Cara Lindungi Kesehatan Anak dari Efek Cuaca Ekstrem

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Februari 2023

“Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melindungi kesehatan anak dari efek cuaca ekstrem. Salah satunya mengonsumsi suplemen yang mengandung berbagai nutrisi guna meningkatkan kekebalan tubuh anak.”

Cara Lindungi Kesehatan Anak dari Efek Cuaca EkstremCara Lindungi Kesehatan Anak dari Efek Cuaca Ekstrem

Halodoc, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca ekstrem di Indonesia masih akan terjadi hingga Februari 2023.

Untuk itu, adanya perubahan musim yang ekstrem seperti saat ini dapat berdampak pada kesehatan, terutama pada anak-anak yang belum memiliki sistem kekebalan tubuh optimal.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini 7 Tips Beri Suplemen untuk Anak

Cara Melindungi Kesehatan Anak 

Penting bagi orang tua untuk mengetahui cara melindungi kesehatan anak dari dampak negatif cuaca ekstrem.  

1. Ajari Anak Mencuci Tangan secara Teratur

Sebanyak 80 persen infeksi menyebar melalui sentuhan. Guna mengantisipasinya, ajari Si Kecil untuk rutin mencuci tangan dengan air dan sabun minimal 20 detik. Khususnya sebelum makan, setelah bersin, batuk, dan sesudah pergi ke kamar mandi. 

2. Hindari Melewatkan Imunisasi

Ikuti saran dokter anak terkait jadwal imunisasi anak yang dimulai sejak bayi dan berlanjut hingga anak beranjak remaja. Tujuannya untuk mengurangi risiko penularan campak, gondong, cacar air, rotavirus, dan infeksi lainnya.

3. Pastikan Kualitas dan Durasi Tidur Anak Terpenuhi

Kurang tidur dapat menghambat produksi protein sitokin yang berperan penting dalam melawan infeksi. Maka dari itu, tidur yang cukup berdasarkan kisaran usia perlu didapatkan anak setiap malamnya, yaitu: 

  • Anak usia 1 hingga 2 membutuhkan antara 11 dan 14 jam.
  • Bagi anak usia 3 hingga 5 harus mendapatkan dari 10 hingga 13 jam.
  • Anak usia 6 hingga 12 harus mendapatkan antara 9 dan 12 jam.

4. Terapkan Pola Makan yang Sehat 

Makanan sehat bergizi seimbang seperti daging, sayuran, dan buah dapat membantu pemenuhan asupan nutrisi penting yang dibutuhkan anak. Misalnya seperti vitamin A dan E yang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh.

Anak juga Memerlukan Perlindungan Ekstra

Suplemen yang mengandung berbagai nutrisi penting juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak. Namun, jangan sembarang dalam memilihnya. Lantaran tahun lalu, Indonesia dihebohkan oleh ratusan kasus gagal ginjal akut akibat cemaran Etilen Glikol dan Dietilen Glikol. 

Nah, menurut dr. Attila Dewanti, Sp.A (K), dokter spesialis anak konsultan di RSIA Brawijaya Antasari di Jakarta, suplemen membantu meningkatkan daya tubuh anak. Anak memiliki fisik yang lebih sensitif terhadap virus dibandingkan orang dewasa, terutama di era kegiatan belajar mengajar secara offline yang kembali digelar.

Menurut dr. Attila, sebaiknya pilih suplemen dengan komposisi yang sudah lengkap dan pilih yang bahan dasarnya alami. Bahan dasar yang alami lebih aman buat Si Kecil dan boleh diminum terus-menerus bila diperlukan.

Kabar baiknya, Egoji Syrup menjadi salah satu produk sirup yang telah memperoleh izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk kembali dijual kepada publik. Hal ini merujuk pada surat nomor B-PW.02.04.4.43.01.23.09 yang disahkan pada 1 Januari 2023.  Maka dari itu, Egoji Syrup aman untuk dikonsumsi.

Hadir dengan rasa anggur dan apple berry, Egoji Syrup merupakan suplemen dengan kandungan multivitamin terpadu, yang berasal dari kandungan herbalnya. Mulai dari echinacea, meniran, goji berry, dan black elderberry.

Baca juga: Ibu, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Sekolah di Musim Hujan

Ekstrak Herbal yang Saling Melengkapi 

Keempat ekstrak herbal yang terkandung dalam Egoji Syrup memiliki manfaatnya masing-masing, yaitu:

1. Goji Berry

Goji berry mengandung banyak nutrisi. Misalnya seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, zat besi, zeaxanthin, selenium, kalium, zinc, dan tembaga. Selain itu, goji berry juga mengandung antioksidan tinggi yang spesifik yakni lycium barbarum polysaccharides yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

2. Echinacea

Merupakan tanaman asli Amerika Utara yang memiliki beragam manfaat. Contohnya seperti menurunkan kadar gula darah, mengobati flu, memelihara daya tahan tubuh, antiradang, serta mencegah penyebaran kanker. 

3. Meniran

Meniran merupakan jenis daun yang banyak ditemukan di kawasan tropis Asia yang manfaatnya tidak kalah besar. Di antaranya mencegah peradangan dan virus, tinggi antioksidan,  menurunkan level gula darah, dan mencegah kanker.

4. Black Elderberry

Kandungan herbal ini juga sudah terbukti bermanfaat dalam melawan pilek dan batuk, menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung, serta meningkatkan imunitas. 

Memiliki Berbagai Khasiat 

Berdasarkan kandungan herbalnya yang saling melengkapi, produk sirup ini terbukti bermanfaat untuk: 

  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh (echinacea, meniran, goji berry, dan black elderberry).
  • Mempercepat proses penyembuhan dari sakit (echinacea, meniran, goji berry, dan black elderberry)
  • Menjaga imunitas tubuh sehingga tidak mudah sakit (echinacea, meniran, goji berry, dan black elderberry).
  • Melindungi fungsi hati (meniran dan goji berry).
  • Sumber antioksidan tinggi (goji berry dan black elderberry).

Menariknya lagi, Egoji Syrup dapat dikonsumsi ketika anak sakit, padat beraktivitas, rutin keluar rumah, atau selama proses pemulihan usai tidak fit. Produk sirup ini juga dapat dikonsumsi anak yang mulai berusia dan di atas dua tahun

Baca juga: 5 Trik Menjaga Kesehatan Anak Saat Perubahan Cuaca

Itulah cara untuk melindungi kesehatan anak dari cuaca ekstrem. Jika saat ini ibu membutuhkan suplemen aman untuk anak seperti Egoji Syrup, ibu tidak perlu khawatir. 

Sebab, ibu bisa cek toko kesehatan di aplikasi Halodoc untuk mendapatkannya. Tentunya tanpa perlu keluar rumah apalagi mengantre di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. 5 Ways to Boost Your Child’s Immune System for Life. 
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2023. Boosting your child’s immune system. 
Novell Pharmaceutical Laboratories. Diakses pada 2023. ADVERTORIAL: Kantongi Izin BPOM, Egoji Syrup Aman Dikonsumsi dan Bantu Lindungi Anak dari Efek Cuaca Ekstrem. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan