• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Dapatkan Obat Isoman Gratis dari Telemedicine Rujukan Kemenkes

Cara Dapatkan Obat Isoman Gratis dari Telemedicine Rujukan Kemenkes

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Dapatkan Obat Isoman Gratis dari Telemedicine Rujukan Kemenkes

“Kemenkes RI membuat kebijakan baru, yaitu memberikan obat isoman gratis bagi pasien virus corona dengan atau tanpa gejala. Dengan akses obat yang lebih mudah, diharapkan angka positif dapat menurun secara perlahan.”

Halodoc, Jakarta – Pemberian obat isoman gratis untuk COVID-19 merupakan program Pemerintah melalui Kemenkes RI yang sudah dilaksanakan sejak Selasa (6/7) lalu. Uji coba layanan telemedicine ini mencakup konsultasi, juga obat dan vitamin yang diberikan secara gratis. Seperti yang sudah diketahui bersama, semakin hari semakin banyak juga orang yang terinfeksi virus corona.

Dengan adanya program pemberian obat isoman gratis, saudara serumah yang juga mengalami isolasi mandiri tidak perlu keluar rumah atau antri di apotek untuk mendapatkan obat yang diperlukan. Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana cara mendapatkan obat isoman gratis tersebut? Begini beberapa syarat yang diperlukan.

Baca juga: 5 Jenis Vaksin COVID-19 yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Begini Cara Mendapatkan Obat Isoman Gratis Via Telemedicine

Untuk mendapatkan obat isoman gratis melalui layanan telemedicine, pasien harus mengikuti prosedur yang diberikan. Kabar baiknya, Halodoc menjadi salah satu telemedicine yang dipercaya untuk menjalani program ini. Namun untuk sementara, layanan tersebut hanya berlaku bagi pasien virus corona yang berdomisili di Jakarta. Begini prosedur yang harus dilakukan:

  1. Langkah pertama, pasien harus melakukan tes PCR atau swab antigen di laboratorium yang telah bekerjasama dengan Kemenkes RI. Jika hasil dinyatakan positif, laboratorium akan melaporkan hasilnya ke Kemenkes RI. Sebagai bukti verifikasi, pasien akan menerima pesan Whatsapp dari Kemenkes RI secara otomatis.
  2. Setelah itu, pasien dapat melakukan konsultasi online dengan dokter di Halodoc secara gratis dengan mengklik link yang dibagikan Kemenkes RI. Kemenkes RI juga membagikan kode voucher aplikasi, yang dapat kamu masukkan di bagian pembayaran obat.
  3. Saat melakukan konsultasi online, jangan lupa untuk menginformasikan jika kamu adalah bagian dari program Kemenkes RI.

Baca juga: Waspada Empathy Fatigue Bisa Terjadi di Masa Pandemi COVID-19

  1. Setelah melakukan konsultasi online, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan gejala yang dialami pasien. Jika pasien termasuk dalam kategori OTG (Orang Tanpa Gejala) atau orang dengan gejala ringan yang dapat melakukan isoman, obat dapat ditebus secara gratis.
  2. Untuk menebus resep obat secara gratis, pasien harus mengirim pesan Whatsapp ke salah satu gerai apotek yang telah bekerjasama dengan Kemenkes RI.
  3. Kemudian, pasien harus mengirimkan resep digital (PDF atau screen capture) yang diberikan oleh dokter. Kirim bersamaan dengan foto KTP, dan alamat pengiriman ke nomor Whatsapp apotek di daerah domisili.
  4. Setelah resep diterima, kamu hanya tinggal menunggu obat dan atau vitamin datang. Obat yang telah diberikan oleh dokter akan ditanggung oleh Kemenkes RI sesuai dengan ketentuan, seperti yang telah disebutkan di poin-poin sebelumnya. Berikut ini paket obat dan multivitamin yang diterima: 
  • Paket  A OTG (Orang Tanpa Gejala). Pengidap kondisi ini akan mendapatkan vitamin C,D, E, dan zinc berjumlah 10 buah dengan dosis 1×1.
  • Paket B Gejala Ringan. Pengidap kondisi ini akan mendapatkan vitamin C,D, E, dan zinc berjumlah 10 buah dengan dosis 1×1. Pasien virus corona dengan gejala ringan akan diberikan beberapa obat tambahan, seperti obat infeksi bakteri, obat infeksi virus, juga parasetamol. 
  1. Kemenkes RI bekerja sama dengan jasa pengiriman untuk mengambil pesanan obat dari apotek, dan mengirimkan ke alamat pasien.

Perlu diperhatikan, vitamin dan obat isoman gratis hanya bisa didapatkan oleh pasien dengan nomor yang sudah terdaftar di database Kemenkes RI. Dengan layanan telemedicine ini, semua pasien virus corona yang dikonfirmasi positif bisa mendapatkan layanan medis tepat waktu. Dengan begitu, layanan rumah sakit dapat diprioritaskan untuk pasien dengan gejala berat.

Baca juga: ASI Bisa Cegah COVID-19? Ini Faktanya

Jika kamu memiliki keluarga dengan gejala virus corona yang berat, disarankan untuk segera membawanya ke rumah sakit terdekat untuk segera mendapat penanganan medis. Jika kamu memiliki keluhan mengenai masalah kesehatan lainnya, silahkan diskusikan dengan dokter sebagai langkah awal penanganan.

Referensi:
Detik.com. Diakses pada 2021. Catat! Cara Dapatkan Obat Isoman COVID-19 Gratis Lewat Telemedicine.
Kemenkes RI. Diakses pada 2021. LAYANAN TELEMEDICINE UNTUK PASIEN ISOLASI MANDIRI.