kulit Sensitif, Perhatikan 3 Hal Ini

Saat membelikan produk perawatan tubuh untuk anak, sempatkan untuk membaca kandungannya, ya, bu! Jadi, Si Kecil dengan kulit sensitif tetap aman dari ancaman masalah kesehatan kulit yang justru bisa berasal dari produk yang dipakai sehari-hari. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

Babycentre. Diakses pada 2021. Choosing Baby Skincare Products.

WebMD. Diakses pada 2021. Taking Care of Baby’s Sensitive Skin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan