Cara Melindungi Anak dari Roseola Infantum

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 September 2023

“Roseola infantum sangat rentan dialami oleh anak. Namun, ibu bisa mencegahnya dengan cara tidak melakukan kontak langsung dengan pengidap roseola dan menjaga kebersihan tangan anak. ”

Cara Melindungi Anak dari Roseola InfantumCara Melindungi Anak dari Roseola Infantum

Halodoc, Jakarta – Kondisi demam pada anak yang disertai dengan munculnya ruam pada kulit perlu mendapat perhatian khusus. Gejala tersebut bisa menjadi tanda penyakit roseola infantum. Penyakit ini terjadi karena virus herpes bernama herpesvirus 6 dan rentan terjadi pada anak-anak. 

Komplikasi akibat penyakit ini sangat jarang terjadi, meskipun begitu, penyakit ini berisiko menyebabkan kejang pada anak. Pertanyaannya, bagaimana sih cara melindungi anak dari serangan penyakit ini?

Kenali Gejala Roseola Infantum

Roseola infantum adalah penyakit yang kerap terjadi pada anak-anak. Jika anak terpapar virus roseola, maka gejala dan tanda infeksi dapat muncul dalam waktu 1-2 minggu setelah paparan.

Ada beberapa gejala yang perlu ibu ketahui, seperti:

1. Demam

Demam akibat roseola dapat terjadi secara tiba-tiba dengan suhu tubuh mencapai 39,4 derajat Celsius. Biasanya, demam akan terjadi selama 3-5 hari. 

Beberapa anak juga mengalami demam dengan nyeri tenggorokan, hidung berair, hingga batuk.

Beberapa anak juga akan mengalami pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian leher.

2. Ruam

Setelah demam muncul, biasanya akan muncul ruam pada kulit anak. Ruam akibat roseola akan berbentuk bintik-bintik kecil dan tidak menonjol.

Biasanya, ruam roseola akan muncul pada bagian dada, punggung, dan perut.

Kemudian, akan menyebar pada bagian tangan dan leher. Setelah itu, ruam juga dapat muncul pada wajah hingga kaki.

Ruam tidak menyebabkan rasa gatal atau nyeri. Ruam kulit dapat muncul dengan demam maupun tanpa demam.

3. Gejala lainnya

Selain dua gejala utama tersebut, biasanya roseola akan menyebabkan gejala lainnya yang perlu ibu waspadai, antara lain:

  • Anak menjadi lebih rewel.
  • Mengalami diare ringan hingga sedang.
  • Menurunnya nafsu makan.
  • Pembengkakan kelopak mata.
  • Mata merah.

Kamu juga bisa cari tahu kondisi gejala lain melalui artikel ini “Ketahui Gejala dan Cara Atasi Roseola Infantum”.

Cara Melindungi Anak dari Roseola Infantum

Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang mudah menular. Meskipun pengidap belum mengalami gejala ruam, tetapi pada tahap ini roseola infantum sudah bisa menularkan kepada orang lain.

Hingga saat ini belum ada vaksinasi yang bisa mencegah penyakit ini pada anak. Untuk itu, tidak ada salahnya mengetahui beberapa langkah pencegahan yang bisa ibu lakukan untuk menghindari roseola, seperti:

1. Pastikan anak berada di lingkungan yang sehat

Pastikan anak selalu berada di lingkungan yang sehat. Hal ini guna menghindari anak dari paparan langsung virus pemicu roseola. Ibu bisa memberikan anak masker saat berada di lingkungan yang ramai sebagai salah satu langkah pencegahan.

2. Ajarkan anak untuk menjaga kebersihan tubuh

Selain memastikan lingkungan sehat, ibu juga perlu mengingatkan pada anak untuk selalu menjaga kebersihan tubuh. Salah satunya dengan rajin membersihkan tangan.

Virus bisa dengan mudah menempel pada tangan. Untuk itu, sebaiknya ibu ajarkan anak untuk rutin mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun secara berkala. Dengan begitu, kebersihan tangan akan terjaga dengan baik.

Pastikan juga ibu selalu mengajarkan anak untuk rajin mengganti pakaian atau mandi setelah seharian berkegiatan di luar rumah. Hal ini juga bisa menjadi cara untuk mencegah paparan virus pemicu penyakit.

3. Penuhi kebutuhan nutrisi anak

Jangan lupa untuk memberikan anak-anak makanan dengan kandungan nutrisi seimbang agar imunitas tubuh anak meningkat.

Ada berbagai jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh anak, yaitu:

  • Jeruk.
  • Paprika.
  • Brokoli.
  • Bayam.
  • Pepaya.

4. Penuhi waktu istirahat

Jangan lupa untuk memperhatikan waktu istirahat anak. Pastikan anak mendapatkan waktu tidur malam dan siang yang cukup setiap harinya guna meningkatkan imunitas tubuh anak.

Ibu juga bisa cari tahu penanganan roseola lebih banyak melalui artikel ini: Begini Penanganan Pertama Roseola pada Anak.

Itulah pencegahan dan perawatan untuk mengatasi roseola infantum pada anak. Ibu bisa bertanya langsung pada dokter melalui Halodoc mengenai perawatan lainnya agar kondisi anak dapat segera membaik. 

Ibu juga bisa cari tahu mengenai perbedaan roseola dengan penyakit lain agar tidak salah dalam penanganan melalui artikel ini sering Salah Kaprah, Inilah Perbedaan Roseola, Campak, dan Rubella.

Referensi:
Raising Children. Diakses pada 2022. Roseola Infantum.
Kids Health. Diakses pada 2022. Roseola.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Roseola.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Roseola.
Kemenkes Republik Indonesia. Diakses pada 2023. Makanan Yang Dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan